Beranda Olahraga Olahraga Rafting (arung jeram) di Sungai

Olahraga Rafting (arung jeram) di Sungai

41
0
BERBAGI

Hi Guys,

kembali lagi bersama Mr. Hart

Kali ini kita akam membahas mengenai “Olahraga Rafting atau dapat disebut sebagai arung jeram”


Rafting


Kegiatan arung jeram
Olahraga rafting adalh salah satu kegiatan olahraga yang dilakukan di sungai yang mengalir dan dilakukan secara berkelompok

 

Rafting atau pada umumnya disebut sebagai arung jeram adalah salah satu jenis kegiatan mengarungi sungai menggunakan alat-alat tertentu yang ketika melakukannya kebanyakan membutuhkan tim, fungsi tim disini adalah untuk menjalin kekompakan dalam berkominikasi untuk menyeimbangkan perahu but dalam melakukan arung jeram ketika di sungai, tanpa adanya tim maka perahu tidak akan seimbang sehingga nantinya arah perahu menjadi berubah-ubah tidak beraturan dan fatalnya lagi akan menjadikan kapal tersebut menjadi terbalik sehingga mengakibatkan para penumpang (pengarung) terjatuh kedalam air.

Manfaat Rafting atau Arung Jeram

Rafting adalah kegiatan yang mengasikan sekaligus mempunyai berbagai manfaat yang cukup penting bagi manusia, oleh karenanya penulis akan memaparkan beberapa manfaat yang ada ketika kita melakukan kegiatan rafting tersebut. Hal-hal tersebut dapat penulis sampaikan sebagai berikut ;

  1. Kesehatan badan, telah kita ketahui bahwasanya berkegiatan rafting mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita yang diantaranya adalah untuk menyehatkan jantung, paru-paru, otak dan pikiran, stres dan depresi, stress dan depresi, otot-otot persendian, dan lain sebagaiya.
  2. Membentuk jiwa kooperatif, banyak yang mengatakan bahwasanya kegiatan rafting dapat meningkatkan jiwa kerjasama antar kelompok, sebagai contoh ketika dalam melakukan kegiatan rafting jika kita tidak mempunyai jiwa kerjasama maka perahu akan terbalik dan semua penumpang akan terjatuh. Sepertihalnya dalam kehidupan, jika dalam kehidupan tidak mempunyai rasak kerjasama maka orang tersebut akan hancur kehidupannya.
  3. Melatih keberanian dan kepercayaan diri, ingat medan sungai yang mengalir sangat deras adalah salah satu medan yang sangat berat, akan ada banyak batu yang menghalanginya dan jangan sampai kita terbentur dengan batu tersebut, oleh karenanya keberanian dan kepercayaan diri sangatlah dibutuhkan dalam mengendlikan arah laju perahu.
  4. Melatih jiwa kepemimpinan, hal ini jelas karena seseorang yang melakukan rafting akan dapat melatih jiwa kepemimpinan seseotang tersebut, dia yang berkegiatan rafting akan tahu kapan akan memerintah dan kapan harus melaksanakan perintah.

 

Baca Juga Dibawah Ini :

Kerajinan Tangan “Rantang” Sebagai Bisnis Ekonomi Menengah Kebawah Khususnya Mayarakat Pesisir Pantai

Medan Rafting

A. Surfey Medan.

Medan sungai arung jeram
Surfey medang untuk memastikan kondisi yang akan dilakukannya kegaiatan pengarungan.

Sebelum melakukan kegiatan pengarungan sungai, maka pemandu (Guide) harus benar-benar memastikan bahwasannya medan yang akan mereka gunakan dapat dibilang cukup aman, sehingga nantinya dapat dilakukannya kegiatan arung jeram. Penulis berpendapat bahwasannya hal ini penting karena untuk dapat menjamin dari pada keselamatan para pengarung yang nantinya akan memcicipi medan yang sebenarnya.

B. Jenis Medan.

(1) Medan Sungai Halus.
Medan sungai halus
Medan sungai halus yang dimana jarang terdapat bebatuan

Medan ini cukup tergolong kedalam salah satu medan yang cukup mudah, pasalnya dalam medan ini jarang dapat ditemukan bebatuan yang menghalangi pengarung untuk berkegitan rafting. Medan ini biasanya sering digunakan oleh seseorang yang takut akan medan yang terjal (banyak bebatuan) atau juga dapat digunakan sebagai salah satu pengadaptasian untuk para pemula supaya mereka siap dalam melakukan kegiatan rafting ditempat yang sedikit curam atau terjal.

(2) Medan Sedang.
Medan sungai cukup sulit
Medan sedang adalah medan yang dimana terdapatnya banyak bebatuan tapi tidak banyak batu yang menghalanginya

Medan sedang adalah salah satu medan yang terdapat banyaknya batuan tapi tidak banyak batuan yang mengahalanginya atau kondisi sungai yang relatif lurus. Dimedan ini banyaknya para pecinta arung jeram yang melakukan kegiatan pengarungan, karena medan ini adalah salah satu medan yang banyak digemari oleh para peraung yang mereka anggap bahwa medan ini sangatlah cukup menantang tapi tidak melukai seperti kisah cinta di sinetron-sinetron, hahaha…..

(3) Medan Curam.
Medan sungai sangat sulit
Medan ini tergolong sangat curam karena anyaknya rintangan yang sulit untuk dilewati dan butuh keahlian dan kerjasama tim.

Medan curam adalah salah satu medan yang memiliki banyaknya batuan yang menghalanginya, selain itu kondisi sungai yang cukup terjal dan berliku-liku membuat para peraung kesulitan untuk dapat melakukan pengarungan serta tidak jarang ditemukan sungai yang lintasannya terlalu menjorok kebawah dan hampir vertikal.

Didalam medan ini dibutuhkan kerjasama tim untuk dapat mengompakan sesama anggotanya sehingga nantinya akan dapat menyetabilkan kondisi perahu dan juga untuk dapat melewati rintangan yang cukup sulit tersebut. Bersama dengan tim, kita akan menuju Klimaks.

Peraung

Peraung adalah orang yang melakukan kegiatan arung jeram. Ada 2 golongan peraung yang telah penulis temui, peraung tersebut diantaraya adalah sebagai berikut :

(1) Masyarakat Umum.

Masyarakat umum adalah salah satu peraung yang berasal dari masyarakat lokal atau juga dapat berasal dari wisatawan mancanegara. Masyarakat umum biasanya melakukan kegiatan rafting ini bertujuan untuk mencari sensasi atau sekedar untuk berekreasi saja.

(2) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala).

Mahasiswa pecinta alam atau dapat disebut sebagai Mapala adalah salah satu golongan masyarakat yang sedang menempuh pendidikan tinggi yang didalam berprosesnya mereka mengikuti kegiatan atau berorganisasi sebagai Pecinta Alam. Mahasiswa pecinta alam ini biasanya melakukan kegiatan rafting karena sebagai ajaran atau tuntutan dari organisasi pecinta alam yang telah mereka inkuti selama perproses menempuh pendidikan tinggi, selain itu juga sebagai hobby mereka yang suka berkegiatan rafting.¬†Jangan sia-siakan masa mudamu, yukk rafting………..

Persiapan

(1) Melakukan Surfey Lokasi

Melakukan surfey lokasi adalah salah satu hal yang terpenting didalam memuluskan niat untuk melakukan kegiatan arung jeram, yang nantinya hasil surfey dapat dijadikan keputusan apakah akan melanjutkan berkegiatan arung jeram atau tidak melakukannya. Surfey lokasi yang harus dilakukan adalah sebagai berkut :

  1. Surfey medan, melihat medan yang akan dilakukanya kegiatan rafting.
  2. Surfey jarak, melihat kejauhan jarak posisi sekarang dengan lokasi berkegiatan rafting nantinya.
  3. Surfey rintangan dan penghambat, melihat kemungkinan-kemungkinan haa apa saja yang menghambat adalah sangat penting dalam mengambil  keputusan.
(2) Latihan Dasar
Praktik latihan dasar rafting
Latihan daar perlu untuk melatih bagaimana melakukan pengarungan

Latihan dasar biasanya dilakukan oleh pelatih, senior, guid kepada para calon peraung, latihan dasar rafting sangat diperlukan karena medan yang nantinya kita lakukan bukan main-main, oleh karenanya kita harus melakukan latihan untuk mengembangkan dan mengetahui teknik pengarungan. Sehingga nantinya dalam melakukan pengarungan tidak akan mengalami kendala atau miss komunikasi

(3) Anggaran Dana

Persiapan anggaran dana adalah salah satu hal yang wajib dilakukan karena nantinya anggaran dana tersebut pasti dibutuhkan. Mengingat kegiatan ini adalah rafting atau arung jeram maka akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Oleh karenanya, persiapan anggaran dana jauh-jauh tersebut sangatlah diperlukan. hal itu untuk dapat membantu keberlangsungan kegiatan yang akan direncanakan supaya tidak terjadi kendala apapun.

(4) Jadwal

Sebelum melakukan kegiatan rafting atau arung jeram sebaiknya harus merencanakan tanggal keberangkatannya. Tanggal tersebut berfungsi untuk dapat memanagement kegiatan yang dilakukan pada bulan yang dijadwalkannya. Hal tersebut penting karena supaya tidak bentrok dengan kegiatan kita lainnya.

(5) Perlengakapan Pribadi

Sebelum melakukan kegiatan rafting atau arung jeram sebaiknya dilakukan pengumpulan perlengakapan pribadi. Perlengakapan tersebut berfungsi untuk mensuport dalam melakukan kegitan arung jeram. Perlengkapan pribadi itu meliputi obat pribadi, baju ganti, kamera, tali dan lain sebagainya.

(6) Transportasi

Transportasi adalah salah satu kendaraan yan nantinya akan diguakan untuk menuju lokasi. Oleh karenanya, memikirkan transportasi sangatlah penting karena tanpa transportasi kita tidak akan dapat sampai ditempat tujuan.

Peralatan Rafting

Dalam melakukan kegiatan rafting, maka ada peralatan khusus yang harus dipersiapkan supaya dianggap aman. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Perahu, sebagai alat untuk melakukan kegiatan pengarungan.
  2. Dayung, sebagai alat pengerak dan pengatur arah perahu.
  3. Pelampung, sebagai alat menyelamat utama ketika terjatuh di air.
  4. Helm, sebagai alat untuk melindungi kepala dari benturan.
  5. Sepatu, sebagai alat untuk melindungi kaki.
  6. Kauskaki, sebagai alat untuk melindungibdari gesekan kulis kaki terhadap sepatu.
  7. Tas kedap air, sebagai alat untu memasukan peralatan lainnya.
  8. Tali, sebagai alau untuk melakukan penyelamatan  dalam kondisi darusat.
  9. Alat navigasi, sebagai alat petunjuk arah.
  10. P3K, sebagai alat untuk menangani ketika terjadi kecelakaan.
  11. Repair kit, sebagai alat untuk memperbaiki perahu.
  12. Pompa, sebagai alat untuk memompa perahu jika kempes.
  13. Peluit, sebagai alat untu memberikan tanda bantuan ketika terjadi kecelakaan.
  14. Logistik, sebagai bahan untuk menambah stamina.

Demikianlah penjelasan mengenai olaraga rafting yang sering dilakukan oleh banyaknya masyarakat, penulisan ini bertujuan untuk memberi pemahaman lebih lanjut menganai kegiatan olahraga rafting atau arung jeram tersebut.

Terimakasih,

Best Regards.


Mr. Hart


 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here