Beranda Gaya Hidup Langkah-Langkah Menghindari Pemakaian Gadget yang Berlebihan

Langkah-Langkah Menghindari Pemakaian Gadget yang Berlebihan

114
0
BERBAGI
Hindari Pemakaian Gadget yang Berlebihan

Bagi sebagian orang gadget adalah separuh hidupnya. Gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Seringkali merasa hampa tanpa gadget. Di mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, benda kecil itu selalu berada dalam genggaman. Tetapi, sudah jelas loh bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus. Oleh karena itu, bacalah langkah-langkah dalam menghindari pemakaian gadget yang berlebihan!

BACA JUGA: Bahaya Pengguanaan Gadget Yang Berlebihan Bagi Kehidupan Sehari-hari

1. Jangan melihat jam di gadget anda

Menghindari Pemakaian Gadget – Usahakan untuk menggunakan jam tangan pada saat berpergian. Hal ini dilakukan agar anda tidak terbiasa membuka gadget pada saat ingin melihat jam. Dikarenakan melihat jam di gadget anda dapat menyebabkan keterusan bermain gadget. Anda akan mulai melihat beberapa notifikasi yang muncul pada layar gadget anda. Kemudian tertarik dan akan membuka beberapa applikasi sampai lupa waktu. Padahal tujuan utama anda hanyalah melihat jam. Oleh karena itu, usahakan menggunakan jam tangan atau tanyalah pada orang di sekitar anda.

2. Jangan mendengarkan lagu di gadget pada saat belajar

Pada saat belajar, kebanyakan orang memilih sembari mendengarkan lagu. Mereka merasakan ketenangan dalam dirinya dan membuatnya lebih fokus. Mereka memilih mendengarkan lagu lewat gadget yang dimilikinya. Padahal dalam hal ini, seringkali beberapa orang memilih membuka gadgetnya dan mengganti lagunya. Namun di luar hal tersebut, pasti tanganmu akan gatal untuk mengecek notifikasi dan membuka applikasi lainnya. Kemudian menjadi keterusan sampai lupa bahwa anda sedang belajar. Maka, hindarilah mendengarkan lagu di gadget anda pada saat belajar. Jauhlkan gadget dari pandangan anda dan simpanlah baik-baik.

3. Matikan gadget pada saat di charge

Biasanya orang-orang yang mencharge gadget akan selalu mengecek berapa persen baterai yang telah terisi. Jika gadget dalam keadaan menyala, sudah dapat dipastikan bahwa anda bukan hanya sekadar mengecek berapa daya yang telah terisi. Tetapi anda juga akan mengecek sosial media yang anda miliki. Sampai anda keasikan dan tidak peduli dengan gadget yang sedang di charge. Hindarilah menyalakan gadget pada keadaan menyala. Sebaiknya matikan gadget anda terlebih dulu. Selain bisa menghindari pemakaian gadget yang berlebihan, hal ini juga dilakukan agar gadget anda tidak cepat rusak.

4. Keluarlah dari sosial media

Sosial media merupakan pemicu dari diri anda yang tidak bisa terlepas dari gadget. Sebaiknya hapus sosial media anda. Karena sosial media adalah candu yang terdapat dalam gadget. Jika anda tidak bisa atau tidak rela untuk melakukannya, anda bisa untuk keluar dari sosial media yang anda miliki. Cobalah untuk masuk ke dalam sosial media seminggu sekali saja agar anda mulai terbiasa. Cara ini dilakukan agar anda tidak terlalu sering bermain gadget.

5. Pedulilah dengan lingkungan sekitar

Ketika anda sibuk bermain dengan gadget, maka pandangan anda hanya terfokus kepada sebuah layar kecil yang anda genggam. Hal ini seringkali membuat anda para pecandu gadget lupa akan kehadiran orang-orang dan lingkungan sekitar. Bahkan saat berkumpul dengan keluarga atau teman pun anda lebih memilih sibuk dengan gadget anda. Gadget membuat anda kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Cobalah untuk menyimpan gadget anda pada saat di keramaian dan mulailah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar agar anda tidak memakai gadget secara berlebihan.

Jangan lupa untuk menerapkan langkah-langkah tersebut dalam hidup anda ya mulai hari ini. Bermain gadgetlah seperlunya. Semoga langkah-langkah tersebut dapat berhasil. Jangan lupa sertakan niat. Selamat menerapkannya!

Komentar dengan facebook