Beranda Pendidikan Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui Mengenai Mata Kuliah “KKN” yang Ada di...

Hal-Hal yang Harus Kalian Ketahui Mengenai Mata Kuliah “KKN” yang Ada di PTN Indonesia

122
0
BERBAGI

KKN – Selamat datang di artikel Kinay lagi, selamat datang juga buat kamu yang masih menggenggam janji setia namun dia tidak lagi. Gimana nih, udah lama ya Kinay gak muncul. Ada yang kangen ngga? Emm wkwk.

Oke gaes, sebelumnya Kinay mau curhat tipis-tipis dulu ya. Kinay mau klarifikasi ketidakmunculan Kinay untuk beberapa waktu yang lalu. Jadi, ketidakmunculan Kinay itu disebabkan karena…….Karena Kinay sok sibuk gaes, maklum lah ya udah semester lansia, dimana tiap malem sering mimpiin dosen, sering dikejar deadline dan sering tidur gak nyenyak gaes. Belum lagi masih KKN hhmmmmmm (sambil nyanyi lagunya Nisa Sabyan).

Oh ya gaes, barusan Kinay nyebut-nyebut KKN ga sih? Nah itu gaes. Salah satu alasan kenapa Kinay tiba-tiba menghilang wkkw. Sekarang mending bahasan Kinay tentang itu KKN aja ya, sekalian curhat tipis-tipis lah ya soal pengalaman KKN Kinay. Langsung aja ke bahasan topik kali ini ya.

Sebelumnya Kinay mau tanya dulu ya, diantara kalian yang udah pernah ngalamin KKN siapa aja? Terus gimana rasanya? Seru ngga? Atau malah kalian pada ga mau ngikut KKN lagi? Eeemm perasaan kok Kinay nanya mulu ya gaes wkwk. Maafin Kinay gaes.

Next Kinay bakal bahas beberapa point about KKN yang biasanya dirasain oleh mahasiswa-mahasiswi lansia hehe. Langsung aja ya gaes check it out !.

KKN? Apa sih itu?

Kuliah Kerja Nyata atau KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata, bukan Korupsi Kolusi atau Nepotisme loh ya. KKN merupakan salah satu mata kuliah yang wajib bagi beberapa perguruan tinggi. Namun ada juga beberapa perguruan tinggi yang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh mata kuliah ini, dengan persyaratan di ganti dengan mata kuliah yang setara dengan KKN, semisal PPL (Praktik Kerja Lapangan) atau magang di beberapa perusahaan yang sesuai bidangnya.

KKN tidak seperti mata kuliah pada umumnya lo gaes. Mata kuliah pada umumnya dipelajari atau diajarkan setiap minggu dalam kelas dan disampaikan oleh dosen. Tapi beda dengan KKN gaes. KKN nih, biasanya dilaksanain pada akhir semester, dan pelajaran yang di dapat pun bukan tentang materi gaes, tapi tentang pengalaman. U know lah that experience is dabest teacher.

Mengapa demikian? Yaps itu karena KKN merupakan bentuk pengabdian kita sebagai mahasiswa kepada masyarakat, karena mahasiswa merupakan penentu nasib bangsa menuju kehidupan yang lebih baik. (Ceilah bahasa nya tinggi amat yak). Yah artinya gaes, selama di KKN, secara tidak langsung kalian semua akan berinteraksi dengan masyarakat dan disitulah kalian di tuntut untuk menyampaikan apa yang udah kalian dapet selama kuliah sampai sejauh ini.

Jadi, jangan kira di KKN kalian cuma sekedar pindah tidur, pindah kos atau pindah kontrakan loh ya gaes. Hal penting yang wajib kalian ketahui gaes, kalo sebenernya KKN itu seru. Kalian bakal dapet banyak pengalaman disana. Kalian bakal ngerasain gimana rasanya jadi seorang inilah itulah (yang sesuai dengan tempat dimana kalian KKN). KKN juga akan mengajarkan kalian tentang arti kebersamaan, tanggung jawab, kekeluargaan dan hal semacemnya yang ga bisa kalian dapet kecuali dari KKN.

Kenapa ada KKN?

Kuliah Kerja Nyata atau KKN
Kuliah Kerja Nyata atau KKN

Seperti yang sudah Kinay bilang tadi gaes, kalau KKN merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Jadi, intinya percuma kalian kuliah pinter-pinter tapi ilmu yang kalian dapet nggak sedikitpun kalian bagi kepada masyarakat. Harapannya dengan adanya KKN ini para mahasiswa dapat berkontribusi secara nyata dengan meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk sebisa mungkin dapat mengembangkan potensi desa dimana mereka ditempatkan pada waktu KKN.

Oleh karena itu, dalam KKN akan dibentuk program kerja (proker) yang tujuannya untuk mengembangkan nilai atau potensi desa yang ada. Bentuk proker yang dijalankan dapat berupa pengabdian seperti berbagi ilmu kepada anak- anak didesa atau sebagainya, pengembangan potensi desa yang dapat bernilai ekonomis dan pemberian pelatihan atau penyuluhan tentang suatu hal dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Youtube Marketing

Nah, dengan adanya KKN ini setidaknya kalian bisa berbagi apa yang sudah kalian dapet selama beberapa semester di bangku kuliah meskipun hanya untuk beberapa kurun waktu (karena KKN hanya dilakukan sekitar 1-2 bulan saja). Selain itu, KKN juga penting bagi mahasiswa itu sendiri untuk bisa memahami arti kehidupan. bahwa tak selamanya hidup yang dijalani sekarang akan bertahan untuk kedepannya. Tak hanya itu saja, alasan mengapa KKN menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi beberapa kampus karena dengan KKN juga akan melatih mahasiswanya untuk memperdalam kemampuan berorganisasi.

Yaps. Betul sekali gaes. berhubung KKN biasanya dilakukan secara berkelompok dengan mahasasiwa lintas jurusan / prodi, sehingga kita dituntut untuk membangun kerja sama yang baik antar satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain. Tidak hanya itu, kita juga harus pinter-pinter memahami berbagai karakter teman kelompok kita. Nah, disinilah kalian diharapkan dapat berorganisasi dengan baik, karena akan ada banyak sekali perbedaan perbedaan yang akan terjadi di antara satu temen dengan yang lainnya.

Gimana KKN dilakukan?

Berbicara soal teknis KKN, kinay kurang begitu paham ya gaes. Tapi pada umumnya kurang lebih sama seperti KKN yang sudah kinay rasakan. Kalau di Univ Kinay sih ya biasanya alurnya tuh kayak gini gaes :

  1. Daftar online di web Univ
  2. Penyerahan berkas kelengkapan persyaratan KKN
  3. Pembagian kelompok oleh pihak kampus
  4. Penentuan Dosen Pembimbing Lapang (DPL)
  5. Pembekalan oleh DPL
  6. Survey lokasi KKN
  7. Pemberangkatan KKN
  8. Penyerahan pada pihak desa
  9. KKN dan monitoring oleh DPL dan pihak kampus (di Kinay namanya LPPM)
  10. Penarikan mahasiswa KKN
  11. Selesai

Jadi secara garis besar, nantinya kalian akan di tempatkan di sebuah desa yang (bisa dibilang) terpencil selama kurun waktu satu atau dua bulan. Selama kurun waktu itu kalian akan tinggal di desa yang sudah di tetapkan sebelumnya (oleh pihak kampus) dengan kondisi desa yang (mungkin) amat sangat berbeda dengan kondisi lingkungan yang biasanya kalian tinggal.

Selama KKN kalian akan berinteraksi langsung dengan warga di desa setempat, atau boleh jadi kalian juga turut membantu aktivitas yang dilakukan oleh warga setempat setiap harinya. Jadi pas KKN anggep aja kalau kalian adalah salah satu warga desa itu, bukan hanya mahasiswa KKN yang hanya tinggal satu atau dua bulan saja.

Biar apa coba? Biar kalian tau gimana keadaan atau kondisi sebenernya di desa yang kalian tempati selama KKN. Pesen Kinay buat kalian kalian yang biasa hidup mewah agar jangan kaget atau merasa males kalo nanti pas KKN kalian akan sedikit susah (sedikit loh ya gak banyak). Karena memang seperti itulah yang namanya KKN.

Dimana kalian akan beradaptasi dengan lignkungan baru yang mungkin tidak kalian suka, jauh dari perkotaan, susah sinyal, susah air, bahkan ada yang jauh dengan aliran listrik. Jadi mereka hanya menggunakan penerang seadanya. Nikmati aja gaes, karena dibalik itu kalian bakal dapet sesuatu yang bahkan tak bisa ternilai harganya.

Apa manfaat KKN?

Kuliah Kerja Nyata atau KKN

Setiap sesuatu yang diadakan oleh siapapun pasti ada manfaat yang akan kita dapatkan, seperti halnya dengan KKN. Banyak manfaat yang dapat diperoleh khususnya bagi mahasiswa sendiri. Menurut Kinay sih, manfaat KKN itu sampek gak bisa dijelasin satu satu. Tapi kalau secara garis besar dengan KKN mahasiswa bisa mendewasakan diri dalam hal berpikir, bersikap, dan bertindak, melatih bagaimana dapat menyelesaikan suatu masalah yang terjadi, serta mealtih kemandirian untuk menjadi bekal kita dalam kehidupan bermasyarakat nantinya.

Untuk pihak kampus, dengan adanya KKN dapat meningkatkan citra positif di kalangan masyarakat dan sekaligus untuk menarik para calon mahasiswa untuk mengenal kampus. Sedangan untuk desa sendiri dengan adanya KKN akan membantu desa untuk dapat mengembangkan potensi desa yang ada serta memajukna desa agar lebih baik kedepannya.

Untuk kali ini, bahasan tentang KKN dan seluk beluknya cukup sampai disini dulu ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Nantikan artikel selanjutnya dari Kinay, masih dalam bahasan yang sama yaitu KKN. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Simpati lah pada sesuatu hal, lalu kamu akan merasa empati kepadanya dan kelak kamu akan jatuh hati terhadapnya – Kinay, 2018”