Beranda Pendidikan Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013

Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013

723
0
BERBAGI

Daftar Isi Otomatis – Haii guys. Dalam artikel pendidikan kali ini akan membahas mengenai Microsoft Word. Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang termasuk dalam Microsoft Office, dimana dalam program ini terdapat menu-menu yang secara praktis dan simpel dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan seseorang.

Namun, tidak jarang masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Misalnya, seseorang dibebankan untuk membuat laporan pada suatu organisasi atau instansi, berlembar-lembar sampai subbab dalam laporan tersebut ibaratnya tidak dapat dihitung lagi, maka membuat daftar isi secara otomatis akan sangat membantu.

Apalagi, jika laporan tersebut harus direvisi secara berulang-ulang, maka daftar isi yang disusun secara manual akan melelahkan, tetapi dengan daftar isi otomatis dapat diupdate secara cepat dan praktis.

Langsung aja ke langkah-langkah membuat daftar isi secara otomatis sebagai berikut.

Pertama tentunya kita harus buka file laporan fix yang tinggal disusun daftar isinya pada program Microsoft Word, terserah menggunakan versi berapa, tapi kali ini akan digunakan Microsoft Word 2013. Misalnya kita buka file Belajar Membuat Daftar Isi sebagai berikut.
Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013Cara membuka file pada Microsoft Word dapat dilakukan dengan memilih menu File-Open, atau CTRL+O.
Setelah itu, kita harus memberikan heading pada judul dan masing-masing subbab. Biasanya judul diberikan heading 1, subbab diberikan heading 2, sub subbab diberikan heading 3 dan seterusnya. Apabila langsung diberikan heading maka hasilnya tulisan akan berubah font dan warnanya, maka sebelum diheading 1 harus kita modify dengan cara klik kanan heading-modify, maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.
Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013Pada bagian formating, sesuaikan font, size dan warnanya, lalu klik OK. Untuk heading 2 dan heading 3, langkah-langkahnya sama dengan heading 1. Lalu tandai judul dan subbab dengan heading, caranya cukup blok kata dan pilih heading 1 atau heading 2, dst. Apabila telah di heading, maka apabila kita klik View-Navigation Pane, maka disebelah kiri tulisan akan muncul subbab yang telah diheading.
Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013Apabila line spacing dirasa kurang rapi, dapat dirapikan kembali di akhir. Setelah itu, sisipkan kata DAFTAR ISI sebelum judul. Bagian ini untuk menempatkan daftar yang akan dibuat.
Langkah selanjutnya yaitu pilih menu References-Table of Contents-Automatic Table 1. Maka secara langsung akan tersusun daftar isi tersebut beserta halamannya sebagai berikut.

Baca Juga: Tips Menulis Novel dengan Benar
Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013Hasil setelah dirapikan terlihat pada gambar berikut.
Belajar Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word 2013Langkah membuat daftar isi secara otomatis telah selesai dilakukan. Sangat mudah dan praktis. Sebagai seorang pelajar, mahasiswa atau pekerja kantor, membuat laporan secara lengkap dan rapi tetap diperlukan, salah satunya dengan semaksimal mungkin memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan program, Microsoft Word misalnya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel pendidikan selanjutnya (red-fii).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here