Beranda Gaya Hidup Hal-Hal yang Harus Perempuan Perhatikan sebelum Berenang

Hal-Hal yang Harus Perempuan Perhatikan sebelum Berenang

90
0
BERBAGI

Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang digemari oleh banyak orang, tidak terkecuali perempuan. Bagaimana tidak, dengan berenang, kamu bisa membakar kalori hingga 500 – 700 kalori. Sangat menggiurkan bagi perempuan yang menginginkan bentuk tubuh ideal, bukan? Di saat yang bersamaan, mereka yang berenang juga tidak akan merasa gerah kepanasan karena akan selalu berada dalam air. Selain itu, bagi umat Islam, berenang juga merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menjadi sunnah karena disarankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan Kulit Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui

Walaupun demikian, ada banyak juga orang-orang yang tidak menyukai aktivitas berenang. Alasan mereka beragam, misalnya karena takut kulit menjadi hitam, tidak yakin dengan kebersihan kolam renang, risih jika dilihat oleh lawan jenis, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kami sudah membuat daftar hal-hal yang harus diperhatikan oleh para perempuan agar aktivitas berenang mereka nyaman dan menyenangkan. Simak daftarnya berikut ini ya:

Memilih Kolam Renang yang Sesuai dengan Preferensi

Bagi sebagian perempuan, aktivitas berenang cukup membuat risih, apalagi jika dilakukan di kolam renang umum yang berbaur gender. Kadang, ada saja laki-laki iseng yang tanpa kita sadari memperhatikan gerak-gerik kita. Atau, walau hal tersebut tidak terjadi, kita sendiri yang tidak leluasa untuk berenang dan berada dalam satu kolam dengan lelaki yang tidak kita kenal.

Mengatasi hal tersebut, kini para perempuan tidak perlu khawatir. Saat ini, sudah ada banyak sekali kolam renang umum khusus perempuan. Dimana, di kolam renang tersebut, privasi para pengunjung perempuan akan dijaga dengan sangat baik sekali. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tiket masuk kolam renang pada umumnya, yaitu sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Selatan, kolam renang khusus perempuan tersebut bisa kamu temukan di Kawasan Gudang Peluru, Tebet (Yayasan Al Jannah), sedangkan bagi yang berdomisili di Depok, ada di daerah Cinangka (Karimah Swimming Pool).

Mengenakan Baju Renang yang Nyaman di Badan

Selain persoalan kolam renang, terkadang pilihan baju renang juga cukup membuat kita pusing. Beberapa perempuan mungkin tidak terlalu suka untuk mengenakan baju renang yang sangat ketat dan terbuka. Apalagi jika di sekitar rumahnya, tidak ada pilihan kolam renang khusus perempuan.

Jika demikian, jangan khawatir, karena saat ini pilihan baju renang sudah sangat inovatif dan beragam. Si pasaran, kamu akan dengan mudah menemukan baju renang yang memiliki lengan baju dan celana panjang. Bagi yang berkerudung pun, pilihannya cukup banyak, ada baju renang dengan kerudung kecil maupun lebar. Jika kamu masih belum nyaman dengan baju renang yang sekadar tertutup tetapi ketat, baju renang yang longgar dan tidak membentuk badan pun sudah cukup banyak. Apalagi jika kamu mencarinya di Pasar Tanah Abang atau Mall Thamrin City. Dijamin tidak akan kekurangan pilihan model baju renang deh!

Jangan Lupa Menggunakan Sunblock

Takut hitam karena berenang menjadi salah satu problematika kebanyakan perempuan. Padahal, kalau melakukan upaya pencegahan dengan baik, kulit terbakar saat berenang sangat bisa untuk diminimalisasi, bahkan dicegah sampai tidak terjadi. Cara pencegahannya tentunya dengan mengimplementasikan sunblock atau tabir surya secara menyeluruh ke seluruh bagian tubuh yang terbuka, misalnya wajah dan lengan.

Tetapi, yang harus diingat, tidak semua sunblock ampuh untuk menghalang sinar matahari tersebut. Perhatikan berapa SPF (Sun Protection Factor) yang terkandung di dalam sunblock yang kamu gunakan. Kalau mau berenang cukup lama, jangan pakai sunblock yang hanya mengandung SPF 15 ya. Itu tidak cukup. Setidaknya, pilih sunblock yang mengandung SPF 30 atau bahkan SPF 50. Namun, jika dengan SPF tersebut kamu masih khawatir kulitmu terbakar dan menghitam, lebih baik pilih kolam renang indoor. Dengan begitu, kamu tidak akan terpapar sinar matahari langsung.

Pemanasan (Warm Up) Sebelum Masuk ke Kolam

Hal tidak nyaman lain yang cukup banyak terjadi ketika kita berenang adalah kram otot kaki. Pada dasarnya, ada banyak sekali penyebab otot kaki kita merasa kram selama berenang. Misalnya, akibat kaki terlalu letih karena terlalu lama digunakan tanpa istirahat barang sejenak, sebab lainnya karena tubuh kekurangan asupan air putih dan mengalami dehidrasi selama aktivitas berenang, serta yang paling sering terjadi, kram akibat tidak melakukan pemanasan atau peregangan sebelum masuk ke kolam renang.

Padahal, pemanasan atau peregangan sebelum berenang tidak sulit lho. Cukup dilakukan selama 10 hingga 15 menit dengan menggerak-gerakkan kaki, tangan dan segala persendian secara bergantian. Tidak ada gerakan khusus yang disarankan, yang penting semua otot bergerak. Tapi, kalau kamu bingung, pemanasan bisa dilakukan dengan squad, lompat-lompat kecil, melipat kaki dan tangan secara bergantian, dan sebagainya. Tujuan dari gerakan tersebut adalah untuk melemaskan otot yang kaku dan membiasakan otot bergerak agar tidak kaget ketika dibawa berenang.

Jadi, jangan ragu lagi untuk berenang ya, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dengan persiapan yang baik dan pengetahuan yang cukup, tentunya hal-hal yang membuatmu tidak nyaman selama berenang bisa dicegah agar tidak terjadi. Jadi, kapan kamu akan berenang lagi?

Komentar dengan facebook