Beranda Pendidikan Negara Indonesia sebagai Negara Agraris dan Maritim Harus Ditegakkan

Negara Indonesia sebagai Negara Agraris dan Maritim Harus Ditegakkan

78
0
BERBAGI

Negara Agraris

doripos.com

Negara Agraris, nama itulah yang melekat pada Negara Indonesia. Karena masyarakat Indonesia sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Indonesia memiliki  tanah yang sangat subur untuk pertanian. Selain itu, Indonesia hanya memiliki  iklim tropis. Hal ini berarti bahwa di Indonesia hanya ada dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Jika kita melihat sejarah, penjajah Hindia Belanda ingin menguasai Indonesia karena Indonesia terkenal dengan remah-rempahnya. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi penjajah Hindia Belanda. Indonesia dulu kaya akan rempah-rempah, menjadi bangsa yang disegani oleh seluruh dunia karena sumberdaya alamnya yang melimpah. Lantunan yang berbunyi “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Lantunan ini merupakan peribahasa yang mana menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara yang subur.

Negara Maritim

dok-sby.co.id

Negara Maritim, adalah julukan kedua untuk Negara Indonesia. Indonesia dijuluki negara maritim karena Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Memiliki wilayah laut yang luas dan garis pantai yang panjang. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki kekayaan alam di laut yang sangat melimpah. Jika kita melihat sejarah bangsa Indonesia, nenek moyang kita selain menjadi petani juga menjadi nelayan yang handal. Bahkan hasil tangkapan ikannya diekspor dan diperdagangkan sampai ke mancanegara. Selain itu, Indonesia yang letaknya sangat strategis dan terletak pada jalur perdagangan internasional. Hal ini yang menjadikan Indonesia sebagai tempat berdagang antara masyarakat Indonesia dengan orang asing.

Melihat dari potensi alam yang telah kita ketahui bersama, Indonesia memiliki tanah yang subur dan iklim yang cocok untuk pertanian. selain itu, Indonesia juga memiliki wilayah laut yang luas sehingga memiliki kekayaan alam laut yang melimpah. Maka melihat itu semua, dapat dikatakan bahwa jati diri Negara Indonesia adalah menjadi negara agraris dan negara maritim. Akan tetapi, sudahkah itu semua terwujud?. Salah satu indikator negara maju menurut PBB adalah negara yang mana lebih condong ke industri dari pada pertanian. Negara yang sangat potensial untuk pertanian seperti Thailand, Indonesia dan Brazil masih dikategorikan negara berkembang.

Akhirnya karena indokator seperti itu, Bangsa Indonesia meyakini bahwa jika menjadi negara industri, maka akan menjadi negara maju yang disegani. Hal inilah yang perlu menjadi renungan kita bersama, bahwa kita semua harus sadar akan potensi dan kekayaan alam Indonesia. Seandainya Bangsa Indonesia memiliki pola pikir yang mana Indonesia harus menjadi “Indonesia yang sesungguhnya”. Dalam arti menjadi negara agraris dan negara maritim, maka Indonesia akan jaya. bukan hanya itu, Indonesia akan menjadi negara besar karena potensinya. Jika ingin menjadikan Indonesia sebagai negara industri, industrinya mayoritas harus pertanian atau perikanan yang menunjang potensi kekayaan alam Indonesia.

Hal yang Perlu dirubah

Penyebab  Bangsa Indonesia merasa pesimis jika menjadi negara agraris dan maritim karena dunia pertanian dan perikanan dianggap sudah kuno. Misalnya, masyarakat enggan menjadi petani, karena pekerjaan tersebut dianggap sudah ketinggalan zaman. Bahkan seorang petani pun jika memiliki anak dididik untuk mencari pekerjaan selain petani. Padahal menjadi seorang petani itu adalah pekerjaan yang sangat mulia karena petani lah yang menghasilkan pangan.

Pangan ini yang nantinya dikonsumsi oleh semua orang. Hal ini juga terjadi di dunia nelayan, banyak anak muda yang tidak mau meneruskan pekerjaan orangtua mereka menjadi seorang nelayan. Alasannya karena pekerjaan tersebut juga sudah ketinggalan zaman. Hal ini yang menyebabkan kurangnya generasi penerus untuk menjadi seorang petani dan nelayan. Hal itu dilakukan demi mewujudkan jati diri Bangsa Indonesia yaitu menjadi negara agraris dan maritim.

Menjadi jati diri Negara Indonesia memang tidak mudah, tetapi bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Hal pertama yang harus dirubah adalah mindset. Oleh karena itu, darisekarang harus mencintai dunia pertanian dan perikanan. Masyarakat harus menghilangkan stigma bahwa pekerjaan sebagai petani itu kuno dan nelayan itu ketinggalan zaman. Masyarakat sekarang harus membangun mindset bahwa Indonesia akan menjadi negara besar dan disegani. Caranya apabila mengikuti jati dirinya, yakni menjadi negara agraris dan negara maritim.

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here