Beranda Gaya Hidup 8 Khasiat Memakan Kentang Bagi Kesehatanmu

8 Khasiat Memakan Kentang Bagi Kesehatanmu

197
0
BERBAGI

Apakah Anda pernah memakan Kentang? Kentang yang diolah seperti apa yang kamu sukai? Pasti setiap orang memiliki kesukaan olahan kentangnya sendiri.

Khasiat Kentang – Adapaun yang perlu kamu ketahui, bahwa di Indonesia kentang merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Meskipun bukan menjadi makanan pokok layaknya nasi. Kentang biasanya dimakan berbarengan dengan nasi. Walaupun agak unik, tapi sebetulnya ini salah kaprah. Menu makanan yang dikombinasi seperti itu memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Dan kiranya agak sulit diatasi karena sudah menjadi kebiasaaan.

Artikel kali ini bukan untuk membahas kebiasaan masyarakat Indonesia. Artikel ini lebih mengarah kepada bagaimana kentang menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa menjadi sumber energi dalam tubuh. Faktanya, kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang hampir dikonsumsi di seluruh negara. Dan memang kentang di beberapa negara Asia dan Eropa menjadi makanan karbohidrat utama. Sejatinya, kentang merupakan makanan pengganti gandum dan nasi.

Berikut ini beberapa khasiat atau manfaat apabila Anda suka makan kentang:

1. Terhindar dari kanker dan tumor

Kandungan vitamin khususnya Vitamin B6 banyak terdapat di dalam kentang. Kandungan kentang ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencegah terjadinya kanker prostat dan bermacam tumor. Dengan mengkonsumsi kentang memiliki khasiat untuk mengurangi kemungkinan sel kanker menyebar dengan sangat cepat.

2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Sudah banyak diketahui bahwa kentang bisa menjadi pengganti nasi untuk dikonsumsi sebagai makanan utama atau sumber karbohidrat utama. Dari beberapa penelitian, kentang lebih banyak mengandung potasium yang cukup, maka kentang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Namun yang penting juga, jika ingin mengurangi kolesterol harus membuat olahan yang tepat. Kentang dapat digunakan untuk diet rendah kolesterol.

3. Menambah kesehatan tulang

Banyak yang belum mengetahui bahwa kandungan kalsium tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang kita. Maka dari itu, khasiat kentang yang mengandung kalsium, magnesium dan juga fosfor sangat baik untuk kesehatan tulang. Kegunaan kentang bisa dimanfaatkan bagi para manula yang mengalami kemunduran fungsi kerja organ dan tubuh terutama tulang.

4. Menurunkan hipertensi

Penderita hipertensi biasanya memiliki beberapa kendala dalam memilih makanan yang cocok untuk keadaannya. Kandungan kalium dan juga kalsium menurut beberapa ahli mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Kalium dan kalsium dari kentang mampu digunakan sebagai konsumsi yang aman dan nyaman bagi mereka.

5. Mengurangi penyakit batu ginjal

Memang kalsium dan zat besi dapat memicu munculnya batu ginjal. Namun, karena kentang juga mengandung magnesium, hal ini yang berbeda dengan nasi. Kentang justru dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Oleh sebab itu, penyakit batu ginjal biasa terjadi karena kekurangan serat dan juga sayuran dapat teratasi. Walaupun begitu, tidak serta merta bisa penderita batu ginjal sering memakan kentang, paling tidak penderita batu ginjal makan makanan yang melibatkan kentang di dalam olahannya.

6. Berpotensi menghindari serangan jantung

Siapa yang tidak ingin jantungnya sehat. Banyak orang berupaya untuk olahraga lari, senam maupun olahraga lainnya. Tujuannya semata-mata ingin mengupayakan jantungnya sehat. Dalam hal ini, kentang seperti sebelumnya, dapat menghindari hipertensi, maka jika kita rutin makan kentang kemungkinan serat dan kaliumnya juga bisa mengurangi potensi munculnya penyakit jantung. Lebih jauhnya, maka dapat memperkuat kerja jantung dan tidak rentan dengan apapun penyebab penyakit jantung. Meski harus diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat.

7. Kesehatan Gigi

Apakah Anda salah satu memberikan kentang kepada bayi Anda yang baru tumbuh gigi? Utamanya, memakan kentang yang baru direbus atau dikukus. Bentuk kentang yang seperti itu memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah dikonsumsi oleh bayi. Kandungan kalsium dan kalium yang bagus ditunjang dengan teksturnya yang lembut dapat membantu kesehatan gigi anak Anda.

8. Pembentukan sel menjadi lebih baik

Pembentukan sel yang lebih baik dapat dilakukan oleh Vitamin B6. Kandungan pada kentang memang tergolong cukup banyak dan beragam. Vitamin B6 dapat menolong para manula atau anak-anak dalam meregenerasi sel tubuh agar berjalan lebih baik dan optimal. Selain meregenerasi, kentang juga mampu memulihkan sel-sel yang rusak. Maka, apabila kita sedang sakit, memakan kentang secara rutin itu baik untuk kesembuhan diri.

Lalu, apakah Anda sudah rutin makan kentang? Ataukah Anda masih belum bisa move on dari kebiasaan memakan nasi? Baiknya sesekali Anda perlu coba memakan kentang. Tentu, untuk gaya hidup dan kesehatan Anda di masa depan.

 

Komentar dengan facebook