Beranda Pendidikan 3 Cara Ampuh untuk Lancar Berbicara di Depan Umum

3 Cara Ampuh untuk Lancar Berbicara di Depan Umum

116
1
BERBAGI

3 Cara Ampuh untuk Lancar Berbicara di Depan Umum

Salam kebahagiaan bagi sobat kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara lancar berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum adalah tantangan bagi semua orang tanpa terkecuali, berbicara menjadi kunci untuk seseorang menilai kualitas yang ada pada diri orang lain.

Baca Juga: Mengenali Definisi Jati Diri Lebih Dalam

Sejak kecil hingga sekarang kita hidup tidak pernah lepas dari kebiasaan untuk berbicara, hanya saja yang membedakan adalah berbicara untuk khalayak orang banyak atau hanya berbicara untuk khalayak seorang. Orang yang berbicara didepan khalayak orang banyak cenderung tidak percaya diri dengan apa yang akan dibicarakan karena berpikir apa yang yang akan dibicarakan kemungkinan akan mendapatkan respon yang tidak baik dari kalangan orang banyak sedangkan orang yang berbicara hanya untuk khalayak seorang cenderung membawakanya dengan santai sehingga tidak ada rasa khawatir untuk menyampaikannya.

Lancar Berbicara – Seperti yang diungkapkan oleh Kim Sin II (Mantan Menteri Pendidikan dan Menko Pendidikan, mantan dosen Universitas Seoul) yang mengungkapkan bahwa “Ucapan berperan menunjukan karakter seseorang, sehingga harus dilatih secara khusus dan penuh perhatian. Sayangnya lembaga pendidikan saat ini tidak lagi mencurahkan banyak waktu dan tenaga untuk melatih cara bicara”. Berikut 3 Cara Ampuh untuk Lancar Berbicara di Depan Umum:

1. Penampilan yang Baik

Penampilan yang mendukung untuk tampil berbicara didepan umum akan membuat rasa percaya diri meniningkat karena dengan penampilan yang baik maka orang akan berfikir bahwa apa yang akan disampaikan sudah disiapkan dengan matang. Banyak juga dari kalangan artis yang mulai memperhatikan gaya rambut dengan sering datang ke salon hanya untuk menunjukan nilai bahwa dirinya siap untuk memberikan penampilan yang baik didepan umum. Begitu juga dengan pakaian juga perlu untuk diperhatikan saat akan tampil didepan umum karena pakain dengan gaya baik akan menunjukan bahwa anda memiliki gaya tersendiri.

2.Selalu tersenyum

Selalu Tersenyum
Wajah yang selalu memancarkan keceriaan dengan tebar senyum memiliki daya tarik sendiri bagi kalangan orang banyak. Senyum cerah yang terpancar diwajah menunjukan ketenangan dalam diri seseorang sehingga dapat menarik hati orang yang melihatnya menjadi gembira. Sama halnya saat anda akan membayar dibagian kasir di mall besar atau di alfamart pasti kesan pertama kali yang diberikan oleh sang kasir adala senyum cerah yang dilakukan dengan tujuan untuk menarik perhatian dari pelanggan.

Pelayan di bagian kasir melakukan senyum cerah diawali dengan latihan berulang kali baik didepan cermin maupun menaikkan sudut bibir dengan cara menggigit pulpen.
Ada tiga hal yang akan membantu anda dapat membiasakan diri untuk memiliki senyum cerah.

Pertama, anda cukup lemaskan otot wajah dengan teratur. Kedua, anda harus teratur untuk menarik sudut bibir di depan kaca dengan ini anda akan mengetahui bibir mana yang tidak naik. Ketiga, anda anda lafalkan kata-kata yang serupa dengan waikiki, cookie, dan whiskey. Maka mulailah dari sekarang membiasakan diri untuk selalu tersenyum.

3.Sikap Percaya Diri
3 Cara Ampuh untuk Lancar Berbicara di Depan Umum

Rasa percaya diri wajib dihadirkan oleh anda yang akan menjadi pembicara di depan banyak orang. Rasa percaya diri yang kuat akan mendorong anda untuk mampu memberikan penampilan yang spketakuler karena anda akan mampu menyampaikan apa yang sudah dikonsep dengan baik dapat tersampaikan dengan lancar. Mari kita ingat Bernie Sanders yang memiliki kekurangan saat berbicara di depan umum yakni sikap tubuhnya yang bungkuk akan tetapi hal itu dapat diatasi dengan Bernie Sanders menguatan rasa percaya diri dalam dirinya untuk dapat memberikan penampilan yang maksimal.

Percaya diri dapat dibangun dengan membiasakan diri untuk berbicara didepan banyak orang walaupun pada awalnya merasa sulit tetapi jika kebiasaan itu sudah berhasil ditanamkan pada diri anda makan anda tidak akan lagi mengenal rasa takut untuk berbicara di depan umum dan anda akan merasa anda pantas untuk menjadi pembicara handal karena sudah merasa lancar untuk berbicara di depan umum.

Itulah beberapa cara untuk yang merasa tertantang untuk berbicara di depan umum. Selamat untuk mencoba dan untuk menjadikan beberapa cara diatas menjadi kebiasan dalam hidup anda.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here