Beranda Gaya Hidup Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Yang Harus Kamu Terapkan

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Yang Harus Kamu Terapkan

BERBAGI

Setiap orang pasti ingin punya tubuh yang sehat dan bugar sehingga dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan baik. Kenapa begitu?? Ya… tidak perlu dipertanyakan lagi karena memang kata “Sehat itu Mahal” masih berlaku dari dulu sampai saat ini dan hingga seterusnya.

Karena jika kita merasakan bagian dari tubuh kita sedang sakit, pekerjaan yang kita lakukan bisa terganggu dan kita perlu istirahat dari berbagai aktivitas. Sementara itu, belum lagi harus pergi berobat, membeli obat, dan minum obat. Pastinya akan banyak waktu dan uang yang akan terbuang. So, guys mulai saat ini yuks terapkan perilaku hidup bersih dan sehat!!! Berikut 10 cara terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

1. Menggunakan air bersih untuk memasak, mandi/cuci, dan kebutuhan minum.

Hai guys, penting banget nih buat kamu untuk memastikan air yang digunakan untuk memasak, mandi, mencuci piring, maupun baju dan juga minum adalah air bersih. Jika air yang kita gunakan untuk memasak misalnya dihinggapi lalat atau hewan lainnya kemudian masakan itu kita yang makan bisa jadi akan berdampak menyebabkan sakit perut yang tanpa kita tahu menahu hal tersebut disebabkan oleh air yang kita gunakan saat ini. Walaupun sakit perut terdengar seperti hal sepele, tapi pastinya gangguan pencernaan tersebut akan mengganggu aktivitas kita selanjutnya. Apalagi jika kita punya hal mendadak yang harus dikerjakan.

2. Mandi dan mencuci tangan memakai sabun.

Cuci tangan juga harus pakai sabun??? Yapp, tidak hanya mandi saja, mencuci tangan pun juga pastikan memakai sabun guys. Perlunya saling mengingatkan baik antara keluarga maupun teman untuk tidak lupa mandi dan mencuci tangan menggunakan sabun ketika akan melakukan suatu aktivitas, sebelum dan sesudah makan apalagi jika kamu biasa makan menggunakan tangan. Terutama jika kamu makan menggunakan sendok, selain mencuci tangan dengan sabun pastikan juga sendok yang kamu gunakan dicuci dengan sabun dan air bersih.

3. Makan dengan gizi yang seimbang.

Hidup Bersih dan Sehat – Makanan sehari-hari pastikan juga dengan gizi yang seimbang. Gizi seimbang yang dimaksud disini, yaitu pada saat kita makan supaya tidak lupa didampingi oleh sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita bisa membuat olahan sayur yang sederhana misalnya tumis kangkung dan sop untuk mendampingi pada saat makan dan buah-buahan seperti pisang sebagai makanan penutup.

4. Menggunakan jamban yang sehat untuk BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil).

Hidup Sehat – Jamban yang sehat?? Gimana sih maksudnya??? Jangan bingung guys, jamban yang sehat disini maksudnya jamban yang bersih dengan tempat air yang bersih juga. Jadi pastikan buat kalian menjaga kebersihan kamar mandi dan jambannya ya. Jangan lupa untuk membersihkan kembali kamar mandi setelah kalian BAB atau BAK.

5. Memberantas jentik nyamuk.

Hidup Bersih dan Sehat  – Yapp guys pentingnya kita sudah diajarkan bagaimana memberantas jentik nyamuk mulai dari menginjak Sekolah Dasar. Memberantas jentik nyamuk bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara menguras bak mandi atau tempat air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti kendi, drum dan lain-lain serta mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi tempat perkembang biakan nyamuk.

Jangan biarkan bak mandi tempat sumber air untuk kita mandi atau bak air tempat sumber air kita untuk keperluan memasak kita biarkan hingga berbulan-bulan tidak pernah dikuras sehingga terdapat jentik-jentik nyamuk yang jika tidak diperhatikan dengan benar mungkin jumlahnya banyak. Kita sebagai generasi muda disini, supaya memperhatikan hal itu guys, karena memang jentik nyamuk ini kasat mata karena ukurannya yang kecil, sehingga sering diabaikan.

6. Membuang sampah pada tempatnya.

Dimanapun kita berada, kiat supaya selalu membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Akan lebih baik lagi sebagai generasi muda, kita supaya membedakan antara tempat sampah basah dan kering, organik dan nonorganik. Mungkin di jalan raya, universitas-universitas, gedung-gedung sudah menerapkan pemisahan sampah tersebut, tapi masih ada banyak rumah-rumah yang belum menerapkannya.

Perlu diketahui guys pemisahan tempat sampah tersebut sangat membantu untuk proses daur ulang sampah yang dihasilkan. Mulailah dari sekarang untuk “membuang sampah pada tempatnya” sehingga sudah tidak ada tempat sampah yang berserakan dirumah maupun dijalanan. Lakukanlah juga “pemisahan sampah” mulai dari di rumah kita sendiri, sehingga memudahkan proses pendauran ulang sampah. Yuks guys sekalian kita wujudkan “Indonesia bersih”.

7. Menghindari makanan tertentu.

Makanan tertentu??? Makanan yang gimana maksudnya ya??? Oke guys, makanan yang harus kita hindari disini adalah makanan yang :

  1. Berperwarna tekstil
  2. Penyedap rasa/MSG yang berlebihan
  3. Berpengawet
  4. Minuman bersoda

So guys pahamkan maksudnya. Disini kita bisa mulai dengan mengurangi makanan cepat saji ya.

8. Melakukan aktivitas fisik.

Kita bisa mulai melakukan aktivitas fisik yang sederhana seperti berjalan atau berlari setiap pagi hari untuk menjaga kebugaran dan kekuatan tubuh kita. Jika terasa berat melakukannya, maka kamu bisa ajak teman-temanmu atau keluarga untuk olahraga pagi entah itu berjalan, jogging, atau bersepeda, sehingga olahraga pagimu terasa lebih menyenangkan dan tidak terasa.

9. Membersihkan rumah.

Ya guys kita harus rajin-rajin membersihkan rumah secara keseluruhan. Mulai dari menyapu, mengepel, dan membersihkan kaca. Jangan sampai rumah kita menjadi seperti rumah yang jarang ditempati ya guys, banyak debu sana-sini dan jaring laba-laba dimana-mana. Keep clean our home!!!.

10. Tidak merokok

Hal ini mungkin terdengar umum, tapi masih saja banyak yang mengabaikannya. Seperti yang kalian ketahui banyak sekali dampak negatif jika kita merokok. Misalnya saja jika kalian merokok didekat saudara kalian, ibu kalian, atau teman-teman kalian, dampak negatif merokok tersebut tidak hanya dirasakan yang merokok tapi juga untuk orang yang menghirup udara rokok. Bagaimana jika orang-orang yang kalian sayangi tersebut sakit??? Apalagi sampai saudara kalian, adik kalian dan teman kalian sampai meniru-niru untuk mencoba merokok?? Hmmm  bisa kalian bayangkan bagaimana akibatnya.

So guys, mari kita mulai sekarang terapkan  bersama “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” ya dimulai dari hal kecil yang sudah dijelaskan diatas.

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 2017 “Menjadi Orang Tua Hebat UNtuk Keluarga dengan Anak Usia SMA/SMK”

Untuk baca artikel lainnya klik disini.

 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here