Beranda Fotografi dan Videografi Modal Utama Menjadi Seorang Sutradara Telivisi atau Film

Modal Utama Menjadi Seorang Sutradara Telivisi atau Film

876
0
BERBAGI

Menurut Naratama seorang suradara telivisi yang kini bekerja di VOA di amerika serikat, menjadi seorang sutradara harus mempunya beberapa kriteria, yang tak lain untuk menunjang karirnya untuk masa depan. tak hanya masalah skil dalam mengembangkan cerita atau mengatur jalannya produksi sebuah film ternyata ada beberapa hal atau modal utama yang perlu kamu perhatikan juga, yaitu sebagai berikut:

1. Leadership (Kepemimpinan)

Apabila kita berpikir tugas utama sutradara sangat penting dalam sebuah produksi video, yupss yaitu mengatur jalannya produksi. apabila dilihat sesuai dengan tugas dan wewenang sebagai orang yang paling bertanggung jawab pada sebuah karya video, film, telivisi, iklan, sutradara seharusnya mempunya jiwa kepemipinan yang kuat dan mampu berkoordinasi dengan setiap devisi kru dalam sebuah produksi seperti dengan cameramen, tim kreatif dan lainnya.

Selain jiwa kepemimpinan, hal itu juga harus disertai dengan kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi dengan orang yang berlatar belakang berbeda-beda dalam lini produksi sebuah film, seperti artis, klien, lighting, hingga pada figuran sebuah film yang mana semua orang tersebut dari berbagai status sosial masyarakat yang berbeda. apabila seorang sutradara tidak mempunyai juwa tersebut maka dapat dipastikan proses produksi tidak akan berjalan dengan semestinya.

2.Imajinasi Kreatif

Untuk mencapai titik tertinggi dalam pembuatan sebuah karya tentu sebagai sutradara harus mempunyai jiwa yang kreatif dan dapat berimajinasi sehingga menghasilkan cerita yang unik dan inovatif. Daya imajinasi kreatif ini didapat dari kepekaan atas rasa seni artistik dalam melihat warna, bentuk, karakter, komposisi hingga bahasa fiksi yang muncul dilingkungan sekitar.

Oleh karena itu sebagai seorang sutradara kita dituntut untuk terus berimajinasi, dan bagaimana agar muncul? cobalah kalian terus membaca majalah, menyatu dengan alam, berbaur dengan teman-teman, membaca novel, komik hingga menonto karya orang lain.

3. Fiction Freak

Suka menonton film, membaca novel, membuat puisi, menciptakan lagu, memainkan alat musik, menari atau berbagai hobi didunia fiksi merupakan modal kuat untuk menjadi sutradara. karena dunia penyutradaraan erat kaitannya dengan dunia penciptaan, dimana karya-karya yang diproduksi adalah karya yang diciptakan. berbeda dengan jurnalistik yang tugasnya melaporkan berita secara aktual yang pada konteks tersebut tidak perlu membuat penciptaan karya.

4. Berjiwa Petualang

Karena tantangan dalam setiap produksi film selalu berbeda setiap waktu maka sutradara harus memiliki jiwa petualangan, artinya sebagai seorang sutradara seharusnya mampu menghadapi rintangan dan cobaan, menyatu dengan alam yang mana selalu ingin termotivasi untuk menciptakan yang lebih baik lagi.

5. Wawasan dan Pengetahuan

Modal ini wajib dimiliki oleh seorang sutradara, ada beberapa orang yang ingin jadi sutradara karena dia yakin sudah mencakup kriteria 4 diatas, tapi itu tidak cukup. sebagai seorang sutradara seharusnya kamu perlu mempunyai wawasan dan pengetahuan terkait dengan bidang tersebut seperti sejarah film, sistem penyiaran, komunikasi sosiologi, pemasaran, dan lainnya.

Baca Juga : Hal Fotografi Yang Perlu Dikuasai Saat Turun Ke Lapangan

6. Suka Deadline

Apabila kamu tidak suka berkerja secara deadline, jangan harap kamu akan bertahan menjadi seorang sutradara, mempunyai gaji yang besar tentu memiliki resiko yang besar pula yaitu harus rela mengorbankan waktunya untuk terus menciptakan karya sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

Yang biasanya paling susah yaitu saat seorang klien yang ingin membuat video profile sebuah perusahaan. kadang juga memberikan deadline yang pendek sehingga sutrada mau tidak mau dituntut untuk kerja lebih ekstra, pada kondisi itulah rasa capek dan stress akan muncul. oleh karena itu kamu harus mampu menghadapi hal itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here