Beranda Gaya Hidup 5 Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

5 Cara Praktis Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

126
0
BERBAGI
sepatu bau
sepatu bau

Apakah kalian pernah mengalami sepatu kesukaanmu mengeluarkan bau yang tidak sedap? Perlu diketahui, sepatu yang harum itu mencerminkan pemakainya. Setidaknya jikalau sepatu sudah mulai bau, maka pemakainya harus sadar dan berupaya menghilangkau baunya tersebut. Hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatanmu yang terus memakainya, karena banyak bakteri yang ada di dalamnya.

Saat ini, sepatu mempunyai fungsi yang penting disamping sebagai pelindung kaki dan alas kaki. Fungsi itu adalah untuk menjaga penampilan dan membangkitkan kepercayaan diri. Namun, sepatu-sepatu berbahan kain dan tersusun dari material busa akan amat sering tercium bau tidak sedap, apalagi jika kita sering melakukan kegiatan yang menguras keringat. Khusus untuk jenis sepatu yang tertutup seluruhnya, pasti sangat menggangu aktivitas. Akhrinya mengurangi kepercayaan diri si pemakainya.

Penggunaan alas kaki harusnya menjadi prioritas agar menekan bau yang jika kulit langsung bertemu sepatu. Selain menggunakan kaus kaki, adapun berbagai cara yang dapat diupayakan untuk merawat kesegaran sepatu dan menghindari ataupun menghilangkan aroma tidak sedap yang ditimbulkannya.

1. Biasakan menjemur sepatu seminggu dua kali

Kebiasaan menggunakan sepatu saat hujan atau di jalan basah terutama pada jenis sepatu yang tertutup penuh, seperti running atau kets membuat sepatu kesayangan kita tersebut mengeluarkan bau. Maka, ada baiknya jika dalam rentang waktu paling sedikit seminggu dua kali, hendaknya sepatu tersebut dijemur di bawah panas atau hangatnya sinar matahari. Menjemur sepatu dapat membantu memusnahkan bakteri-bakteri yang menyebabkan sepatu yang menyebabkan lembab dan bau. Karena musnahnya bakteri-bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap, kenyaman dan kepercayaan diri akan meningkat.

2. Usahakan menyimpan sepatu pada suhu ruangan

Hal yang memang paling dianjurkan adalah menaruh sepatu di tempat yang sesuai dengan suhu ruangan. Biarkan sepatu pada suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab. Pada area penyimpanan sepatu, disarankan agar disertakan bubuk kopi atau penyegar lemari yang disimpan dalam satu wadah lalu diletakan dengan area rak sepatu. Jadi tidak hanya sepatu yang terjaga, tetapi suhu sekitar tempat suatu tetap terjaga. Catatan yang penting! Jangan pernah menyandingkan sepatu yang basah dengan sepatu yang kering, diharapkan sebisa mungkin dipisahkan ya.

3. Gunakan sedikit Baking soda

Kalian juga punya alternatif lain dengan menggunakan baking soda. Caranya sendiri mudah, yaitu dengan membungkus sekitar  1 sendok teh baking soda pada sebuah kain lalu ikatkan dengan karet dan letakan buntalan baking soda tersebut ke dalam sepatu. Kemudian taruh di tempat dengan suhu ruangan yang pas. Pasti keesokan harinya bau yang tidak sedap lama-lama akan menghilang. Apabila masih belum berhasil coba cara selanjutnya ya.

4. Pakailah kamper atau bila perlu kapur barus

Selain menggunakan baking soda, apabila sepatu sudah kering, kalian juga bisa menggunakan kamper pakaian yang umum dan mudah ditemukan di warung dekat rumah. Adapun cara menggunakannya begitu mudah yaitu dengan membungkus sebutir atau dua butir kamper pada sehelai tisu ataupun plastik yang sudah di lubangi dengan jarum dan masukan kedalam sepatu lalu beberapa waktu biarkan. Bisa dipastikan bau tak sedap yang menyengat dari sepatu berangsur-angsur akan menghilang.

5. Kantung teh celup juga bisa bermanfaat

Adapun cara lain yang dapat digunakan jika kalian tidak punya kamper atau baking soda. Kalian hanya perlu menyediakan kantung teh celup. Karena teh celup cukup unik dibungkus dengan kertas saring jadi lebih praktis. Kalian hanya tinggal menaruh kantung teh celup yang kering tersebut ke dalam  sepatu.

Dari beberapa cara di atas, manakah yang menurut kalian paling praktis dilakukan? Atau manakah yang paling mudah untuk kalian lakukan? Selalu menjaga kebersihan sepatu kalian ya. Karena kebersihan sebagian dari Iman.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar dengan facebook