Beranda Pendidikan Buat Kalian Yang Masih Memiliki Orang Tua, Perbanyaklah Lakukan Ini

Buat Kalian Yang Masih Memiliki Orang Tua, Perbanyaklah Lakukan Ini

137
1
BERBAGI

Beruntunglah buat kalian yang masih memiliki orang tua, dengan begitu masih ada banyak hal yang bisa dilakukan terutama yaitu “berbuat baik kepada orang tua”.

Sebagai insan yang sholih/sholihah nih guys, sebaiknya kita harus berbuat baik kepada orang tua. Berbuat baik kepada kedua orang tua itu merupakan suatu kewajiban yang telah diperintahkan oleh Allah kepada kita sebagai anak. Dan pastinya kita sebagai anak pengen tahu apa sih keutamaan kita berbuat baik kepada orang tua? Dengan berbuat baik kepada orang tua, Allah akan memberikan kefadholan/keutamaan yang sangat besar, diantaranya:

1. Diterima amal baiknya dan diampuni dosa-dosanya

Siapa yang tidak mau semua amalan baik kita diterima oleh Allah dan juga semua dosa-dosa kita diampuni? Tentu kita mau bukan, bagaimana tidak!!! Allah SWT menyuruh kita untuk berbuat baik kepada orang tua karena orang tua merupakan orang yang telah berjasa untuk membesarkan atau merawat kita dari waktu kecil yang tidak tahu apa-apa sapai kita seperti ini dapat mengetahui segala hal mulai dari belajar membaca, menulis dan menghitung.

Coba bayangkan betapa begitu susahnya melahirkan kita, mengandung sampai dengan menyapih kita hingga dewasa. Jadi, banyak-banyaklah berbuat baik kepada orang tua ya! Supaya dosa-dosa kita diampuni dan amalan baik kita diterima oleh Allah.

2. Termasuk amalan yang afdhol dan besar pahalanya

Jika kita berbuat baik kepada orang tua, maka beruntunglah kita!! Karena ini merupakan amalan yang afdhol setelah “sholat pada waktunya”. Sebab orang tua merupakan perhiasan atau permata yang harus kita jaga dan rawat. Sebagai anak, kita tidak boleh membantah atau tidak mematuhi aturan dan perintahnya serta menjaga nama baiknya. Mumpung orang tua kita masih hidup, kita harus berbuat baik kepadanya. Karena dengan amalan tersebut, kita akan mendapat pahala yang besar dan temanilah mereka semasih mereka hidup karena bagaimanapun mereka sangat berjasa kepada kita yang telah merawat dan mendidik serta mengubah menjadi diri kita yang sekarang ini. Dan apabila orang tua kalian diantaranya ada yang telah tiada (meninggal dunia) maka tugas kalian adalah untuk mendoakannya karena melalui do’a anak shalih/shalihah maka niscaya do’a tersebut akan terkabul (mustajab) sebab do’a seorang anak kepada orang tuanya yang telah tiada merupakan amalan keutamaan kita sebagai anak.

Untuk itu, jika kalian ingin menginginkan pahala yang besar perbanyaklah berbuat baik kepada orang tua semasih hidupnya mereka.

3. Mendapat keridhoan dari Allah

Buat Kalian Yang Masih Memiliki Orang Tua
Buat Kalian Yang Masih Memiliki Orang Tua

Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, apakah kita tidak ingin mendapatkan keridhoan dari Allah? Jika iya, bagaimana sih caranya mendapatkan ridhonya Allah?

Dengan berbuat baik kepada orang tua kita akan mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Hal ini bisa terwujud sebab jika kedua orang tua meridhoi pada diri kita maka Allah akan juga ridho.

Kalau kita sudah mendapatkan keridhoan dari Allah maka otomatis akan berpengaruh pada kehidupan kita. Hidup kita didunia akan lancar dan barokah, selalu mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Allah. Jadi, jika kita ingin hidup kita didunia nyaman, tentram, dan damai maka jangan lupa berbuat baik kepada orang tua ya guys! Karena ridhonya Allah SWT ada pada ridhonya orang tua dan murkanya Allah SWT juga ada pada murkanya orang tua.

4. Menjadi sebab atau perantara terkabulnya do’a

Terkadang kita tidak tahu kapan kita akan mengalami kesulitan dan bahkan kita tidak tahu bagaimana jalan keluarnya. Disaat-saat itulah pasti kita sangat mengharapkan pertolongan dari Allah SWT. Siapa sih yang tidak mau disaat waktu yang sulit seperti itu, kita berdo’a terus langsung dikabulkan oleh Allah SWT?? Pasti itu yang paling diharapkan bagi kita. Apalagi ketika lagi susah-susahnya, untuk itu buat kalian guys  yang masih mempunyai orang tua, segeralah berbuat baik kepadanya. Karena apa?? Karena merupakan salah satu dari tiga macam do’a yang dikabulkan, yang tidak ada keraguan didalamnya. Selain itu, dapat menjadi perantara terkabulnya do’a ketika kita mengalami kesulitan. Insyaallah kesulitan itu akan hilang.

5. Mempermudah masuk kedalam surga

Ngomong-ngomong bicara tentang surga, siapa sih yang nggak mau ketika mati kita bisa masuk surga? Pasti semua mau kan!! Termasuk saya sendiri, hehehe! Iya, surga itu merupakan kenikmatan tiada taranya dibandingkan dunia. Bagaimana tidak!! Karena kenikatan hidup didalam surga itu tiada habisnya seperti pepatah “dunia sementara akhirat selama-lamanya”. Ya kata pepatah itulah yang menunjukkan bahwa kita hidup didunia ini guys hanya sebentar saja sementara di akhirat itu selamanya. Untuk itu, marilah kita banyak-banyak berbuat kebaikan terutama kepada orang tua biar kita bisa masuk surga dengan mudah.

6. Memanjangkan umur dan menambah rezeki

Hampir setiap orang pasti menginginkan didalam hidupnya diberikan banyak rezeki ynag halal, baik, dan barokah serta dipanjangkan umur kita sehingga bisa memperbanyak amalan semasa kita hidup didunia. Jika kita ingin hidup kita didunia ini, seperti itu!! Maka jawabannya ya, banyak-banyaklah berbuat baik kepada orang tua sebab dengan begitu Allah memberikan keutamaan bagi hambanya tersebut salah satunya yaitu dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya.

Sumber : Yazid bin Abdul Qodir Jawas. 2016. “Birrul Walidain Berbakti Kepada Orang Tua”. Pustaka Imam As’syafi’i.

Untuk baca artikel lainnnya klik disini 🙂

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here