Beranda Ekonomi Pengertian Pasar Keuangan dan Macam Macam Pasar Keuangan

Pengertian Pasar Keuangan dan Macam Macam Pasar Keuangan

380
2
BERBAGI

Mengapa Mempelajari Pasar Keuangan?

Pasar Keuangan (financial market) adalah pasar yang memindahkan dana dari pihak-pihak yang mempunyai kelebihan dana ke pihak-pihak yang membutuhkan dana. Kegiatan pasar keuangan secara langsung juga memengaruhi kesejahteraan masyarakat, perlikau usaha dan konsumennya serta siklus perekonomian.

Pasar Obligasi dan Suku Bunga

  • Efek atau sekuritas atau instrumen keuangan adalah hak (klaim) atas laba masa depan atau aset di suatu perusahaan.
  • Obligasi (bond) adalah sekuritas utang yang menjanjikan pembayaran secara periodik untuk suatu periode tertentu. Sedangkan biaya pinjaman atas dana pinjaman tersebut disebut suku bunga.
  • Tingkat suku bunga dapat memengaruhi keputusan individu maupun perusahaan. Semakin tinggi suku bunga maka kecenderungan untuk menabung akan semakin tinggi dan perusahaan akan cenderung menunda untuk melakukan investasi

Pasar Modal

  • Pasar modal merupakan faktor penting dalam keputusan-keputusan investasi perusahaan karena harga saham memengaruhi jumlah dana yang diperoleh perusahaan.
  • Semakin tinggi harga saham dari suatu perusahaan berarti semakin tinggi dana yang diperoleh perusahaan tersebut untuk membiayai kegiatan investasinya.

Pasar Valuta Asing (Foreign Exchange Market)

  • Pasar valuta asing adalah tempat di mana konversi mata uang suatu negara terhadap mata uang asing dilaksanakan dan merupakan alat dalam pergerakan dana antar negara.
  • Kurs yaitu harga dari mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain.
  • Penurunan mata uang suatu negara akan menyebabkan kenaikan ekspor dan konsumsi barang-barang domestik serta berkurangnya impor. Begitu juga sebaliknya, kenaikan mata uang suatu negara menyebabkan penurunan ekspor dan bertambahnya barang-barang impor.

Baca Juga: Definisi Masalah Dalam Proses Riset Pemasaran

Mengapa mempelajari perbankan dan lembaga keuangan ?

Perantara keuangan (financial intermediaries) adalah lembaga yang menyalurkan dana dari masyarakat penabung kepada pihak yang membutuhkan atau meminjam dana. Terdapat beberapa lembaga keuangan diantaranya : Bank, perusahaan asuransi, dana pension, reksa dana dan lain-lain.

Mengapa mempelajari uang dan kebijakan moneter ?

Uang dan Siklus Usaha

Siklus bisnis (business recycle) merupakan pergerakan naik turunnya output agregat yang dihasilkan dalam suatu perekonomian (fluktuasi ekonomi). Siklus bisnis mempengaruhi masyarakat secara langsung, ketika output meningkat maka kesempatan kerja akan semakin banyak. Sedangkan ketika output menurun maka kesempatan kerja akan semakin sedikit. Resesi adalah penurunan output agregat.

Uang dan Inflasi

Tingkat harga agregat (aggregate price level) merupakan rata-rata harga barang dan jasa dalam perekonomian. Sedangkan Inflasi adalah kenaikan harga secara agregat dan terjadi secara terus menerus yang dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian suatu negara.

Kebijakan fiskal dan Kebijakan moneter

  • Instrumen kebijakan fiskal :
  1. Pengeluaran pemerintah -> APBN
  2. Penerimaan pajak
  • Instrumen kebijakan moneter :
  1. Kebijakan pasar terbuka
  2. Tingkat diskonto
  3. Giro wajib minimum.

Menentukan output agregat, pendapatan, dan laju inflasi

  • Output agregat dan pendapatan

Produk domestik bruto (gross domestik product) adalah nilai pasar dari semua barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh suatu negara selama periode satu tahun berjalan. Pendapatan agregat (aggregat income) adala nilai pendapatan total faktor produksi (tanah, tenaga kerja, dan modal) dari produksi barang dan kasa dalam perekonomian selama satu tahun berjalan. Dalam hal ini, nilai output agregat (PDB) di suatu negara harus sama dengan pendapatan agregat negara tersebut.

  • Pengukuran nilai rill dan nominal

PDB nominal adalah nilai total dar barang dan jasa akhir yang dihitung berdasarkan harga berlaku (sekarang). PDB riil adalah nilai total dar barang dan jasa akhir yang dihitung berdasarkan harga konstan (dengan menggunakan tahun dasar tersebut)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here