Beranda Otomotif Jenis Alat Ukur Mekanik Untuk Servis Sepeda Motor

Jenis Alat Ukur Mekanik Untuk Servis Sepeda Motor

4056
0
BERBAGI

Alat Ukur Mekanik

Alat Ukur Mekanik – Dalam sebuah bidang otomotif dan berbagai bidang engineering lainnya pasti sudah mengenal namanya alat ukur mekanik, tak terlepas dalam sebuah lembaga pendidikan tingkat universitas atau SMA, biasanya saat praktikum kita diperkenalkan dengan alat ini. tak terlepas apabila kita ingin melakukan servis sepeda motor atau ingin masuk ke dunia otomotif, ada beberapa jenis atau macam alat ukur mekani yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

1. Mistar Baja

Alat Ukur Mekanik Mistar

Mistar baja sama halnya dengan penggaris, tapi dari bahan baja, biasanya digunakan pada kondisi di bengkel. mistar baja digunakan untuk mengukur satuan panjang, lebar dan tebal benda. dengan skala terkecil yaitu 1m dengan tingkat ketelitian 0,5 mm. tapi sangat susah untuk mengukur kedalaman sebuah lubar kecil serta susah mengukur spesimen yang memiliki ukuran lebih kecil dari 0,5mm.

2. Jangka Sorong

Alat Ukur Mekanik Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mistar atau penggaris. fungsi jangka sorong itu sendiri biasanya digunakan untuk mengukur sebuah diameter luar ataupun dalam sebuah spesimen, serta kedalaman lubang. dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 mm maka dapat disimpulkan bahwa akurasi pengukurannya lebih tinggi atau akurat dibandingkan dengan mistar biasa.

Bagian pada jangkar sorong pun terbagi dua buah besaran skala, yaitu skala dasar atau skala utama dan skala pembantu atau skala nonius. skala dasar menunjukkan pengukuran utama sedangkan skala nonius menunjukkan yang lebih teliti. jadi hasil total pengukuran dengan menjumlah nilai skala dasar dan nilai skala pembantu. contoh nilai skala utama 12 mm dan skala nonius 0,57 berarti hasilnya 12,57 mm

3. Mikrometer Sekrup

Alat Ukur Mekanik Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur diameter dan ketebalan komponen sebuah mesin atau sebuah spesimen kecil yang tidak memungkinkan diukur dengan alat ukur lainnya. mikrometer sendiri memiliki tingkat ketelitian yang lebih akurat dibandingkan jangka sorong dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01 mm.

Untuk pembacaah hasil pengukuran hampir sama dengan jangka sorong yaitu dengan menjumlahkan hasil pengukuran skala utama dengan pembantu. hanya berbeda bentuk dan cara pembacaannya.

4. Lidah Pengukur

Alat Ukur Mekanik Feeler Gauge

Lidah pengukur merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur celah antar bagian pada mesin. lidah pengukur memiliki ketebalan antara 0,03 mm sampai 1 mm dengan ketelitian sebesar 0,01. biasanya dalam servis digunakan untuk mengukur keregangan klep, celah bearing, busi dan keregangan ring piston.

Sekian informasi mengenai jenis alat ukur dari saya, semoga bermanfaat jangan lupa share pada temenmu yang lain ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here