Beranda Gaya Hidup 8 Makanan Luar Negeri yang Cocok untuk Lidah Indonesia

8 Makanan Luar Negeri yang Cocok untuk Lidah Indonesia

191
2
BERBAGI

Indonesia adalah negeri yang kaya. Salah satu sektor kaya yang ada di Indonesia adalah kuliner. Terdapat ribuan resep makanan jika dijumlah dari seluruh daerah di Indonesia. Namun, makin lama zaman makin berkembang. Meski Warung Padang belum dapat tergantikan, sekarang makanan luar negeri, western atau makanan ala-ala kebaratan sudah menjamur dimana-mana. Sebagai muslim pun sudah pasti kita pernah mencicipi atau bahkan ketagihan dengan cita rasa makanan luar negeri yang lebih “kalem” dibanding cita rasa kuliner Indonesia yang khas dengan penuh bumbu.

Selama makanan tersebut tersertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kita sebagai muslim tidak perlu takut untuk sekadar mencicipinya. Berikut adalah makanan yang berasal dari luar Indonesia yang sudah bersahabat dengan lidah orang Indonesia.

Burger

Siapa yang tidak kenal burger? Makanan yang berasal dari Hamburg, Jerman ini tersebar luas ke Amerika karena migrasi penduduknya. Paduan daging bakar atau panggang dengan roti dan sayuran memang sekilas tampak sangat lezat. Sekarang pun sudah banyak sekali restoran yang menyediakan menu burger, bahkan tak jarang, ada suatu brand yang khusus menjual burger. Perkembangannya pun tidak tanggung-tanggung, burger bahkan sudah ada dalam berbagai cita rasa khas Indonesia.

Pizza

Makanan yang berasal dari Italia ini memang memiliki rasa yang khas. Cara membuatnya pun juga sangat unik. Berbahan dasar tepung yang diolah sedemikan rupa, ditambah toping yang menggugah selera, dan dipanggang atau di-oven sesuai dengan tetepatan akan menghasilkan pizza yang sangat menggoda. Untuk di Indonesia, harga pizza masih relatif mahal. Tapi tenang, di zaman internet seperti ini tidak sulit untuk menemukan resep pizza home made. Bagaimana? Tertarik membuat pizza dengan topping sesuka hati? Jangan ragu mencobanya ya sobat muslim..

Sushi

Jika berbicara tentang sushi pasti yang teringat pertama kali adalah makanan yang mentah. Maklum ya sobat, makanan yang berasal dari Jepang ini memang seringkali menghidangkan nasi, nori, atau bahan-bahan lain dengan ikan yang belum dimasak alias mentah. Jepang adalah negara dimana konsumsi ikan paling tinggi dibanding makanan lain. Didukung dengan luasnya perairan otomatis menjadikannya produsen ikan yang tinggi.

Nah hebatnya orang Jepang adalah mereka tidak sungkan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari negara mereka sendiri, seperti ikan. Dan jika kamu mencari di internet tentang kandungan vitamin kompleks, protein, dan lainnya dari seekor ikan, dijamin sobat muslim akan merasa beruntung masih bisa makan ikan. Siapa yang tidak mau makan ikan? Tenggelamkan!

Cap cay

Nah, kalau menu yang satu ini dijamin matang kok sobat. Masih dari negara Jepang, capcay berisi sayuran dan seafood. Capcay adalah menu andalan pendamping nasi yang sangat serasi. Perpaduan kuah yang panas dengan lezatnya udang, kepiting, ikan, dan lainnya membuat semangkuk capcay serasa surga bagi perut kita. Di Korea Selatan, capcay disebut dengan JapChae, masih mirip ya penyebutannya. Wah, pantas orang Jepang pintar-pintar ya. Yuk mulai makan ikan..

Kebab

Kamu mau ke Turki? Coba Kebab-nya aja dulu. Rasanya di kota-kota besar sudah tidak asing dengan makanan khas Asia Tengah yang satu ini. Kalau kamu pecinta daging sapi, kambing, atau domba, maka kamu wajib mencobanya. Daging yang langsung diasapi ditempat, ditambah sayuran segar, diselimuti kulit tortila yang lembut akan menggoda kamu mengunjungi negaranya. Dijamin! Sekarang pun sudah banyak bisnis jenis francise dengan produk Kebab, jika banyak yang menjualnya itu berarti bisnis yang menjanjikan bukan?

Kwetiau

Ini dia sahabat sejawat nasi goreng dan mie goreng. Kwetiau sudah sangat mudah kita temui. Kalau aslinya kwetiau dibuat berkuah dengan rasa berbumbu yang sangat terasa, makin lama rasanya disesuaikan dengan selera lidah Indonesia. Kalau kami ke penjual gerobak nasi goreng kamu pasti juga akan bertemu dengan kwetiaw ini. Sangat lembut dan kenyal dengan ukuran yang lebih lebar dan tipis dari pada mie lainnya membuat sensasi memakannya semakin pas.

Ramen

Kalau tadi kita membahas kwetiaw nah sekarang kita membahas saudaranya yaitu ramen. Lagi-lagi masih kuliner asal Jepang yang masih digemari oleh masyarakat Indonesia. Awalnya, agak sulit menemukan ramen, biasanya dijual di restoran Jepang. Namun, sekarang sudah banyak ramen instan kemasan yang praktis dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Makanan berkuah ini lebih nikmat jika ditambah daun pre, nori, daging ham dan juga telur setengah matang. Silakan dicoba dan rasakan cita rasa khas Jepang.

Samyang

Kalau tadi dari Jepang, yang satu ini berasal dari Korea Selatan. Sangat amat direkomendasikan untuk kamu pecinta pedas. Suguhan mie kenyal dengan bumbuh pedas khas Korea Selatan membakar adrenalinmu! Sekarang ini sudah banyak kemasan instannya juga loh, kemasan dalam cup juga ada. Untuk halal atau tidaknya, kamu bisa bernapas lega karena sekarang mie asal Korea Selatan ini sudah aman dan dinyatakan halal oleh MUI dan BPOM.

Eits, tapi jangan sering tergoda ya sobat muslim, karena sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan fast food tidak baik bagi kesehatan tubuh. Yuk lebih selektif lagi dengan apa yang kita makan. Apapun makanannya, mulainya Bismillah.

Komentar dengan facebook

2 KOMENTAR

  1. […] Kuliner Ayam Goreng memang tak pernah berhenti memberikan inovasi dan kreasinya. Ayam goreng yang biasa disajikan dengan perpaduan tekstur yang crispy, garing, dan renyah di luar serta lembutnya daging ayam. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia yang jumlahnya ratusan juta ini jadi menggandrunginya. […]

Comments are closed.