Beranda Gaya Hidup Olahraga Populer di Nusantara Yang Harus Diketahui

Olahraga Populer di Nusantara Yang Harus Diketahui

26
0
BERBAGI

Olahraga Populer

Hallo,

Salam hangat untuk para pembaca setia Abisnis.

Kali ini kita akan membahas mengenai “Olahraga Populer yang ada di nusantara.


Olahraga Populer Nusantara


 

olahraga
Terdapat beraneka raga jenis olahraga yang tersebar di Nusantara, hal tersebut dikarenakan banyak jenis olahraga yang berasal dari luar negeri yang masuk kedalam negara Indonesia maupun yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Pengertian Olahraga.

Olahraga adalah salah satu aktifitas untuk dapat mengolah tubuh dengan cara mengerakan anggota badan. Tujuan olahraga sendiri adalah untuk menyehatkan badan, menjaga kondisi tubuh, menjaga keseimbangan, menguatkan kekebalan tubuh, menghindari dari berbagai ancaman penyakit, membentuk otot tubuh, dan lain sebagainya.

Di Nusantara sendiri telah diketahui bahwasanya terdapat banyaknya meraneka ragam olahraga yang digemari oleh kalangan anak, remaja hingga dewasa. Disamping itu, cabang olahraga sendiri pada saat ini sedang dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Tugas kemnpora disini dapat beraneka macam seperti sebagai badan penaung seluruh cabang olahraga, sebagai fasilitator, sebagai pengawas, dan lain sebagainya.

Penulis berpendapat bahwasanya dengan terdapatnya berbagai macam jenis olahraga yang ada di Indonesia, maka pastinya juga terdapatnya jenis olehraga populer yang ada didalamya. Olahraga populer tersebut dapat diketahui berdasarkan minat masyarakat dalam pengaplikasiannya, sehingga olahraga populer tersebut dapat dilihat dari sudut pandang jumlah permainan yang sering dimainkan oleh masyarakat. Untuk mengetahui beberapa macam olahraga populer yang ada di nusantara ini, berikut penulis sampaikan sebagai berikut :

(1) Sepak Bola.

sepak bola
Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola dalam permainannya.

Sepak bola adalah salah satu olahraga populer yang menggunakan kaki untuk memainkannya dan juga menggunakan media bola dalam permainannya. Olahraga ini mempunyai jumlah pemain sebanyak 11 orang, dalam permainanya akan ada 2 tim yang nantinya akan merebutkan bola dalam permainan ini. Tujuan dari permainan ini adalah untuk dapat menciptakan Goal supaya dapat diakui menjadi pemenang.

Dalam pengaturan eksistensinya, cabang sepak bola ini dinaungi oleh sebuah lembaga yang bernama Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Dalam perannya didunia sepak bola, PSSI berperan sebagai badan pelindung dan badan penaung sepak bola Indonesia, pengawas, fasilitator, pengadaan pertandingan, dan lain sebagainya.

Penulis berpendapat bahwasanya olahraga sepak bola ini menjadi salah satu jenis olahraga populer yang ada di nusantara. Hal ini dikarenakan banyak kalangan yang sering mempermainkannya, bahkan dari tingkat anak kecil hingga tingkat dewasa. Sehingga dengan alasan demikian sepak bola menjadi salah satu jenis olahraga populer saat ini.

Baca Juga : Beasiswa Luar Negeri Paling Populer.

Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

(2) Pencak Silat.

Pencak silat nusantara
Pencak silat adlah salah satu jenis olahraga beladiri asli Indonesia

Pencak silat adalah salah satu jenis olahraga populer di Nusantara, hal tersebut dikarenakan disetiap belahan daerah pasti terdapatnya pencak silat. Disamping itu, masyarakat khususnya remaja sangat antusias dalam mengikuti olahraga pencak silat ini. Tujuan dari mengikuti olahraga pencak silat ini dikarenakan bahwa mereka meyakini nantinya ilmu yang didapatkan akan sangat bermanfaat. Beberapa ilmu yang diajarkan didalam pencaksilat adalah beladiri, persaudaraan, kerohanian, kesenian dan lain sebagainya. Pencak silat sendiri merupakan suatu jenis olahraga beladiri asli Indonesia. Terdapat berbagaimacam olahraga pencak silat yang tersebar di nusantara yang diantaranya adalah PSHT, Pagar Nusa, Macan Putih, Jokotole, dan lain sebagainya.

Dalam keorganisasiannya, Pencak silat dinaungi oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Penulis berpendapat bahwa peran IPSI disini sangatlah krusial, hal tersebut dikarenakan IPSI mempunyai tugas sebagai pelindung, penaung, fasilitator, penyelengara pertandingan dan lain sebagainya.

Didalam pencak silat, tidak hanya diajarkan mengenai beladiri saja. Hal tersebut dikarenakan setiap organisasi pencak silat mempunyai visi-misi yang dimana hal tersebut pada pokoknya bertujuan untuk mendidik manusia berbudi luhur supaya tahu mana yang benar dan mana yang salah.

(3) Bulu Tangkis (badminton).

badminton
Bulu tangkis adalah sebuah jenis olahraga yang menggunakan alat raket dan kok

Bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga tim yang menggunakan media raket sebagai alat pemukul dan kok sebagai alat objeknya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan skor tinggi supaya nantinya tim tersebut dapat diakui sebagai pemenang. Olahraga ini juga salah satu jenis olahraga populer yang ada dikalangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang memainkan olahraga bulu tangkis ini sebagai permainan atau hobi mereka. Disamping itu, alat yang mereka gunakan termasuk sebagai alat yang cukup murah untuk dijangkau. Lebih lanjut, alat-alat tersebut cukup mudah untuk ditemui, sehingga tidak terlalu menyulitkan para pemain jika nantinya akan mencari alat untuk memainkan permainan bulu tangkis ini.

Dalam struktur keorganisasiannya, cabang olahraga bulu tangkis ini dinaungi oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk ditingkat Nasional, dan untuk ditingkat Internasional terdapat International Badminton Federation (IBF). Dalam fungsinya, PBSI sendiri memiliki fungsi untuk dapat menyelengarakan pertandingan, fasilitator, penaung serta pelindung dan lain sebagainya.

Dalam permainanya, terdapat 5 partai dalam permainan olahraga bulu tangkis. Yang dapat penulis sampaikan sebagai berikut :

  1. Ganda Putra
  2. Ganda Putri
  3. Tunggal Putra
  4. Tunggal Putri
  5. Ganda Campuran.

Partai tersebut dimaksudkan untuk dapat mengkualifikasikan posisi dan standar oprasional dalam permainan olahraga bulu tangkis. Sehingga akan diketahui bakat-bakat setiap pemain dalam pengaplikasiannya.

(4) Bersepeda

bersepeda
Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menggunakan alat sepeda.

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menggunakan alat atau media pada umumnya adalah sepeda. Bersepeda biasanya dilakukan diluar ruangan dan digunakan untuk berkeliling. Olahraga ini adalah salah satu jenis olahraga populer, hal tersebut dikarenakan bersepeda merupakan aktifitas yang dianggap sangat asik. Karena dalam bersepeda mereka dapat mengeksplor alam sekitar dan juga untuk menghilangkan penat atau kebosanan.

Disamping itu, bersepeda juga digunakan untuk olahraga yang dapat menantang, hal ini dikarenakan banyak terdapatnya sepeda gunung untuk digunakan dijalur yang dianggap ekstrim atau sulit.

Lebih lanjut, olah raga ini dianggap sebagai salah satu jenis olahraga yang cukup sederhana, hal tersebut dikarenakan tidak membutuhkan banyak alat dan juga tidak juga membutuhkan tim. Karena bersepeda dapat dilakukan dengan sendirian.


Terimakasih saya usapkan kepada para pembaca.

Penjelasan tersebut diatas merupakan salah satu bentuk olahraga populer yang ada di Nusantara.

Salam : Mochamad Suhartono.

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here