Beranda Pendidikan Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka Otomatis

2030
0
BERBAGI

Daftar pustaka otomatis – Haii guys. Di artikel pendidikan sebelumnya telah kita bahas mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis. Dalam artikel pendidikan kali ini membahas tentang cara membuat daftar pustaka secara otomatis. Bagi sebagian orang, membuat daftar pustaka tidaklah sulit, hanya saja sebagian orang tidak konsisten dalam membuat daftar tersebut. Daftar pustaka ini selalu terdapat di akhir suatu karya ilmiah. Hal ini karena setiap karya ilmiah harus dapat dipertanggungjawabkan isi dan sumbernya. Sebelum membahas mengenai cara membuat secara otomatis, ternyata dalam penulisannya itu sendiri memiliki bermacam-macam style, diantaranya Turabian Style, Harvard Style, Vancouver Style, American Psycological Association (APA) Style, Chicago Style atau kombinasi dari berbagai style. Setiap style tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Diantara beberapa style tersebut, style penulisan  yang sering digunakan yaitu Harvard Style dan APA Style yang juga sering digunakan oleh peneliti dan instansi-instansi ilmiah. Penulisan daftar pustaka juga berbeda-beda untuk setiap jenis sumber, misalnya buku, jurnal, prosiding dan sebagainya. Sehingga apabila disusun secara manual tidak akan efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan Microsoft Word, maka kita akan mampu membuat secara praktis.
Next, selanjutnya langsung aja ke langkah-langkah dalam membuat daftar pustaka secara otomatis.
Pertama kita buka Microsoft Word segala versi, namun kali ini saya akan menggunakan Microsoft Word 2010. Sebelum kita membuat, tentunya kita harus menyiapkan berbagai sumber yang menunjang isi karya ilmiah yang telah disusun. Misalnya kita akan membuat daftar pustaka tentang sumber yang kita peroleh dari buku Operations Research Model-model Pengambilan Keputusan yang disusun oleh Tjutju Tarliah Dimyati dan Ahmad Dimyati, yang diterbitkan oleh Sinar Baru Algesindo pada tahun 2003 di Bandung; serta tentang sumber yang telah diperoleh dari jurnal milik Sany Yuliani dan Ardi Pujiyanto denga judul Media Pembelajaran Goal Programming Berbasis Multimedia yang tergabung dalam Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Jurnal ini telah memiliki e-ISSN: 2338-5197, diterbitkan Februari 2014, volume 2, halaman 969-981. Maka kita dapat membuat daftar pustaka secara otomatis berdasarkan informasi tersebut. Caranya yaitu dengan klik References-Manage Sources, sehingga akan muncul kotak dialog sebagai berikut.

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka OtomatisKlik New, maka akan muncul tampilan berikut.

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka OtomatisPada sumber pertama, tipenya yaitu Buku. Maka pada Type of Source dipilih Book. Lalu isikan informasi-informasi pada baris-baris yang telah disediakan seperti berikut.

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka OtomatisKlik OK. Langkah selanjutnya kita mengisikan informasi mengenai sumber yang kedua yang bertipe jurnal artikel, maka klik New, lalu pada pilihan Type of Source pilih Journal Article. Lalu isikan informasi yang dibutuhkan seperti berikut.

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka OtomatisKlik OK-Close.
Cara menampilkan daftar pustaka pada lembar halaman word yaitu dengan cara pilih menu References-Bibliography-Bibliography, maka secara otomatis daftar pustaka telah tersusun secara urut. Hasilnya yaitu sebagai berikut.

Langkah Praktis Membuat Daftar Pustaka OtomatisSekian artikel pendidikan kali ini mengenai daftar pustaka. Semoga bermanfaat untuk semua pihak. Nantikan artikel-artikel pendidikan selanjutnya (red-fii).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here