Beranda Ekonomi Teori Perdagangan Internasional dan Investasi Internasional

Teori Perdagangan Internasional dan Investasi Internasional

1659
2
BERBAGI

Teori Perdagangan dan Investasi Internasional

Rumus pertama dari teori perdagangan dunia adalah motivasi politik. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam perdagangan internasional terutama alasan mengapa harus melakukan perdagangan internasional. Berikut adalah beberapa alasan di lakukan perdagangan internasional :

  • Perbedaan dukungan dalam faktor produksi
  • Perbedaan tingkat teknologi yang menentukan intensitas faktor yang di gunakan
  • Perbedaan dalam efisiensi dengan intensitas faktor yang dimanfaatkan
  • Kurs valuta asing

Merkantilisme

Inti dari ajaran merkantilisme adalah bahwa (1) kekayaan suatu negara diukur dari banyaknya harta karun (emas), (2) Untuk meningkatkan kekayaan maka harus memperbesar ekspor dan menurunkan impor.

Teori Keunggulan Absolut

Keunggulan absolut yang dimiliki suatu negara adalah apabila dengan input yang sama negara tersebut mampu menghasilkan output yang lebih besar daripada negara lain. Sehingga lebih efisien jika tiap negara dengan keunggulan absolut atas barang yang berbeda melakukan spesifikasi.

Teori Keunggulan Komparatif

Meskipun suatu negara tidak mempunyai keunggulan absolut atas suatu barang atau jasa mereka tetap dapat melakukan perdagangan internasional jika memang lebih efisien. Berikut yang harus di lakukan negara yang tidak memiliki keunggulan terhadap barang atau jasa :

  • Offshoring yaitu menentukan lokasi kegiatan di negara lain
  • Outsourcing yaitu pengaturan suatu kegiatan atau lebih yang dapa disediakan dari dalam perusahaan atau malah disediakan oleh perusahaan lain.

Teori Faktor Dukungan Heckscher-Ohlin

Negara-negara yang mengekspor produk memerlukan sejumlah besar faktor produksi yang melimpah dan mengimpor produk yang memerlukan sejumlah besar faktor produksi yang langka di negara mereka.

Bagaimana Uang Dapat Mengubah Arah Perdagangan ?

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan di atas yaitu pertama adanya pengaruh nilai kurs. Kurs adalaha harga satu mata uang yang dinyatakan dengan mata uang lain. Kedua cara lain agar suatu negara dapat berusaha untuk mendapatkan kembali daya saing dalam pasar dunia adalah melalui devaluasi mata uang asing, dan ada sebuah teori yang menyatakan bahwa cita rasa konsumen lebih berpengaruh kuat terhadap tingkat pendapatan negara perkapita yang menentukan jenis barang-barang yang mereka minta teori ini disebut dengan Teori permintaan tumpang tindih Linder.

Siklus Hidup Produk Internasional

Sebuah teori ynag menjelaskan mengapa produk yang berawal dari eksporsebuah negara akhirnya menjadi impor negara tersebut. Siklus hidup produk ini tentunya tidak terlepas dari ketidak- mampuan seorang pegawai untuk terus berinovasi ataupun adanya komplain dari pihak konsumen yang mengeluhkan suatu produk yang dinilai itu-itu saja.

Teori perdagangan internasional menunjukkan bahwa negara-negara akan mencapai tingkatan keberlangsungan yang lebih tinggi dengan melakukan spesialisasi barang-barang yang memiliki keunggulan komparatif dan mengimpor produk-produk yang tidak memiliki keunggulan komparatif.

Baca Juga: Proses Riset Pasar Yang Benar dan Sistematis

TEORI INVESTASI INTERNASIONAL

Teori keunggulan : investasi asing langsung dibuat oleh perusahaan-perusahaan di industri-industri oligopolistik yang memiliki keunggulan teknis dan keunggulan lain diatas perusahaan pribumi

Ketidaksempurnaan Pasar : pengetahuan yang luas memungkinkan perusahaan memproduksi produk-produk yang berbeda yang lebih disukai konsumen daripada barang yang yang sama yang dibuat lokal

Faktor-Faktor Finansial : ketidaksempurnaan dalam pasar valas mungkin bertanggung jawab pada investasi asing

Siklus Hidup Produk Internasional : ada 4 tahap, (1) investasi langsung (2) berinvestasi dalam fasilitas produk di luar negeri ketika ada pesaing (3) kompetitif di pasar ekspor dan kemudian dipasar dalam negeri (4) menentukan lokasi di negara yang memiliki faktor produksi yang murah

Follow The Leader : apabila pemimpin dalam suatu industri oligopoli memasuki suatu pasar maka akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain.

Investasi Silang : perusahaan dalam negeri cenderung berinvestasi kepada negara asing ketika negara asing tersebut memasuki pasar dalam negerinya

Teori Internasionalisasi : konsepnya untuk memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari investasinya, sebuah perusahaan akan mentransfer pengetahuan yang luas ke kantor cabang asing daripada menjualnya di pasar terbuka

Kapabilitas Dinamis : teori agar sebuah perusahaan berhasil berinvestasi diluar negeri, perusahaan harus memiliki tidak hanya kepemilikan pengetahuan unik atau sumberdaya tetapi kemampuan untuk menciptakan secara dinamis dan memanfaatkan kapabilitas ini sepanjang waktu.

Teori Elektrik Produksi Internasional Dunning : sebuah perusahaan yang berinvestasi diluar negeri harus memiliki tiga jenis keunggulan yaitu kepemilikan spesifik, internasionalisasi, dan lokasi.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here