Beranda Fotografi dan Videografi Cara Mencari Kesempatan dalam Menyalurkan Hobi Fotografi

Cara Mencari Kesempatan dalam Menyalurkan Hobi Fotografi

495
0
BERBAGI

Lingkungan sekitar menawarkan berbagai macam keindahan, seperti pemandangan, keluarga, sosial, hingga objek foto aktivitas orang yang ada disekitar kita, misalnya objek foto orang berjualan dipinggir jalan yang biasa disebut human interest. Selain menyalurkan hobi fotografi kita ke lingkungan sekitar, kita juga bisa menyalurkan hobi fotografi yang kita miliki pada acara atau event seperti acara pernikahan, pesta teman dan berbagai acara lainnya.

Namun sebagian orang yang masih baru memulai hobi ini sangat susah mencari kesempatan untuk menyalurkannya, nah disini saya akan membahas bagaimana cara saya dalam menyalurkan hobi fotografi untuk menuangkan hobi ini.

Hobi Fotografi

1. Lingkungan Sekitar

Bagi kamu yang masih baru memulai hobi mahal ini, ada baiknya anda mempelajari ilmu dasar dalam dunia fotografi seperti cara pengoprasiannya hingga cara membuat komposisi yang bagus untuk foto. Dalam memulai menyalurkan hobi ini tentu yang kita jeperet pertama kali yaitu disekitar kita.

Lingkungan sekitar memang objek segala-galanya bagi fotografer pemula seperti kita, tapi apabila kamu memang sudah mempelajari berbagai teknik dan membuat komposisi yang bagus, tentu dari foto yang biasa saja akan menjadi luar biasa dari teknik yang anda terapkan tersebut. coba lihat disekitar anda, seperti kursi ataupun meja, bila dilihat secara sekilas memang terlihat biasa saja, nah disini tantangan kita sebagai fotografer, dari benda yang biasa saja akan menjadi luar biasa ketika kita menerapkan berbagai teknik fotografi.

Selaih didalam rumah, coba kalian keluar rumah seperti jalan-jalan ke taman, pegunungan objek wisata yang ada didaerah kamu, jangan hanya diam dirumah saja, karena inspirasi akan datang ketika anda melihat sesuatu dan langsung menerapkannya sebagai bentuk meluapkan ide inspirasi yang kamu peroleh.

Foto Human Interest
Foto Human Interest

Untuk mengawali itu kamu bisa jepret pemandangan (landscape), bunga hingga merekam aktivitas orang yang ada disekitar kamu. Berikan sebuah nilai disetiap jerpretan kamu, artinya apabila kamu masih belum tau mengatur kompisisi foto yang baik, coba kamu selipkan sebuah moral atau pesan yang bisa diambil dari foto yang kamu jepret, sebagai contoh ada orang berjualan dipinggir jalan, coba kamu jepret dari sisi lain dimana ketika orang yang melihat foto hasil anda itu membuat mereka terharu dan merasa bersyukur.

2. Bergabung Komunitas

Selain melihat aktivitas atau lingkungan sekitar, tentu kadang kita merasa bosan karena objek itu itu saja, dan apabila kita hanya mengandalkan jepretan lingkungan sekitar tentu kita tidak akan belajar teknik lain seperti teknik foto potrait untuk model, teknik panning dan lainnya.

Komunitas Fotografi

Coba kamu mulai bergabung diorganisasi atau komunitas, usahakan anda bergabung di komunitas offline jangan online, apabila mengharuskan anda untuk bergabung di komunitas online, silahkan saja, tapi interaksi didunia online kadang ada keterbatasan. berbeda dengan komunitas offline, kamu bisa dengan leluasa bertanya atau berdiskusi dengan fotografer yang lebih tau tentang seluk beluk dunia fotografi (suhu).

Biasanya komunitas fotografi akan mengadakan acara atau event setiap 2 bulan sekali atau sebulan sekali tergantung keaktifan organisasi tersebut. acara yang diadakan biasanya menyangkut dengan fotografi yaitu hunting bersama dengan model si A atau hunting bersama dengan komunitas lainnya (SeJawa Timur). Kesempatan itulah harus kalian ikuti, karena disitu kamu akan banyak belajar pada orang orang yang lebih ahli. coba kamu berbincang-bincang, jangan menyendiri (sok tau/sok handal), jadilah dirimu yang merasa kekurangan ilmu agar dirimu akan berlajar terus.

Mengapa saya menyuruh anda ikut event seperti itu? kan sudah banyak tutorial di youtube? memang sudah banyak tutorial diyoutube, tapi dari pengalaman seperti itulah anda akan mendapatkan pengalaman baru serta pengetahuan baru tentang dunia fotografi. Terus Belajar! Bertanya bila tidak tau!

Selain itu kamu bisa menyalurkan hobi kamu itu melalui komunitas tersebut. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, sudah banya teman saya menjadi fotografer professional seperti fotografer wedding yang sukses, ya itu dimulai dari belajar di komunitas.

3. Mencari Inspirasi dari Karya Orang Lain

Selain mengikuti dua poin diatas, pasti kamu akan mengalamai ide yang stagnan alias ide buntu dikemudian hari, untuk mengatasi itu kamu perlu mencari inspirasi mencari kesempatan lainnya. tidak cukup dengan mengikuti komunitas kamu juga perlu mencari inspirasi dari luar.

Cara yang paling jitu yaitu coba kamu buat foto yang bervariasi atau yang lebih menawan. dengan cara mencar inspirasi foto dari fotografer nasional, bagaimana caranya? sekarang kan sudah jamannya dunia digital, kamu dengan mudah dapat melihat hasil karya orang lain seperti melalui instagram, portofolio website dan lainnya.

Dengan cara itu, ide yang akan muncul dalam dirimu akan semakin berkembang, tak hanya ide biasa saja, tapi ide yang spektakuler.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat jangan lupa bagikan kepada teman kalian yang lainnya. Jangan lupa bagikan ilmu yang kalian peroleh untuk para fotografer yang lebih pemula dari kamu, agar kamu juga memperoleh keberkahan dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here