Beranda Gaya Hidup Jenis Presentasi Mahasiswa yang Sering Kalian Temui di Bangku Kuliah

Jenis Presentasi Mahasiswa yang Sering Kalian Temui di Bangku Kuliah

87
2
BERBAGI

Jenis Presentasi – Selamat datang di artikel Kinay semuanya, dan selamat datang juga buat kalian yang masih kuat menahan dalam menghadapi sikap dingin darinya. Kalau gak kuat bilang ya gaes, takut hipotermia, kan bahaya nantinya. Di artikel sebelumnya, Kinay pernah membahas bagaimana cara presentasi yang baik dan benar. Untuk kali ini, Kinay akan membahas lebih sedikit fakta mengenai jenis presentasi yang biasanya mahasiswa lakukan.

Selama di bangku kuliah, Kinay melihat berbagai jenis presentasi yang dilakukan oleh teman-teman selaku agent of change. Satu orang dengan orang lainnya memiliki jenis presentasinya sendiri. Meskipun ada berbagai jenis presentasi, namun tujuan utama dari presentasi adalah tersampainya materi kepada audien. Percuma jika menurut pemateri sudah melakukan presentasi dengan baik, namun audien tidak mengerti dengan materinya. Jadi, yang paling utama adalah tersampainya materi kepada audien.

Jenis presentasi ini muncul karena faktor internal si pemateri, yaitu “karakter pemateri”. Karena jenis presentasi mencerminkan karakter dari si pemateri (mahasiswa). Misalkan ada pemateri setiap melakukan presentasi hanya membaca teks yang ada di power point, dari sini dapat diketahui karakter dari pemateri itu adalah malas, karena hanya membaca yang ada di power point. Simpel aja, kemungkinan tidak belajar dan tidak memahami materi.

Nah, jenis presentasi yang akan Kinay jelaskan kali ini bersumber dari pengalaman pribadi selama duduk di bangku kuliah. Jika ada kesamaan ya Alhamdulillah, jika berbeda mohon maaf. Yuk, langsung aja kita bahas satu-satu jenisnya.

Jenis Presentasi Mahasiswa

Presentasi – Full PPT

Full PPT memiliki arti sepenuhnya materi ada di Power Point. Jenis presentasi ini dalam menjelaskan sebuah materi, Mahasiswa hanya membacakan apa yang ada dalam slide power point-nya. Entah kebagian banyak slide atau satu slide saja, mahasiswa ini hanya membacakan text yang ada di slide ppt, tanpa memberikan tambahan penjelasan dari diri mereka sendiri.

Lantas buat apa dibacakan ulang yang sudah jelas terpampang di LCD?. Tentunya audien bisa membaca sendiri jikalau presentasinya seperti itu. Dari hal ini, penyampaian materi kepada audiens menurut Kinay bisa dibilang sangat kurang. Tentunya para audien akan merasa kurang puas dalam memahami materinya, serta membutuhkan penjelasan lebih mendalam terkait materinya.

Namun ada sebagian mahasiswa yang sengaja melakukan jenis presentasi ini, agar mendapatkan pertanyaan yang bisa langsung mereka jawab. Artinya pertanyaan yang diajukan sudah terjawab dalam ppt mereka. Karena dalam ppt yang disajikan biasanya hanya berisikan poin-poin dan penjelesan sedikit terkait materi tersebut. Dan untuk mahasiswa yang tidak sengaja melakukan jenis presentasi ini, dalam menjawab pertanyaan yang diajukan tergantung dari mahasiswa tersebut apakah ia menguasai materi atau tidak.

Presentasi – Semi PPT & Book

Semi PPT & Book memiliki arti sebagian materi ada di ppt, lalu sebagian lagi ada di buku atau referensi lainnya. Jenis presentasi ini dalam menjelaskan sebuah materi, pertama-tama si mahasiswa menjelaskan materi dengan membacakan poin dan penjelasan sedikit yang ada di slide ppt, kemudian dilanjutkan dengan membacakan materi dari catatan kecil ditangannya yang sengaja dia buat atau dari buku, makalah, atau referensi lainnya.

Penyampaian materi dari jenis presentasi ini dapat dikatakan membosankan. Bagaimana tidak? audien hanya diam dan mendengarkan mereka membacakan buku atau referensi lainnya sampai selesai. Artinya hanya terpaku pada 1 hal tersebut. Dari hal ini, penyampaian materi kepada audiens menurut Kinay bisa dibilang agak kurang. Karena membaca ulang yang ada di referensi sampai selesai cenderung membuat para audien tidak konsentrasi, jenuh dan bosan.

Apabila ada pertanyaan mengenai materinya, mahasiswa dapat langsung menjawabnya jika ada penjelasan di referensi yang dibaca. Jika pertanyaan terkait kasus atau memerlukan penalaran dalam menjawab atau tidak ada penjelasan dalam referensinya, kemungkinan ia akan sedikit kebingunan dalam menjawabnya.

Presentasi – Point & Improve

Point & Improve memliki arti poin dan pengembangan materi. Jenis presentasi ini dalam menjelaskan sebuah materi, pertama-tama si mahasiswa menjelaskan materi dengan membacakan poin-poin yang ada di slide ppt, yang kemudian di setiap poinnya akan dijelaskan dengan bahasa mereka sendiri, yaps bersumber pada pemahaman mereka.

Penyampaian materi dari jenis presentasi ini dapat dikatakan agak seru. Karena penjelasan yang diberikan oleh mahasiswa tidak terpaku pada buku, melainkan menggunakan bahasa mereka sendiri. Jadi, para audien pasti akan mendengarkan materi yang dibahas. Dari hal ini, penyampaian materi kepada audiens menurut Kinay bisa dibilang lumayan tersampaikan. Alasannya sudah jelas karena saat menjelaskan materi tidak membosankan & monoton.

Apabila ada pertanyaan terkait materi yang dipresentasikan, mahasiswa ini pastinya bisa menjawab dan mampu menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri. Pertanyaan terkait kasus atau sejenisnya, kemungkinan besar mahasiswa ini bisa menjawabnya. Karena mahasiswa sudah lumayan memahami materi yang ia presentasikan.

Presentasi – Full Improve

Full Improve memiliki arti sepenuhnya pengembangan materi. Jenis presentasi ini dalam menjelaskan sebuah materi, si mahasiswa tanpa memperhatikan slide ppt yang sudah dibuat. Mahasiswa ini langsung tanpa basa basi menjelaskan materinya, tanpa bantuan catatan atau referensi lainnya. Seakan-akan materinya ada di luar kepalanya. Artinya mahasiswa sudah sangat paham terkait materi yang dipresentasikan.

Penyampaian materi dari jenis presentasi ini dapat dikatakan lumayan seru. Karena dalam penyampaiannya yang keren seperti seseorang profesional di bidangnya dapat menyita perhatian audien agar tetap diam dan memperhatikan saat ia menjelaskan. Audien yang mendengarkan seakan kagum dengan cara penjelasan materinya. Dari hal ini, penyampaian materi kepada audiens menurut Kinay bisa dibilang tersampaikan. Alasannya satu yaitu tidak terpaku pada teks di buku/ppt.

Apabila ada pertanyaan dari audien mengenai semua materi yang disampaikan, mahasiswa ini pastinya bisa menjawab dan mampu menjelaskan jawabannya secara gampang dan mudah dimengerti oleh para audien. Karena si mahasiswa sudah paham betul terkait materinya.

Presentasi – With Experience

With Experience memiliki arti materi ditambah dengan pengalaman. Jenis presentasi ini dalam menjelaskan sebuah materi, pertama-pertama si mahasiswa menjelaskan secara gamblang materinya yang ia presentasikan, lalu kemudian ia tambahkan dari pengalaman-pengalaman hidupnya. Materi beserta pengalaman nyata dari si mahasiwa akan membuat pemahaman materi audien itu semakin meningkat.

Penyampaian materi dari jenis presentasi ini dapat dikatakan seru. Kenapa bisa Kinay katakan seru? Karena penyampaian materi memadukan 2 hal, yaitu teori dan pengalaman sendiri yang berarti fakta. Teori dan fakta akan sangat menyita kosentrasi dari para audien. Sehingga dari hal ini, tersampai atau tidaknya materi kepada para audien, menurut Kinay itu pasti akan sangat tersampaikan. Karena jenis presentasi ini sangat seru, dan membuat audien akan merasa rugi jika ada yang terlewatkan.

Apabila ada pertanyaan yang mudah maupun sampai yang sangat sulit, kemungkinan besar si mahasiswa selaku pemateri akan sangat bisa menjawabnya dan membuat para audien puas akan penjelasannya.

Presentasi – Ghost

Ghost memliki arti materi yang dibawakan oleh pemateri hantu. Hantu apa? Bukan hantu beneran kok gaes, hantu yang Kinay maksud ini hanya sebuah perumpaan buat pemateri yang tidak hadir dalam presentasi sehingga anggota kelompok lainnya harus meng-cover bagian materinya. Tidak bertanggung jawab kan? Iya pasti. Masih untung kalau dia datang saat kerja kelompok. Coba saat kerja kelompok dia tidak datang, lalu saat presentasi tidak datang, ini nih beneran yang disebut hantu.

Disamping pemateri hantu ada juga yang setengah hantu, yaitu saat diajak kerja kelompok tidak datang, namun saat presentasi ia hadir. Saat presentasi ia biasanya gopoh dan meminta bagian materinya, alhasil ia hanya membacakan teks yang ada di ppt, lalu duduk kembali. Kesel gak nih? Kalau ada teman kayak gini? Enaknya di apain ya gaes?.

Jadi…

Terserah kalian mau menggunakan jenis presentasi yang mana. Toh, tujuan utama dari presentasi itu adalah tersampainya semua materi yang sudah dijelaskan dan si pemateri mampu menjawab semua pertanyaan yang ada dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga audien puas akan jawaban tersebut.

Jenis Presentasi Mahasiswa (2)

Oke, mungkin itu saja penjelasan mengenai jenis-jenis presentasi mahasiswa dari Kinay. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Jangan sok kuat dan sok rela, jika ada rasa ya sampaikan bukan dipendam lalu dihilangkan – Kinay, 2019”

Komentar dengan facebook

2 KOMENTAR

Comments are closed.