Beranda Pendidikan Menghitung Luas Segitiga menggunakan Program Java

Menghitung Luas Segitiga menggunakan Program Java

3577
0
BERBAGI

Belajar Program Java – Hai guys. Dalam artikel pendidikan kali ini kita akan sedikit belajar mengenai salah satu bahasa pemrograman. Mungkin yang menyukai pemrograman dan telah memiliki basic ataupun kuliah di jurusan informatika tentunya sudah tidak asing lagi. Namun bagi yang baru ingin memulai belajar pemrograman atau koding-mengoding, semoga artikel ini sedikit membantu pemahaman kalian. Oh ya, berbicara mengenai bahasa pemrograman, sebenarnya terdapat beberapa alternatif bahasa pemrograman dan software yang dapat digunakan, antara lain bahasa C, C++, Java dan lain-lain. Namun dalam kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai program Java untuk menghitung rumus yang sederhana terlebih dahulu.

Untuk dapat memulai belajar membuat program Java, tentunya kita harus menginstall software yang support dengan bahasa pemrograman Java, yaitu software Netbeans. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka software Netbeans dahulu. Lalu membuat Package dengan cara klik File – New Project. Pada Categoris pilih Java, dan pada Project pilih Java Aplication. Klik Next. Selanjutnya kita dapat memberi nama project atau package pada bagian Project Name sesuai keinginan kita. Misalnya BELAJAR_PROGRAM. Lalu klik Finish.

Selanjutnya yaitu kita membuat Class. Langkahnya yaitu klik File – New File. Pada pilihan Categories pilih Java dan pada File Types pilih Java Class. Klik Next. Kita dapat mengganti nama kelas sesuai keinginan kita pada bagian Class Name. Misalnya diganti dengan Latihan_1. Lalu klik Finish.

Di dalam Package berisi tentang beberapa Class. Sedangkan dalam Class berisi tentang program-program Java untuk menghitung ataupun menampilkan output. Hasil dari Package dan Class yang telah dibuat sebelumnya yaitu:

Menghitung Luas Segitiga menggunakan Program Java

Setelah membuat tampilan awal seperti gambar 1 diatas, maka langkah selanjutnya yaitu membuat main Class untuk program Java tersebut dengan cara mengetikkan kode sebagai berikut.

public static void main(String[] args) {

Kode tersebut digunakan untuk memulai pembuatan program Java. Apabila tidak terdapat public static void main(String[] args) dibawah public class yang telah dibuat, maka program tersebut tidak dapat menampilkan output ketika dijalankan (dirunning). Penjelasan detail mengenai public static void main(String[] args) akan dijelaskan pada artikel belajar Java bagian berikutnya.

Setelah selesai membuat main class, maka kita harus mengetahui program apa yang akan dibuat. Dalam bagian 1 ini misalnya kita ingin membuat program Java untuk menghitung dan menampilkan luas segitiga. Kita harus mengetahui rumus dari luas segitiga, yaitu Luas = (alas x tinggi) / 2. Berdasarkan rumus tersebur kita dapat mengetahui bahwa terdapat dua variabel inputan untuk menghitung luas segitiga, yaitu alas dan tinggi. Apabila programmer telah menentukan nilai alas dan tinggi dari segitiga tersebut, maka programmer tinggal mendeklarasikan nilainya saja. Namu apabila nilai alas dan tinggi ditentukan oleh inputan user, maka programmer harus membuat fungsi yang dapat digunakan untuk menampilkan inputan dari user. Fungsinya adalah sebagai berikut.

Scanner in = new Scanner(System.in);

Untuk membuat kata yang akan ditampilkan ke user, maka dapat menggunakan koding System.out.print(“KATA YANG INGIN DITAMPILKAN”); dimana kata yang ingin ditampilkan dapat diganti sesuai kebutuhan. Misalnya ingin membuat tampilan agar user menginputkan alas segitiga, maka syntaxnya dapat berupa sebagai berikut.

System.out.print(“Masukkan alas     : “);

double alas = in.nextDouble();

double merupakan tipe data dari variabel alas. Tipe data selain double (tipe bilangan pecahan) yaitu integer (tipe bilangan bulat), char (tipe kata/karakter), String (tipe kalimat) ataupun boolean (tipe bernilai benar atau salah). in mengacu pada nama Scanner yang telah dibuat sebelumnya, dapat diganti input, x ataupun variabel lainnya. nextDouble digunakan karena tipe data dari alas adalah double, sehingga program dapat membaca inputan user sebagai suatu tipe data double untuk diolah selanjutnya. Apabila tipe data alas adalah int, maka menggunakan in.nextInt() dan seterusnya.

Langkah selanjutnya adalah menghitung luas menggunakan syntax berikut.

double luas = alas * tinggi / 2;

Untuk menampilkan program yang telah dihitung dapat menggunakan syntax:

System.out.println(“Luas Segitiga yaitu ” + luas);

Hasil syntax secara keseluruhan ditunjukkan oleh gambar berikut.

Menghitung Luas Segitiga menggunakan Program Java

Output program Java untuk menghitung Luas Segitiga yang dihasilkan ditunjukkan oleh gambar berikut.

Menghitung Luas Segitiga menggunakan Program Java

Sekian artikel mengenai belajar Java ini. Semoga bermanfaat (red-fii).

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here