Beranda Gaya Hidup Penting Dipersiapkan Sebelum Menikah untuk Pernikahan Ideal

Penting Dipersiapkan Sebelum Menikah untuk Pernikahan Ideal

102
0
BERBAGI

Pernikahan Ideal

Pernikahan IdealSecara alami biasanya seseorang mempunyai keinginan untuk menikah, bahkan seseorang ingin menikah cukup sekali seumur hidupnya. Tidak terkecuali dengan teman-teman, teman-teman pasti mendambakan pernikahan yang demikian, mendambakan pasangan ideal dan menginginkan pernikahan yang ideal. Pasangan yang ideal biasanya digambarkan dengan pasangan yang sesuai dengan kriteria, baik dalam aspek agama, kekayaan, rupa, maupun keturunan. Untuk memperoleh pasangan dan pernikahan yang ideal pastinya butuh usaha tidak main-main. berikut ini yaitu 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah:

1. Karakteristik Pasangan Ideal

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Tulislah karakter diri pribadi  teman-teman, bisa dimulai dari ibadahnya, keuangannya, rupanya, ataupun berasal dari keluarga yang seperti apa. Setelah itu, kamu harus menyusun dan memperhatikan apa saja sih karakteristik ideal yang diinginkan pada pasangan. Dari menuliskan karakter pribadi kamu dan karakter pasangan ideal yang diinginkan, teman-teman bisa mengetahui nilai atau score yang terdapat pada diri teman-teman, mana sajakah karakter yang sama atau setara dengan pasangan idealnya dan mana karakter yang jauh dari jangkauan teman-teman. Teman-teman bisa mencoba melist poin yang kurang tersebut dan menjadikannya target perbaikan diri.

2. Tahu Kekurangan dan Kelebihan

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Guys! kamu pribadi yang seperti apa sih? apakah pribadi yang melankolis, sanguinis, korelis, atau plegmatis? sedikit mirip dengan poin pertama, kamu harus tahu kekurangan dan kelebihanmu. Tulislah kelebihan dan kekurangan kamu dalam sebuah kertas, kamu akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kamu. Jika kamu telah mengetahui kekuranganmu, maka kamu juga akan mengetahui pasangan seperti apa yang kamu butuhkan sehingga nantinya bisa saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain.

3. Mengapa Menikah?

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Tentunya kamu memiliki alasan mengapa kamu menikah? niat yang kuat dan keinginan yang tulus bisa menjadi jalan kamu untuk mendapatkan pasangan ideal dan mencapai pernikahan yang ideal. Kamu bisa menuliskan beberapa alasan kuat kamu yang menjadikan kami ingin untuk segera menikah. Apakah karena ibadah, karena desakan orangtua atau orang disekitar, karena baper melihat teman-teman yang sudah menikah, karena umur yang sudah tidak muda lagi, atau karena terlalu kaya? perbaiki dan kuatkan lagi niat untuk menikah, dengan bertanya alasan menikah kepada diri sendiri, kamu akan mengetahui alasan sebenarnya kamu ingin menikah.

4. Buat Resolusi Pernikahan

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Pernikahan adalah awal kehidupan yang baru. Setiap pernikahan pastinya memiliki ujian. Seseorang yang telah siap untuk mengerjakan ujian pastinya memiliki persiapan dan perencanaan yang baik dan matang agar mencapai nilai sempurna. Begitu pula dengan pernikahan ideal yang tentunya juga membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Kamu bisa mulai menuliskan visi dan misi pernikahan/ visi dan misi hidup, tujuan menikah, deadline menikah, langkah kongkrit yang harus kamu lalui dan laksanakan (langkah agar visi, misi, tujuan, dan deadline pernikahan tercapai), kriteria pasangan, dan harapan pascanikah. Membuat resolusi pernikahan seperti ini bisa membuat perencanaan pernikahanmu tersusun dan terencana dengan baik guys!

5. Priority

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Setelah menuliskan resolusi pernikahan kamu harus menentukan menentukan prioritas agar pernikahan yang ideal itu tercapai, misalnya prioritas kamu ada 3 yaitu ilmu nikah muda, perawatan, dan komunitas. Kamu memilih 3 prioritas teratas tersebut karena 3 hal tersebut masih jauh dari kata siap. Kamu bisa mengikuti seminar pranikah, membaca buku, dan lain sebagainya. Buatlah hidupmu setiap harinya produktif. Jika sudah menikah kamu harus mengatur kegiatan sehari-hari keluarga, baik suami/isteri dan anak. Belajarlah mengatur hidup mulai dari sekarang. Buatlah plan setiap harinya. Aturlah kegiatan sehari-harimu, semuanya dijadwalkan dan ditargetkan, buat reward dan punishment agar kamu bisa konsisten ya guys!

6. Buat Dream Board

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

Sebagai manusia pastinya kita kadang lupa akan tujuan hidup yang sudah direncanakan. Bisa jadi hari ini semangat, tiba-tiba keesokan harinya semangat dalam diri berkurang bahkan bisa jadi hilang sama sekali. Maka dari itu teman-teman, buatlah dream board dan tempelkan di kamarmu agar setiap hari kamu dapat melihatnya dan menjadi alarm bagi diri sendiri. Kamu akan terus bersemangat untuk berproses mengejar tujuan dan cita-citamu guys! tidak terkecuali untuk mencapai pernikahan yang ideal.

 

7. Start Today

Pernikahan Ideal
Pernikahan Ideal

“Wacana mulu nih, mulainya kapan?”. Teman-teman, mau ngumpul bareng teman lama hanya wacana? masa persiapan pernikahan juga hanya wacana belaka. Hindari kata nanti dan tapi karena seseorang yang sukses akan menghindari 2 kata tersebut. Ayo! jangan suka buat wacana-wacana club, kalau bukan hari ini kapan lagi? kalau bukan dari diri sendiri, siapa lagi? Mulailah dari sekarang selagi mampu bergerak dan melangkah.

Teman-teman, itulah 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah agar pernikahan ideal bisa tercapai. 7 poin tersebut hanya sebagian dari hal-hal yang harus dipersiapan ya guys! kurang-lebih inti dari persiapan diri sebelum pernikahan sudah tertera dalam 7 hal di atas. Diri sendirilah yang dapat menentukannya, mau mulai dari sekarang atau menunda. Jika ingin mendapatkan pasangan yang terbaik maka jadilah juga yang terbaik, untuk mendapatkan pasangan yang ideal maka jadilah pribadi yang ideal. Selalu berbenah diri dan ikhlaskan hati. Niatkan untuk benar-benar memperbaiki diri, bukan hanya sekedar mencari tambatan hati. Bisa jadi pasangan terbaik akan datang menghampiri tanpa dicari. Selalu berikhtiar dan berdo’a ya teman-teman. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Baca juga: Meningkatkan Kualitas Ingatan

Komentar dengan facebook