Beranda Otomotif Peralatan Tangan Untuk Kebutuhan Servis Kendaraan

Peralatan Tangan Untuk Kebutuhan Servis Kendaraan

2476
0
BERBAGI

Peralatan Tangan Untuk Servis Motor

Peralatan Tangan – Dalam memperbaiki sepeda motor bahkan mobil tentu kita bisa langsung dateng ke dealer atau bengkel yang telah ada. tapi bagaimana kalau kita harus memperbaikinya sendiri? tentu kita harus tahu dulu berbagai perlatan yang harus kamu siapkan agar dapat berjalan dengan lancar.

Nah pada artikel ini mungkin akan bermanfaat juga bagi anda yang ingin membuka jasa servis, iya kalau anda seorang yang memiliki latar belakang ilmu otomotif, tapi kalau tidak? oke disini aya akan berbagi peralatan tangan yang sering digunakan oleh para montir di bengkel.

Peralatan Tangan Servis Motor 2

1. Kunci Pas

Kunci pas merupakan peralatan yang paling sering digunakan, biasanya dipakai untuk mengencangkan dan melonggarkan mur dan baut dengan gaya torsi yang ringan, bayangin saja kalau ente buka mur pakek tangan? gempor-gempor dan tangan lu. kamu bisa beli di toko otomotif, pasti sudah nyediain, tapi inget! banyak ukurannya loh dan ada tipenya seperti single open-end, double open-end, box type, dan jenis lainnya.

2. Kunci RIng

Sama halnya dengan kunci pas, kunci ring juga digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dan mur yang membentuk sudut ofset 45 derajat atau 15 derajat. tapi torsi yang digunakan lebih besar bila dibandingkan dengan kunci pas, tapi ada kelebihannya, mur atau baut yang dikencangkan atau dilonggarkan akan jauh dari aus atau kerusakan.

3. Kunci T-Shaped

pengguna dari peralatan ini juga sama dengan kegunaan dari peralatan yang sudah saya jelaskan diatas, tapi beda bentuk, yang mana kombinasi antara socket dan handgripnya yang membantuk huruf T, biasanya peralatan ini digunakan untuk menjangkau mur atau baut yang sulit dijangkau seperti berada disela-sela.

4. T SHaped Flex Wrench

Kunci jenis ini merupakan gabungan antara T-Shaped dengan universal joint yang terletak pada lehernya, dengan kunci jeni ini, baut atau mur yang akan dikencangkan atau di longgarkan dapat dilakukan dengan cepat, keunggulan lainnya yaitu dapat membentuk sudut yang diinginkan.

5. Kunci L

Kunci ini biasanya digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup yang memiliki segi lebih dari tiga yang berbentuk heksagonal pada bagian kepalanya.

6. Kunci Inggris

Bentuknya lebih besar dan berat dibandingkan dengan kunci pas, tapi penggunannya lebih fleksibel dan pemakainnya sama yaitu untuk mengencangkan dan melonggarkan. tapi banyak sekali keunggulannya. kalau kunci pas itu ada ukurannya dan harus sesuai dengan mur yang sesuai. tapi kalau kunci inggris dapat diatur-atur ukurannya dimana terdiri dari pemutar yang dapat mengatur ukuran yang sesuai dengan baut. Lebih praktis tapi lebih mahal.

7. Obeng

Pasti semua orang sudah tau tentang obeng, penggunannyapun lebih umum, tak hanya seorang montir yang menggunakan, seperti tukang seris hape laptop, semuanya menggunakan obeng, tapi mungkin pada tipe lainnya. Ingat, dipasaran tipe dari obeng ada banyak macamnya loh.

Peralatan Tangan Servis Motor 1

8. Palu dan Tang

Kalau palu digunakan untuk pengerjaan yang membutuhkan pukulan pad abagian komponen, ada beberapa macam balu. ada palu besi dan ada palu lunak. tapi jangan pakek balunya tukang bangunan ya haha karena relatif lebih kecil.

Sedangkan tang digunakan untuk memotong dan memegang kabel, selain itu penggunannya juga bisa dipakai untuk mengencangkan dan melonggarkan baut. ada beberapa macam tipe tang seperti tang kombinasi, moncong, elektrik, dna tang pengunci.

9. Kikir, Amplas dan Kuas

Kikir digunakan untuk mengurangi ketebalan logam, bisa juga untuk mempertajam mata gergaji. kalau pada mesin biasanya untuk meratakan bekas pengelasan. Kalau amplas untuk menghaluskan permulaan komponen seperti busi dan lainnya.

Kalau kuas ya untuk membersihkan, masak gatau kuas? biasanya kalau pada servis, untuk membersihkan blok mesin dari kotoran dan lain sebagainya.

Oke sekian dulu dari kami, semoga bermanfaat, jangan lupa share untuk teman-teman kamu lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here