Beranda Pendidikan Peran Organisasi PBB (United Nations)

Peran Organisasi PBB (United Nations)

109
1
BERBAGI

“Peran Organisasi PBB”

Hallo pembaca setia,

Masih bersama Mr. Hart.

Kali ini kita akan membahas mengenai “macam-macam dan peran organisasi Internasional PBB dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara”


UNITED NATIONS


 

United Nations (PBB)
United Nations atau dalam bahasa Indonesia disebut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) adalah sebuah lembaga dunia yang dimana setiap negara yang bergabung didalam PBB akan berkolaborasi untuk dapat mensejahterakan anggota PBB tersebut.

United Nations diartikan didalam bahasa Indonesia adalah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). PBB adalah sebuah organisasi terbesar yang ada di Dunia, karena organisasi ini beranggotakan negara-negara yang ada di dunia. Setelah perang dunia II, organisasi ini mulai didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama, menjaga perdamaian dunia dan solusi terhadap permasalahan dunia.

Untuk menangani dan mempermudah dalam pelaksanaan tujuan serta tugas dibentuknya PBB maka diperlukan sistem untuk membantu mewujudkannya. Sistem tersebut berupa pendirian organisasi-organisasi Internasional dibawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Orgaisasi-organisasi ini berfungsi untuk mengkualifikasian permasalahan dunia untuk dapat bersinergi dengan baik antar negara.

Peran dan Macam-macam Organisasi Internasional

Organisasi Internasional adalah salah satu Peran organisasi PBB dunia yang dibuat oleh masyarakat dunia khususnya anggota PBB. Organisasi ini dibuat karena kesamaan kondisi atau meningkatkan kerjasana antar negara. Berikut ini penulis sampaikan beberapa Peran organisasi PBB yang ada di Dunia :

(1) Food and Agriculture Organization (FAO).

Organisasi Ini berfokus pada pengembangan pangan dan pertanian yang ada di Dunia. Terciptanya organisasi ini salah satunya dikarenakan terdapatnya iklim dan kondisi wilayah negara yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada iklim, bentuk tanah, dan kondisi lainnya.

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan nutrisi dan nilai teraf hidup manusia khususnya dalam bidang pangan dan pertanian. Bukan hanya itu, organisasi Internasional ini juga sebagai peningkat atau pengawas produksi dari hasil pertanian tersebut. Bahkan Organisasi ini juga membantu dalam pemasaran serta penyaluran hasil produksi.

FAO juga dapat menciptakan sebuah solusi terhadap permasalahan dunia seperti kelaparan. Organisasi ini terus meningkatkan kerjasama supaya masyarakat Internasional mendapatkan nutrise yang cukup. Melalui promosi pembangunan di desa pada masyarakat Internasional, Organisasi ini akan terus berkembang.

Baca Juga : Minutasi Didalam Pengadilan.

Minutasi Didalam Pengadilan

(2) International Atomic Energy Agency (IAEA).

International Atomic Energy Agency (IAEA) adalah salah satu badan Internasional yang berfokus pada pengembangan energi atom/nuklir. Badan ini berfungsi untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya energi nuklir didalam keberlangsungan kehidupan manusia. Organisasi atau badan ini juga sebagai tameng terhadap penggunaan nulkir dalam keperluan militer. Disamping itu, Organisasi ini menjaga perdamaian antar negara supaya terciptanya kesejahteraan bersama.

(3) International Civil Aviation Organization (ICAO).

International Civil Aviation Organization (ICAO) adalah sebuah organisasi internasional yang terfokus dalam penernangan internasional. Organisasi ini akan berupaya memastikan bahwasanya penerbangan Internasional tidak mengalami kendala. Disamping itu organisasi internasional ini juga mengembangkan prinsip-prinsip navigasi dan teknik navigasi udara pada saat melakukan penerbangan internasional.

(4) International Fund for Agricultural Development (IFAD).

International Fund for Agricultural Development (IFAD) adalah sebuah Peran organisasi PBB yang menghimpun dana dari negara-negara. Dana tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pengembangan didunia pertanian. Maksud dari memberikan dana tersebut adalah supaya perkembangan pertanian menjadi maju dan tidak mengalami keterpurukan yang signifikan. Lebih lanjut, organisasi internasional ini juga mengupayakan terciptanya sumber-sumber peluang lapangan pekerjaan  bagi masyarakat miskin. Hal ini nantinya akan dapat membantu berkembangnya pertumbuhan ekonomi pada masyarakat global. Sumber-sumber peluang lapang pekerjaan tersebut berfokus pada agrikultural atau dapat disebut pertanian.

(5) International Labour Organization (ILO).

International Labour Organization (ILO) adalah sebuah Peran organisasi PBB yang bertugas sebagai pengembangan taraf hidup buruh internasioanl. Organisasi ini penting supaya tidak terjadi diskriminasi terhadap buruh kerja Internasional. Disamping itu, organisasi ini akan menjadi tameng terhadap perang yang disebabkan buruh kerja. Pasalnya, buruh kerja internasional adalah warga negara asing yang dimana hak-haknya dilindungi oleh peraturan internasional. Organisasi ini akan menjaga kestabilan antar bernegara melalui penguatan hubungan Bilateral antar negara yang bersangkutan.

(6) International Maritime Organization (IMO).

International Maritime Organization (IMO) adalah salah satu Peran organisasi PBB yang mempunyai fungsi yang berfokus pada laut atau perjalanan laut. Organisasi ini berfungsi untuk meningkatkan kerjasama dibidang maritim antar negara. Organisasi ini juga dapat meningkatkan taraf standarisasi pelayaran Internasional. Mengenai kerjasama, Industri pelayaran juga termasuk didalamnya kerena berhubungan dengan perjalanan melalui jalur laut. Kerjasama Industri pelayaran tersebut berfungsi untuk meningkatkan dan menjamin keselamatan terhadap masyarakat internasional yang memakai jasa industri tersebut. Sehingga nantinya dalam melakukan perjalanan laut tidak terkendala adanya suatu hal.

Selanjutnya, Organisasi ini juga sebagai stabilitas ekosistem dan wilayah laut. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadinya polusi air. Lebih lanjut, Organisasi Internasional ini juga mengembangkan eksistensi ekosistem laut supaya tetap terjaga. Karena kita tahu banyaknya ekosistem laut yang rusak karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

(7) International Monetary Fund (IMF).

International Monetary Fund (IMF) adalah sebuah Peran organisasi PBB yang berfungsi sebagai perkembangan dunia dalam bidang ekonomi. Organisasi ini akan meningkatkan kerjasama anatar masyarakat internasional khususnyan para anggota PBB. Upaya-upaya yang dapat dilakukan IMF adalah meningkatkan kerjasama dalam bidang perdagangan, pembiayaan, peminjaman, moneter, dan lain sebagainya. Organisasi ini juga dapat sebagai salah satu pencegah inflasi internasional terhadap perkembangan ekonomi internasional. Denga menjaga stabilitas “Nilai Tukar” maka akan mencegah terjadinya inflasi ekonomi terhadap negara yang bersangkutan. Disamping itu, IMF juga mengupayakan tersedianya lapangan pekerjaan terhadap masyarakat internasional. Lebih lanjut peran IMF adalah untuk membantu meringankan beban negara yang mengalami kegagalan ekonomi atau krisis ekonomi.

Pembahasan tersebut diatas adalah mengenai sebagian organisasi-organisasi internasional. Penulis berharap nantinya para pembaca akan mendapat ilmu pengetahuan terhadap organisasi internasional.

Terimakasih,

Best Regards.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here