Beranda Ekonomi Pengertian dan Jenis-jenis Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian dan Jenis-jenis Sistem Ekonomi Campuran

295
1
BERBAGI

Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi AS berakar pada kapitalisme Laissez-Faire Adam Smith. Namun, ekonomi di dunia nyata AS tidak seperti Laissez-Faire yang dinyatakan oleh Adam Smith karena pemerintah berpartisipasi lebih dari hanya sebagai wasit dan pembuat aturan. Nyatanya, ekonomi AS merupakan Ekonomi Campuran (mixed economy) yang menunjukkan unsur kapitalisme dan sosialisme.

Baca juga: Definisi Masalah Dalam Proses Riset Pemasaran

Dalam ekonomi campuran ada empat pertanyaan dasar ekonomi dibahas pada permulaan bagian ini (apa, bagaimana, oleh siapa, dan untuk siapa) pertanyaan-pertanyaan ini dijawab melalui interaksi Rumah tangga, bisnis, dan pemerintah.

Rumah Tangga

Rumah tangga terdiri atas individu, merupakan konsumen barang dan jasa serta pemilik beberapa faktor produksi. Sebagai pemilik sumber daya, anggota rumah tangga menyediakan tenaga kerja, modal, dan sumber daya lainnya untuk bisnis itu. Sebagai imbalannya, perusahaan membayar upah, sewa, serta dividen dan bunga yang diterima oleh rumah tangga sebagai pendapatan. Sebagai konsumen, anggota rumah tangga menggunakan pendapatan mereka untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh bisnis. Saat ini sekitar 70% dari total produksi AS terdiri atas produk-produk konsumen (consumer products) – barang dan jasa yang dibeli oleh individu untuk konsumsi pribadi. Hal ini berarti bahwa konsumen, sebagai sebuah kelompok adalah pelanggan terbesar bisnis Amerika.

Baca Juga: Ide Usaha untuk Memulai Bisnis Sendiri

Bisnis

Bisnis seperti rumah tangga, bisnis terlibat dalam dua pertukaran berbeda. Mereka bertukar uang untuk sumber daya alam, tenaga kerja, serta modal dan menggunakannya untuk memproduksi barang dan jasa. Kemudian mereka bertukar barang dan jasa untuk pendapatan penjualan. Pendapatan penjualan ini, pada gilirannya dipertukarkan dengan sumber daya tambahan yang digunakan untuk memproduksi dan menjual lebih banyak barang dan jasa.

Selama proses berjalan tentu saja pemilik usaha ingin menghapus sesuatu dari siklus menjadi sebuah keuntungan. Rumah tangga mencoba mempertahankan beberapa penghasilan sebagai tabungan. Akan tetapi apakaha keuntungan dan penghematan benar-benar dihapus dari siklus perekonomian ? biasanya tidak, ketika perekonomian berjalan lancar, rumah tangga bersedia untuk menginvestasikan tabungan mereka dalam bisnis. Mereka dapat melakukannya secara langsung dengan membeli saham dalam bisnis, dengan membeli saham reksa dana yang membeli saham dalam bisnis atau dengan meminjamkan uang untuk bisnis.

Mereka juga dapat berinvestasi secara tidak langsung dengan menempatkan tabungan mereka di bank. Bank dan lembaga keuangan lain kemudian menginvestasikan tabungan ini sebagai bagian dari operasi bisnis normal mereka. Ketika keuntungan bisnis di distribusikan kepada pemilik bisnis, keuntungan ini menjadi pendapatan rumah tangga. (Pemilik bisnis adalah bagaimanapun anggota rumah tangga). Jadi, keuntungan usaha juga tetap dipertahankan dalam sistem bisnis dan aliran sirkulasi selesai. Bagaimana selanjutnya, apakah pemerintah mempunyai tempat?

Pemerintah

Mukadimah Konstitusi (Preamble to the Constitution) menetapkan tanggung jawab pemerintah untuk melindungi dan memajukan kesejahteraan umum. Berbagai layanan pemerintah memang penting, namun pemerintah (1) Tidak berproduksi untuk melayani perusahaan swasta atau (2) Akan diproduksi ha ya bagi mereka yang mampu. Layanan khusus termasuk pertahanan nasional, polisi, perlindungan kebakaran, pendidikan serta pembangunan jalan raya.

Untuk membayar semua layanan ini, pemerintah mengumpulkan berbagai pajak dari rumah tangga (seperti pajak penghasilan pribadi dan pajak penjualan) dan dari usaha (pajak penghasilan badan usaha). Sebenarnya, dengan melibatkan pemerintah, aliran sirkulasi AS lebih mirip kombinasi beberapa aliran. Pada kenyataannya memang begitu. Bagian pentingnya adalah bahwa gabungan berbagai aliran membentuk kesatuan sistem ekonomi lengkap yang secara efektif memberikan jawaban atas pertanyaan ekonomi dasar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here