Beranda Fotografi dan Videografi Persiapan Sebelum Memulai Foto Bagi Seorang Fotografer

Persiapan Sebelum Memulai Foto Bagi Seorang Fotografer

749
1
BERBAGI

Persiapan Memulai Foto

Memulai Foto – Bagi seorang fotografer dan videografer tentu pernah merasakan hal yang rumit dalam mempersiapkan bahan peralatan yang akan dibawa untuk memulai foto atau memulai membuat video. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan apabila kamu ingin motret, mulai dari apa yang harus dibawa hingga tahap mengecek semua kesiapan.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman mengenai persiapan yang harus kamu siapkan sebelum memulai untuk motret, mulai dari mengecharge batteri hingga memilih pakaian.

Mengecek Kesiapan

Hal yang harus dipersiapkan pertama yaitu mengecas semua batteri yang akan digunakan mulai dari battery kamera, lampu hingga powerbank yang mungkin diperjalanan kamu akan kehabisan daya batteri handphone.

Tahap selanjutnya yaitu memilih kamera, lensa ataupun peralatan lainnya. 1. Kamera: pilih kamera yang sesuai dengan kondisi kamu dilapangan, bila kamu ingin motret ke luar negeri usahakan menggunakan kamera yang memilik bobot kecil, sehingga tidak perlu ditaruk di bagasi, tinggal taruk di tas gendong kamu. 2. Lensa: Bila kamu motret travelling atau travelling fotografi, usahakan menggunakan lensa zoom yang nanti akan memudahkan kamu ketia ingin mendapatkan jangkauan yang luas atau perlu melakukan zoom terhadap object, jadi tidak perlu mengganti-ganti lensa. berbeda dengan motret di studio, mungkin kamu bisa lebih leluasa mengubah-ngibah lensa. tapi kalau diluar kalian mengubah-ngubah lensa, takut ada debu yang masuk ke kamera dan mengakibatkan kinerja kamera terganggu dan kotor. 3.Tripod dan Flash: Buat para pecinta fotografi tentu sumber cahaya harus selalu dibawa karena untuk mendapatkan foto yang lebih menawan. Jangan lupa peralatan pendukung untuk pencahayaan atau lighting.

Baca Juga: Hal Penting Menguasai Kamera Sebelum Turun Ke Lapangan

Bersihkan semua peralatan sebelum anda berangkat motret untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar, mulai dari body kamera, debu pada lensa, tripod hingga peralatan pendukung lainnya. Dan tidak lupa kamu jug aharus membersihkan tas yang akan digunakan.

Dan yang terakhir kamu perlu mengetes semua peralatan yang akan digunakan, cobalah motret sedikit sebelum berangkat, pastikan kamera, battery yang akan dibawah sudah mencukupi nantinya.

Daftar Barang Bawaan

Mungkin kamu akan bingung apa yang harus dibawah untuk memulai foto, tapi tenang, kali ini saya akan mengelist semua peralatan yang harus kamu bawa, berikut peralatannya:

  • Kamera (Kalau ada kamera cadangan, silahkan bawa)
  • Lensa
  • Minimal 8GB Memori
  • Minimal 2 Batteri Kamera + Charger
  • Battery Lampu + Adapter + Lampu Flash (Kilat)
  • Pembersih Body (Blower, Lap, Kuas Pembersih)
  • Filter Lensa (Variabel ND, Gradual)
  • Wireless Trigger + Receiver
  • Laptop (jika dibutuhkan)
  • Light stand + Tripod
  • Plastic Water Resistant + Alat Tulis
  • Lampu LED

Sekian tips tentang persiapan untuk memulai foto, semoga bermanfaat dan jangan lupa subscribe channel youtube kami.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here