Beranda Fotografi dan Videografi Hal Penting Menguasai Kamera Sebelum Turun Ke Lapangan

Hal Penting Menguasai Kamera Sebelum Turun Ke Lapangan

413
2
BERBAGI

Menguasai Kamera

Menguasai Kamera – Sebelum anda masuk ke dunia fotografi ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu seluk beluk dari kamera, minimal anda telah mengetahui dan paham tentang hal yang paling penting dalam pengambilan foto, mungkin bagi anda yang masih baru masuk kedunia fotografi masih belum tahu tentang ilmu fotografi, tapi setidaknya anda telah memahami penggunaan dan hal penting dalam proses pengambilan gambar dengan kamera.

Untuk mempelajari cara mengoperasikan kamera tentu kamu bisa belajar dengan buku panduan, atau dengan menonton video youtube dan bisa bergabung bersama kami di abisnis.com, dimana kami akan membahas berbagai ilmu dunia fotografi dan sinematografi.

Baca Juga: Belajar Editing dengan Photoshop

Memang anda tidak perlu mengetahui 100% fitur yang ada didalam kamera, tapi semakin anda mengetahu secara detail fitur dan kegunaan dalam kamera yang anda punya, maka anda telah mengoptimalkan investasi kamera tersebut, selain itu anda juga akan dengan mudah melakukan setting kamera ketika ada momen atau objek foto yang menarik atau unik.

Memang dalam sebuah kamera itu sudah ada settingan auto bahkan full auto, tapi anda tidak boleh sepenuhnya berkutik pada settingan tersebut, jangan belajar fotografi saja kalau cuma mau di auto terus, itu sama halnya dengan KAMERANYA YANG BELAJAR BUKAN KAMU. Oleh karena itu agar kamu lebih berkembang dalam dunia fotografi yang akan kamu geluti tersebut. sebaiknya kamu mulai menggunakan mode manual karena mode auto sewaktu-waktu tidak akan mampu mengolah beberapa kondisi lapangan.

Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui dan pelajari, yaitu dasar dari kamera seperti segitiga exposure dan berbagai mode yang ada di kamera sehingga nantinya akan membantu anda ketika berada di lapangan.

1. ISO

Settingan ISO sangat berpengaruh pada hasil atau kualitas foto anda secara sisi teknik, karena dengan iso bisa saja foto anda akan banyak noise atau bahkan apabila iso teralu rendah akan mengakibatkan shutter speed lambat dan dampaknya akan membuat foto anda menjadi blur karena goncangan.

Oleh karena itu dalam memilih sebuah ISO, anda harus berpikir dua kali dan harus menentukan sesuai dengan kondisi di lapangan. pada dasarnya ISO bisa dipelajari, berikut akan saya jelaskan secar singkat konsep dari penggunaan ISO.

INGAT: ISO terlalu rendah : Shutter lambat> Bisa Goyang. ISO terlalu tinggi: Ada Noise.

ISO merupakan sensitivitas sensor kamera yang kamu miliki. seperti studi kasus ini, apabila anda foto pada keadaan siang hari atau sangat terik, sebaiknya anda menggunakan ISO terkecil agar kualitas foto terjaga (tidak ada noise).

Tapi pada kondisi yang berbeda seperti hanya ada cahaya redup (tidak keras) seperti sumber cahaya dari lilin atau lampu pijar, kaamu tidak boleh langsung menentukan ISO terkecil, kamu perlu mempertimbangkan hal lain seperti bukaan lensa atau diafragma.

Lebih lengkap tentang ISO akan saya jelaskan pada artikel lainnya yang akan membahas secara detail penggunaan ISO dalam dunia fotografi.

2. Shutter Speed

Yang kedua ada shutter speed, yaitu kecepatan sensor menangkap cahaya. lagi-lagi konsep penggunaan shutter ini akan berhubungan dengan diafragma dan ISO yang sering disebut segitita exposure. berbagai macam kamera memang ada yang tinggi atau yang cuma sampai 1/2000 atau 1/4000 bahkan pada kamera saya yaitu canon 80D mencapai 1/8000, dan apa fungsinya? apa gunanya punya kamera yang shutternya bisa 1/8000?

Begini konsepnya, apabia kondisinya pada cahaya yang keras alias terik banget. contoh bila kamu foto di tepi pantai yang mana cahaya matahari benar-benar sangat terik, disini kita anggaplah menggunakan canon 80D dengan lensa kit 18-55 dimana bukaannya f3.5-4.5 nah bisa kita mengatur focal lenght 55 otomatis kita mendapatkan f4.5 (atau lebih tinggi), bila dilihat pada konsep ISO maka kita turunkan ISO terkecil, nah apabila iso terkecil sudah diset dan masih tetap over exposure alias masih terlalu terang, disini fungsi dari shutter. mungkin apabila shutternya hanya 1/2000 akan tetap over exposure, nah tapi berbeda dengan 80D 1/8000, dengan itu maka overexposure akan teratasi dengan menaikkan shutter diatas 2.000.

3. Diafragma atau Apurture atau Bukan

Bukaan lensa sebenarnya tergantung pada lensa yang anda gunakan, tapi akan saya bahas secara detail pada artikel yang memabahas tentang diafragma. hanya info sekilas: diafragma pada lensa ditandai dengan simbol f. contoh pada lensa kit canon biasanya f3.5-4.5 atau Lenca Fix Canon 50mm f1.8.

Semakin rendah fnya maka kemampuan kamera dalam menangkap cahaya semakin bagus, dan berdampak pada DOF dan bokeh. Sekarang kan banyak para instagramer yang backgroundnya bokeh tuh ya? nah itu menggunakan bukaan lensa kecil sehingga foto yang dihasilkan bokeh.

4. Exposure Compensation

Pernah gak kamu ngefoto sebuah momen, pas kamu lihat di viewfinder kelihatan bagus dan terang, tapi setelah di jepret hasilnya tidak memuaskan? Pasti Pernah! nah disini itu pengaruh dari pengaturan EC atau exposure Compensation, bisa saja EC kalian 0 atau minus.

Apabila pada kondisi itu maka kamu harus menaikkan EC ke +0.2 atau +0.5 ataupun +1 tergantung kondisi, dan sebaliknya apabila foto kalian terlihat terang banget maka kamu harus menurunkan EC, tapi pada kondisi yang normal sebaiknya settting EC ke 0, tapi pada kondisi yang tidak normal atau extream sebaiknya set Ec sesuai kondisi di lapangan.

5. AWB

Auto White Balance yang sering disimbolkan AWB, dimana akan memberikan suasana pada foto yang kalian jepret. terkadang apabila kamu foto pada waktu siang hari yang mendung, kadang foto yang dihasilkan agak kebiruan? nah disini karena AWB kalian tidak mampu membaca kondisi tersebut. oleh karena itu ada kalanya kamu setting secara manual White balancenya agar memperolah hasil yang sesuai.

Biasanya ada berbagai pilihan seperti cloudy, night dan ada juga custom, sesuai cahaya yang ada di lapangan.

Sekian info dari saya, artikel diatas hanya informasi yang singkat, dan akan saya bahas secara detail pada tiap poin di artikel lainnya. Langsung Praktek ya!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here