Beranda Gaya Hidup Kecanduan Gadget ? Ini Penjelasannya Menurut Sosiolog

Kecanduan Gadget ? Ini Penjelasannya Menurut Sosiolog

206
0
BERBAGI

Kecanduan Gadget  – Semakin berkembangnya jaman, berbanding lurus dengan semakin canggihnya suatu gadget. Sebut saja, smartphone yang saat ini hampir dimiliki oleh setiap orang di seluruh dunia. Sisi positif dari perkembangan gadget dan teknologi ini memang bisa dikatakan bermanfaat.

Dengan adanya gadget, kita dapat mendapatkan informasi lebih mudah, berbelanja tidak mesti langsung ke tokonya, berinteraksi dengan banyak orang dimana saja melalui sosial media dan masih banyak keunggulan lainnya.

Namun, dibalik sisi positifnya tentu ada terselip sisi negatifnya. Bahkan, banyak orang yang malah bisa dikatakan dengan kecanduan gadget. W

alau dianggap tidak berbahaya, ternyata kecanduan gadget ini juga bisa mempengaruhi kehidupan kita loh.

Kecanduan Gadget
Sumber: jurnalapps.co.id

Dilansir dari republika.co.id, Sosiolog di bidang jejaring sosial, Roby Muhamad menjelaskan bahwa saat ini sudah banyak orang yang kecanduan bermain gadget. Ungkapannya ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang berpendapat bahwa setiap orang selalu mengecek gadgetnya sebanyak 300 hingga 500 kali dalam sehari.

“Arti dari kecanduan itu sendiri sebenarnya bukan terletak pada berapa kali seseorang mengecek gadget-nya, melainkan bagaiman aktivitas dengan gadgetnya itu mempengaruhi aktivitas hariannya”, tutur Roby.

Seseorang dapat dikatakan telah kecanduan jika aktivitasnya dengan gadget membuat dirinya meninggalkan waktu untuk kegiatan yang lebih penting, misalnya bekerja, berkumpul dengan keluarga, atau mengurus diri sendiri.

“Contohnya seperti ini, jika kita merasa tidak bisa membuka website ataupun chat, lalu muncul perasaan ada sesuatu yang menghilang, itulah yang bisa dikatakan bermasalah”, lanjut Roby.

Hingga saat ini, fenomena kecanduan gadget ini masih menjadi perdebatan apakah termasuk sebagai patologi klinis atau tidak.

“Jika ditanya mengenai angkat ideal bersosial media yang sehat itu bagaimana, nah jawabannya masih belum ada”, tambahnya.

Bagi orang-orang yang merasa sudah kecanduan gadget, terutama bermain sosial media hingga lupa waktu. Sebaiknya mulai dari sekarang biasakan diri untuk menjauh dari gadgetnya secara perlahan-lahan dengan menyembuhkan kecanduan itu.

Menurut Roby, saat ini juga sudah banyak terapis ataupu konsultan psikolog yang dapat memberikan bantuan terkait masalah kecanduan gadget tersebut. Membebaskan diri dari kecanduan gadget memang bukan perkara yang mudah, dibutuhkan niat dan tekad yang kuat agar cepat sembuh dari kecanduan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here