Beranda Fotografi dan Videografi Jenis Jenis Film Yang Biasa Diproduksi Dalam Berbagai Keperluan

Jenis Jenis Film Yang Biasa Diproduksi Dalam Berbagai Keperluan

407
0
BERBAGI

Mengenal jenis Film

Jenis Film – Sebelum kita membahas berbagai teknis dalam pembuatan film di blog ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu berbagai jenis film yang bisanya di produksi oleh studio atau perusahaan yang bergerak di dunia perfilmman. mungkin sekilas yang anda lihat di telivisi hanya sinetron dan iklan tapi kategori tersebut sebetulnya dibagi lagi menjadi berbagai jenis lainnya.

Berikut akan saya jelaskan berbagai jeni film yang perlu anda ketahui sebelum beranjak lebih jauh mempelajari pembuatan film secara teknis.

1. Film Dokumenter

Setiap film tentu ada berbagai tujuan yang ingin dicapai, sama halnya dengan film dokumenter tentu ada tujuan yang ingin dicapai oleh sutradara yaitu sebagai penyebaran informasi berupa pendidikan, propaganda bagi orang atau kelompok tertentu. biasanya dalam film ini menyajikan realitas melalui berbagai cara dan dibuat untuk berbagai macam tujuan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Film semacam ini biasanya dapat kita saksikan di telivisi seperti National Geographic atau Animal Planet, dan berbagai media yang menyediakan konten video seperti youtube. seiring perkembangnya teknologi dan kemudahan dalam penyebaran informasi, banyak orang yang mendokumentasikan aktivitas sehari-hari yang diupload di youtube.

2. Film Cerita Pendek

Film ini biasanya memiliki durasi yang pendek yaitu dibawah 60 menit, seringkali film semacam ini diproduksi oleh mahasiswa jurusan film, atau orang yang hanya ingin berlatih membuat film. tak terlepas dari itu semua kemungkinan jenis film ini memang sengaja dibuat untuk di pasok ke rumah produksi atau saluran telivisi.

Untuk melihat film pendek seperti ini, sekarang di media youtube sudha berterbaran karya anak bangsa.

3. Film Cerita Panjang

Selanjutnya film cerita panjang yang biasa disebut feature length film memiliki durasi yang lebih panjang dari short film yaitu sekitar 90 hingga 100 menit umumnya diputar di bioskop, namun tak tertutup kemungkinan ada juga film india yang memakan waktu hingga 180 menit bahkan lebih.

Baca Juga: Modal Utama Menjadi Sutradara

4. Iklan Telivisi

Biasa disebut commercial, tujuan utama dari film semacam ini yaitu untuk memperkenalkan produk ataupun layanan masyarakat seperti puskesmas, bidang kesehatan dan lainnya. diera sekarang mungkin rumah produksi yang berskala kecil masih belum memproduksi film semacam ini.

meskipun durasi iklan itu sangat pendek yaitu sekitar 1menit bahkan cuma 30 detik nyatanya harganya sangat fantastis karena kamera yang digunakan sudah sangat fantastis serta editingnya juga sangat detail bahkan VFX dan animasi sudah sangat waw.

5. program Telivisi

Film ini dibuat untuk penyebaran informasi para penonton telivisi, secara umum terbagi menjadi dua yaitu kelompok fiksi dan nonfiksi.

6. Video Klip

Video klik merupakan sarana bagi para produser musik untuk memasarkan produknya lewa berbagai macma media seperti youtube, dan berbagai media lainnya.

dalam proses editingnya sudah cukup detail mulai dari color correction, color grading.

Baca Juga: Belajar Editing dengan After Effect lengkap

7. Film Jenis Lain

Film jenis ini biasanya dibuat untuk kepentingan atau institusi tertentu berkaitan dengan kegiatan mereka. seperti profile company dan school profile, biasanya digunakan sebagai bahan presentasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here