Beranda Bisnis Cara Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

Cara Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

260
0
BERBAGI

Tips Meyakinkan Konsumen Untuk Membeli Online

Meyakinkan Konsumen – Belanja Online memang sangat menyenangkan dan mudah untuk di lakukan, banyak masyarakat indonesia saat ini sudah beralih ke belanja online ataupun bisnis online, nah bagi temen temen yang saat ini menjalankan bisnis online di rumah memang perlu terus mengembangkan bisnisnya agar cepat dikenal oleh orang disana, berbisnis online tidak semudah yang dibayangkan harus ada beberapa strategi agar produk atau pasar kita tidak jatuh ke tangan penjual lainnya, pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana sih caranya agar pembeli yang masuk ke katalog atau website kita bisa yakin dan membeli produk yang kita tawarkan tersebut?

Hal itu merupakan sebuah tantangan bagi seorang penjual, nah saya akan memberikan beberapa tips yang bisa langsung diterapkan oleh temen temen penjual online. pada artikel ini saya berasumsi anda sebagai penjualnya.

1. Buat Laman Testimonial

Laman Testimonial merupakan sebuah halaman untuk menampilkan sebuah testimonial atau respon yang diberikan konsumen kepada kita mengenai produk yang telah mereka beli. testimonial ini merupakan sebuah feedback yang diberikan oleh konsumen yang telah selesi bertransaksi dengan anda, dengan itu anda memiliki 2 keuntungan dengan adanya laman ini :

pertama, konsumen anda akan lebih yakin karena ada respon konsumen yang lain telah memberikan respon yang baik, jadi konsumen yang akan membeli produk anda setelah melihat testi dari konsumen lain akan lebih yakin.

kedua, anda akan tau respon konsumen ayng telah membeli kepada anda, apakah konsumen puas atau tidak, hal itu dilihat dari komentar atau respon pembeli tersebut.

Halaman testimonial bisa dibuat dengan website yaitu dengan menyuruh konsumen untuk memberikan respon lewat komentar atau anda bisa sertakan screenshoot dalam laman tersebut.

Namun banyak penjual nakal sekarang, karena mereka mengisi komentarnya sendir šŸ™‚ oleh karena itu saya sarankan anda menggunakan laman testimonial dengan memanfaatkan facebook. yaitu dengan menyuruh berkomentar pada laman testi tersebut. kan kalau akun facebook itu harus bener bener nyata toh šŸ™‚

2. Buat Laman Resi Konsumen

Laman resi berisikan laman kode pengiriman dari barang yang anda kirim kepada pembeli, kegunaan dari laman ini yaitu untuk memberikan keyakinan kepada konsumen apakah barang mereka sudah di kirim atau belum, berdasarkan survey ternyata laman ini dapat menarik keyakinan konsumen lain loh. bukan hanYa itu dengan adanya laman ini anda juga akan mempunya history pengiriman kan šŸ™‚

3. Buat Diskusi

Forum Konsumen
Forum Konsumen

Laman diskusi bertujuan untuk memberikan media bagi temen temen untuk berdiskusi mengenai produk yang di tawarkan semakin banyak orang yang mendiskusikan produk anda tersebut di laman diskusi maka secara otomatis banyak orang yang yakin bahwa blog atau website anda tersebut memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga:Ā Pengertian Ilmu Ekonomi dan Jenis-jenis Ekonomi

Banyak sekali laman diskusi seperti bbpress atau jika terlalu susah, anda bisa menggunakan halaman komentar sebagau tempat diskusi.

4. Jangan Rusak Reputasi Toko Anda

Untuk meyakinkan pembeliĀ lainnya yaitu, jangan pernah merusan reputasi toko anda, seperti dengan melakukan kecurangan terhadap transaksu yang dilakukan dengan konsumen, karena pembeliĀ yang merasa dirugikan biasanya akan memberikan reputasi buruk bagi toko anda dengan menyebarkan beberapa fitnah dan isu mengenai keburukan toko anda tersebut.

5. Tampilkan Kejujuran

Kejujuran pada Konsumen
Kejujuran pada Konsumen

Menampilkan kejujuran dalam sebuah bisnis online yaitu dengan menampilkan gambar produk yang nyata, waktu pegiriman, spesifikasi produk. sehingga pembeliĀ tidak akan merasa di rugikan apabila membeli produk anda tersebtu.

Tampilakn secara objektif dan jelas mengenai spesifikasi produk yang anda tawarkan kepadaĀ pembeli anda.

6. Berikan Bonus

Dengan memberikan bonus kepada pembeliĀ anda, maka secara tidak sadar anda meningkatkan reputasi terhadap toko anda, dengan bonus ini pembeliĀ tersebut akan menyarankan kepada pembeli lain untuk melakukan transsaksi dengan anda.

7. Buat Katalog atau Web Professional

Web professional disini merupakan sebuah faktor penting agar para pembeliĀ atau pembeli anda yakin dengan produk yang anda tawarkan tersebut. apabila website anda menggunakan domain yang gratisan ya pembeliĀ tidak akan percaya dengan toko anda tersebut.

namun apabila toko online atau website anda professional dan bagus maka secara otomatis hal tersebut akan meningkatkan rasa yakin kepada konsumen anda.

8. Terus Memberi Pelayanan yang Bagus

Pemberian pelayanan kepada konsumen seperti pelayanan yang cepat, packing rapi dan pengiriman yang cepat akan meningkatkan reputasi baik bagi toko onlime anda tersebut.

bukan hanya itu saat ini yang terpenting juga pelayanan after salesnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here