Beranda Bisnis Pengertian Organisasi dan Fungsi di Bentuknya Organisasi

Pengertian Organisasi dan Fungsi di Bentuknya Organisasi

451
1
BERBAGI

Pengertian dan Fungsi Organisasi

Bagian berikutnya dari definisi manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif. Jika kita berbicara tentang organisasi, Apa sih organization itu dan apa fungsi di bentuknya organization? Organisasi (organization) adalah sebuah entitas sosial yang di arahkan oleh tujuan dan di bangun secara sengaja. Entitas sosial berarti terdiri atas dua atau lebih orang. Diarahkan oleh tujuan berarti dirancang untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya profit (Wal-Mart) kenaikan upah bagi para anggotanya (AFL-CIO), memenuhi kebutuhan spiritual (United Methodist Church) atau memberikan kepuasan sosial (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dibangun secara sengaja berarti bahwa ada pembagian tugas dan tanggung jawab pencapaian tugas tersebut dibebankan kepada para anggota organization. Definisi ini berlaku untuk semua organisasi, baik yang bersifat profit maupun non profit. Dalam masyarakat industri yang didominasi oleh teknologi, organization menghimpun pengetahuan, manusia, dan bahan baku untuk mengerjakan berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan individu. Tanpa organization tidak mungkin teknologi dapat memberikan sarana yang memungkinkan kita berbagi informasi dengan cepat ke seluruh dunia, atau listrik dapat dihasilkan dari bendungan-bendungan besar hingga pembangkit listrik tenaga nuklir atau ribuan video game, CD, dan DVD dapat diproduksi sebagai hiburan. Organization menjadi bagian dari masyarakat dan para manajer bertanggung jawab untuk memastikan agar sumber daya yang digunakan secara bijak guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.

Baca Juga: Tujuan Melakukan Riset Pasar

Berdasarkan definisi manajemen yang telah di pelajari sebelumnya, tanggung jawab manajer adalah mengoordinasikan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan organization. Efektivitas (effectiveness) organisasi berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan atau berhasil mencapai apapun yang coba dikerjakannya. Efektivitas organization berarti memberikan barang atau jasa yang dihargai oleh pelanggan. Efisiensi (efficiency) organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional. Efisiensi organisasi ditentukan oleh berapa banyak bahan baku, uang, dan manusia yang dibutuhkan untuk menghasilkan jumlah keluaran tertentu.

Baca Juga: Pengertian Pasar Keuangan dan Macam Macam Pasar Keuangan

Efisiensi dapat dihitung sebagai jumlah sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Tingkat efisiensi dan efektivitas dalam suatu organisasi memiliki kedudukan yang sama tingginya. Para manajer di ritel target misalnya : senantiasa mencari cara untuk meningkatkan efisiensi sambil memenuhi tujuan kualitas perusahaan dan kepuasan pelanggan.  Semua manajer harus memperhatikan pemangkasan biaya tetapi pemangkasan biaya secara besar-besaran untuk meningkatkan efisiensi terkadang dapat mengganggu efektivitas organization. Tanggung jawab terbesar para manajer adalah untuk mencapai Kinerja (performance) tinggi yakni pencapaian tujuan-tujuan organisasional dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here