Beranda Olahraga Perguruan Pencak Silat di Indonesia

Perguruan Pencak Silat di Indonesia

44
0
BERBAGI

Perguruan Pencak Silat.

Indonesia adalah sebuah negara yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan. Telah kita ketahui bahwasanya wilayah negara Indonesia sangatlah luas, sehingga didalamnya terdapat berbagai macam kebudayaan yang dilestarikan. Penulis berpendapat bahwasanya kebudayaan adalah salah satu identitas bangsa melalui warisan yang telah diturunkan oleh para leluhur. Salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia adalah “Pencak Silat“. Oleh karenanya, berikut penulis akan membahas mengenai berbagai macam perguruan pencak silat yang ada di Indonesia.

Pencak Silat Indonesi
Pencak silat adalah salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia dan sekaligus juga sebagai identitas bangsa dimata dunia.

 Pengertian Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu bela diri tradisional yang dikembangkan oleh masyarakat untuk mempertahankan tradisi yang diwariskan oleh leluhur mereka. Disamping itu pencak silat Indonesia juga sebagai identitas di bangsa dikancah dunia. Pada umumnya pencak silat digunakan untuk melatih diri supaya dapat melindungi dari bahaya yang mengancam.

Manfaat dan Fungsi Pencak Silat

Dalam mempelajari Pencak Silat, perlulah diketahui beberapa manfaat atau fungsi umum dalam mengikuti pencak silat. Berikut penulis sampaikan macam-macam manfaat atau fungsi dari pencak silat tersebut :

1) Sebagai seni

Didalam mengikuti pencak silat pasti didalamnya diajarkan teknik-teknik seni sebagai ciri khas perguruan pencak silat yang diikutinya. Fungsi seni ini adalah sebagai teknik bela diri dan juga sebagai mengembangkan gerak keindahan.

2) Sebagai olahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya didalam setiap gerakan pasti dapat dijadikan sebagai sarana olahraga yang baik. Fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga memperkuat kekebalan tubuh.

3) Sebagai bela diri

Setiap organisasi perguruan pencak silat pasti mengajarkan bela diri. Bela diri sebagai identitas organisasi supaya dapat disebut Pencak Silat. Fungsi dari bela diri adalah untuk menjaga dari bahaya yang mengancam.

4) Sebagai kerohanian

Tidak ada organisasi perguruan pencak silat yang tidak mengajarkan materi kerohanian didalamnya. Setiap organisasi pencak silat pasti mengajarkan ini supaya dapat menjadi manusia yang berbudi luhur.

5) Sebagai pendidikan

Dalam mengembangkan pendidikan maka organisasi perguruan pencak silat pasti mengajarkan pendidikan didalamnya. Pendidikan tersebut supaya dapat membentuk karakter, keterampilan dan kemampuan.

Baca Juga : Perlombaan Burung Merpati Masyarakat Sampang – Madura.

Beberapa Perguruan Pencak Silat di Indonesia

Indonesi adalah salah satu negara besar yang mempunyai banyak kebudayaan. Penulis berpendapat bahwasanya banyak kebudayaan tersebut yang salah satunya adalah pencak silat. Oleh karenanya, berikut penulis sampaikan beberapa perguruan pencak silat yang ada di Indonesia :

1) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

 

Logo-psht
Pesaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah salah satu organisasi pencak silat terbesar di Indonesia.

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah salah satu organisasi dibidang pencak silat. Organisasi ini didirikan oleh bapak Ki Hadjar Hardjo Utomo pada tahun 1922 yang bertempatkan di kota Madiun. Tujuan awal dibentuknya organisasi ini adalah untuk bersama-sama memerangi belanda yang menjajah Indonesia.

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah salah satu dari 10 perguruan pelopor atau historis bagi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Hal ini dapat dibuktikan ketika mengunjungi website resmi milik IPSI, maka disana akan ditemui 10 perguruan historis. 10 Perguruan historis ini juga berperan sebagai pengembang terciptanya perguruan lainnya yang ada di Indonesia.

Didalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) ini hal yang dikagumkan adalah mengenai “Persaudaraan”. Pesaudaraan yang diajarkan PSHT terkesan berbeda, pasalnya tidak ada perguruan pencak silat lain yang persaudaraannya lebih kuat dari PSHT. Anggota PSHT diajarkan untuk memperkuat tali persaudaraan mereka dalam kondisi apapun. Salah satu persaudaraan yang kuat di PSHT adalah ketika perkelahian antar PSHT dengan BONEK di Surabaya. Yang dimana kubu PSHT akan membela hak saudaranya karena telah dibunuh oleh BONEK.

Ajaran yang diterapkan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah menjadikan manusia berbudi serta tahu mana yang benar dan salah. Ajaran ini berfungsi supaya jika menjadi pendekar juga harus menjadi manusia yang berbudi luhur yang tahu benar dan salah. Selain itu ada panca dasar ajaran PSHT yang cukup populer seperti persaudaraan, olahraga, bela diri, kesenian dan kerohanian.

2) Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS.PI)

IKSPI
Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS.PI) adalah perguruan yang beraliran budaya Tionghoa.

Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS.PI) adalah salah satu bela diri yang berkebudayaan Tionghoa. Meskipun berkebudayaan negeri China tersebut, perguruan ini didirikan di Indonesia, sehingga diakui warisan Indonesia.

Awal mulanya berdirinya Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS.PI) adalah didirikan oleh R. Totong Kiemdarto pada tahun 1980. Madiun adalah kota tempat berdirinya IKSPI ini dan juga sebagai padepokan pusat perguruan ini. Di IKSPI lama mengikuti latihan adalah 3-4 bulan, jadi perguruan ini menjadi cepat berkembang karena regenerasinya yang singkat.

Ciri perguruan ini terletak pada berbagaimacam jurus mereka yang identik dengan gerakan kungfu kera. Kungfu berasal dari budaya Tionghoa dan gerak kera adalah teknik mereka. Karenanya pergurun ini sering disebut IKS. PI Kera Sakti.

Didalam IKS.PI Kera Sakti terdapat 5 sabuk dasar yang dapat pebulis sammpaikan sebagai berikut :

  1. Sabuk hitam (tingkat dasar 1);
  2. Sabuk kuning (tingkat dasar 2);
  3. Sabuk biru (warga tingkat 1);
  4. Sabuk merah (warga tingkat 2);
  5. Sabuk merah berstrip emas (warga tingkat 3).

3) Pagar Nusa (PN)

pagar nusa
Pagar Nusa adalah perguruan dari Nahdlatul Ulama

Pagar Nusa (PN) adalah salah satu perguruan pencak silat dibawah naunggan Nahdlatul Ulama. Pagar Nusa berdiri pada tanggal 3 Januari 1986 yang bertempatkan di kota Kediri Provinsi Jawa Timur. Pada musyawarah nasional tahun 1989 yang bertempatkan di Probolinggo adalah membahas mengenai kepengurusan nasional. Kala itu, KH. Abdullah Maksum Jauhari secara kesepakatan diangkat menjadi ketua umum pertama perguruan pencak silat Pagar Nusa.

Didalam pagar nusa tidak pernah ditemukan istilah “warga”, karena mereka menyebutnya “anggota” dan “anggota tetap”. Anggota adalah istilah untuk seseorang yang bergabung kedalam perguruan pagar nusa. Anggota tetap adalah sebutan untuk anggota yang mengabdikan dirinya dalam mengembangkan pagar nusa.

Ajaran Pagar Nusa.

  1. Olahraga
  2. Kerohanian
  3. Pencak
  4. Ilmu agama
  5. Nasionalisme

4) Perguruan Silat Nasional (PERSINAS) ASAD.

Persinas ASAD
Persinas ASAD adalah perguruan perguruan pencak silah yang cukup digandrungi masyarakat

Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD adalah salah satu perguruan pencak silat yang didirikan pada tahun 1993. Perguruan ini didalamnya berasaskan dengan Pancasila dan UUD 1945. Perguruan pencak silat ini sering kali mengikuti pertandingan dari tingkat lokat sampai nasional. Disamping itu, perguruan ini telah menyumbangkan beberapa prestasi yang cukup bagus.

Didalam ASAD terdapat banyak tingkatan kelas, tingkatan tersebut dapat penulis jelaskan sebagai berikut :

  1. Sabuk putih, sebagai Tingkat 1 (siswa 1);
  2. Sabuk hijau, sebagai Tingkat 2 (siswa 2);
  3. Sabuk hijau strip kuning, sebagai Tingkat 3 (asisten muda);
  4. Sabuk kuning, sebagai Tingkat 4 (asisten madya);
  5. Sabuk kuning strip biru, sebagai Tingkat 5 (asisten utama);
  6. Sabuk biru, sebagai Tingkat 6 (pelatih muda);
  7. Sabuk biru strip coklat, sebagai Tingkat 7 (pelatih madya);
  8. Sabuk coklat, sebagai Tingkat 8 (pelatih utama);
  9. Sabuk coklat bintang merah 1, sebagai Tingkat 9 (guru muda);
  10. Sabuk coklat bintang merah 2, sebagai Tingkat 10 (guru madya);
  11. Sabuk merah, sebagai Tingkat 11 (guru utama);
  12. Sabuk merah garis tepi emas, sebagai Tingkat 12 (guru besar).

5) Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri.

perisai diri
Perisai diri adalah salah satu perguruan pencak silat yang cukup populer.

Perisai diri pada tanggal 2 Juli 1955 organisasi ini didirikan oleh R.M. Soebandiman Dirdjoatmodjo yang bertempatkan di Surabaya. Perguruan pencak silat ini adalah salah satu dari 10 perguruan legendaris yang berperan dalam IPSI. Selain itu keuinikan dari 10 perguruan legendaris adalah sebagai pelopor dari perguruan lainnya.

Materi Silat Perisai Diri

Perisai diri dalam mengembangkan organisasinya, salah satunya dengan mengajarkan materi pembelajaran. Berikut penulis sampaikan :

  1. Gerak dasar
  2. Senam kombinasi
  3. Kerohanian
  4. Teknik senjata
  5. Serangan
  6. Hindaran
  7. Teknik-teknik.

Teknik Silat Prisai Diri

Didalam perguruan pencak silat ini, ada beberapa teknik yang diantaranya :

  1. Teknik Burung Meliwis
  2. Teknok Burung Kuntul
  3. Teknik Burung Garuda
  4. Teknik Harimau
  5. Teknik Naga
  6. Teknik Satria
  7. Teknik Pendeta
  8. Teknik Putri

Terimakasih penulis ucapkan kepada para pembaca, penulis berharap penjelasan tersebut bermanfaat.

Best Regards

 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here