Beranda Gaya Hidup Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

288
0
BERBAGI

Manfaat Kunyit – Kunyit atau kunir merupakan salah satu anggota famili Zungiberaceae yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mengenal kunyit sebagai salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang unik. Keunikannya terletak pada warna kuning yang dihasilkannya. Warna kuning yang dihasilkan kunyit ini didapat dari kandungan zat kurkumin yang terdapat didalamnya. Kunyit juga termasuk salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan oleh para kaum ibu dalam setiap masakannya. Tanaman dengan nama latin yaitu Curcuma longa Linn. dan Curcuma domestica Val. tersebar di hampir semua wilayah Asia Tenggara terutama Indonesia. Oleh karenanya tidak heran kunyit dijadikan salah satu rempah khas Indonesia.

Nah selain bermanfaat sebagai bumbu dapur kunyit juga memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh terutama bagi kaum hawa yang ingin merawat kecantikan diri. Dengan hanya menggunakan kunyit sebagai bahan utama untuk perawatan wajah kamu dapat menghemat biaya untuk membeli produk-produk kecantikan. Selain itu kunyit juga merupakan bahan alami yang dijamin tidak akan menimbulkan efek samping seperti produk-produk perawatan wajah kimiawi. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat kunyit untuk merawat kecantikan kulit terutama kulit wajah.

1. Memutihkan dan mencerahkan kulit

Manfaat Kunyit – Memiliki wajah yang putih mulus berseri adalah dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkannya tak heran banyak wanita yang rela merogoh kantong dalam-dalam dengan melakukan perawatan mahal di salon. Namun bagi kamu yang tidak mempunyai banyak uang untuk melakukan perawatan kecantikan, kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah. Untuk perawatan memutihkan wajah misalnya, kamu cukup menggunakan campuran kunyit dan susu bubuk. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Langkah pertama kamu harus menghaluskan kunyit terlebih dahulu kemudian setelah halus baru dicampur dengan susu bubuk dan sedikit air. Setelah itu aduk hingga merata dan siap untuk diaplikasikan pada wajah. Kandungan antioksidan pada kunyit ampuh untuk melawan kulit kusam dan tanda-tanda penuaan. Sedangkan susu bubuk dapat melembabkan dan menutrisi kulit.

Jika kamu tidak memiliki susu bubuk dirumah, tenang saja. Kamu masih dapat memutihkan wajah dengan menggunakan campuran kunyit dan tepung beras. Caranya kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan dengan tepung beras secukupnya. Kemudian beri sedikit air dan aduk hingga merata. Setelah siap campuran tsb dapat kamu oleskan secara merata dan diamkan sekitar 10-15 menit.

Kandungan zat tirosinase dalam tepung beras mampu mengontrol produksi melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu tepung beras juga kaya akan allantoin dan vitamin B yang mampu merangsang regenerasi kulit yang rusak karena paparan sinar matahari.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat Kunyit – Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Sebagai antiinflamasi kunyit mampu mengurangi peradangan akibat jerawat. Selain itu kunyit juga bersifat antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat, kamu dapat menggunakan campuran kunyit dengan sedikit yogurt atau madu. Aduk higgga menjadi pasta kental. Pakailah secara teratur selama sekitar 15 menit untuk mendapatkan wajah mulus bebas jerawat.Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan 3. Pemerah bibir alami

Kandungan kurkumin yang tinggi pada kunyit dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik tdak hanya untuk kuliit tapi juga untuk bibir. Jika kamu ingin mencerahkan atau membuat bibirmu merah secara alami kamu dapat menggunakan kunyit dan dan madu. Caranya cukup ambil sebuah rimpang kunyit kemudian cuci bersih dan irisi sedikit. Kemudian celupkan pada sedikit madu dan usapkan pada bibir secara merata. Tunggu hingga lima menit kemudian bilas dengan air hangat. Karena ini terbuat dari bahan alami maka kamu perlu melakukan perawatan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik

4. Menghilangkan pigmentasi atau penggelapan kulit

Jika kamu merasa kulit kamu sering terpapar sinar matahari dan mulai menggelap, maka itulah yang dinamakan pigmentasi. Pigmentasi sendiri berarti perubahan warna kulit. Nah jika perubahan yang terjadi semakin membuat kulitmu menggelap maka itu disebut hyperpigmentasi. Paparan sinar matahari berlebihan dan efek samping penggunaan pil KB serta perubahan hormanal selama kehamilan diduga menjadi pemicu munculnya hyperpigmentasi ini. Untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan jus lemon atau jus mentimun. Kadungan vitamin C yang tinggi dalam jus lemon membantu meregenerasikan sel-sel kulit yang rusak. Sementara kandungan kurkumin dalam kunyit berperan sebagai antioksidan yang menjaga kulit kamu dari radikal bebas.

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Demikianlah khasiat kunyit untuk kecantikan. Selain itu kunyit juga biasa dikonsumsi sebagai jamu tradisional yang menyehatkan badan. Perawatan kecantikan dengan kunyit sebaiknya dilakukan secara rutin demi hasil terbaik dan tanpa efek samping. Selamat mencoba