Beranda Bisnis Pertama Kali Interview Kerja? 3 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui!

Pertama Kali Interview Kerja? 3 Hal Penting Ini Wajib Kamu Ketahui!

BERBAGI
Interview Kerja
source: independent.co.uk

Untuk pertama kalinya, kamu dapat email panggilan interview kerja di perusahaan idamanmu. Tentu ada rasa bahagia karena itu adalah kesempatan yang sudah kamu nantikan sejak wisuda bulan lalu.

Namun di sisi lain, barangkali kamu merasa cemas karena panggilan interview kerja itu merupakan yang pertama buatmu.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, “kira-kira besok bakal ditanyakan apa saja ya?” Atau, bisa saja kamu deg-degan dan sampai susah tidur karena pengalaman tersebut benar-benar baru pertama kali kamu rasakan.

Ya, hal itu wajar dirasakan oleh kamu yang baru pertama kali mendapat panggilan interview kerja. Walaupun, memang ada juga yang bisa dengan entengnya pasang gaya nothing to loose aja menyambut hari istimewa tersebut. Tetap saja, tak dapat dipungkiri bahwa perasaan harap-harap cemas akan selalu membayang-bayangi.

Terlebih, apabila kamu merupakan golongan yang sudah lamar sana-sini, sebar puluhan CV ke sana ke mari, menunggu berbulan-bulan tapi tak kunjung mendapat balasan dari perusahaan, padahal bener-bener butuh kerjaan. Dapat dipastikan kalau kamu bakal merasa kesulitan untuk melangkah dengan ringan menyambut kesempatan wawancara pertama itu.

Kondisi inilah yang sering membuat para pencari kerja melihat kesempatan wawancara pertama, ibarat permata, sangat berharga!

Interview Kerja
(source: moneysense.ca)

Apakah kamu salah satunya?

Bagi mereka yang sudah beberapa kali mencoba seleksi penerimaan karyawan, kadar cemas itu bisa dikurangi dengan menghibur diri.

Misal dengan berdialog dengan diri sendiri, “aku sudah pernah melakukan kok, pasti besok tidak akan jauh berbeda”. Tentu pengalaman interview kerja sebelumnya, bisa dengan mudah dibayangkan olehnya. Mengingat kembali apa yang ditanyakan dan jawaban apa yang sudah diberikan, lalu bisa menarik pelajaran sebagai persiapan menghadapi kesempatan wawancara kerja berikutnya.

Tapi, bagaimana bila ternyata kamu baru pertama kali ini mendapatkan panggilan interview? Sebelum akhirnya kamu terlarut dalam pikiran-pikiran negatif ketika akan menghadapi wawancara pertamamu, ketahuilah beberapa hal penting ini agar kamu lebih siap menghadapi interview kerja pertamamu!

Cemas Menghadapi Interview Kerja Pertama? Wajar Kok, Bahkan Itu Berguna

Ketika kamu cemas, khawatir, gugup alias grogi kamu perlu dikit-dikit belajar psikologi. Di sana kamu akan menemukan penjelasan bahwa kekhawatiran atau kecemasan itu bersumber dari adanya tekanan/tuntutan.

Dalam hal ini tekanan yang dihadapi berupa ‘kenyataan akan mengikuti wawancara kerja untuk pertama kalinya’. Nah, kenyataan itu menjadi sebab kenapa kamu merasa tertekan (stres) sehingga dirimu memunculkan respon berupa cemas.

Lagipula dalam perspektif keilmuan psikologi, ternyata stres tidak selalu buruk bagi manusia. Ada jenis stres yang baik bagi kesehatan mental, yakni eustress (stres baik). Stres ini berbeda dengan dan distress atau stres yang buruk.

Mengapa dikatakan baik, karena stres ini justru dapat menjadi alarm alias pengingat otomatis yang berasal dari dalam dirimu ketika ada sesuatu. Alarm tubuhmu berbunyi, “Kamu harus menyiapkan diri!”. Ini adalah perintah supaya kita bergerak, berusaha, bukan  berdiam diri saja.

Dengan kata lain, cemas menghadapi wawancara pertama, termasuk stres baik. Serupa dengan cemasnya anak TK yang mau masuk SD, cemasnya anak SD yang mau ikut lomba pidato, anak SMP yang gugup menghadapi Ujian Nasional, anak SMA yang takut ketahuan bolos pelajaran, mahasiswa yang berkeringat dingin menjelang sidang skripsi, atau sepasang kekasih yang cemas karena akan menikah esok hari. 

Berhentilah memadamkan kekhawatiran dengan berpura-pura baik-baik saja. Cemas itu akan mereda dengan sendirinya ketika kamu melakukan sesuatu. Alarm dirimu akan melirih sendiri kalau kamu sudah berusaha menyiapkan diri.

Kumpulkan Modal Sebelum Hari-H!

Jangan salah ya… ini bukan cuma modal buat ongkos berangkat ke tempat interview, tetapi juga modal pengetahuan dan keterampilan. Di zaman yang serba canggih ini dengan mudah kamu bisa mendapatkannya. Buat kamu yang nggak mau ribet, kamu bisa membelinya!

Supaya kamu nggak berangkat dengan tangan dan hati yang kosong, cobalah mencari informasi tentang seperti apa wawancara kerja itu dilakukan. Kalau kamu mau mencari pasti kamu akan menemukan sangat banyak blog atau website yang menyediakan artikel tentang wawancara dan dunia kerja pada umumnya.

Kalau kamu malas mencari dari banyak sumber, kamu bisa beli buku elektonik (e-book) atau pun buku cetak tentang wawancara. Nah, kalau kurang suka baca, kamu juga bisa cari informasi, tips, bahkan simulasi wawancara kerja dalam bentuk video yang banyak diunggah di internet.

Kamu juga bisa mencoba cara lain yang sangat sederhana. Coba cari dan ikuti akun sosmed mentor-mentor karir dan pengembangan diri. Simak, pelajari, pahami dan ikuti penjelasan mereka di sana. Yang penting, jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa dan malah menyalahkan perusahaan atas syarat-syarat kerja yang mereka ajukan.

Kenali Diri Sendiri

Topik bahasan dalam wawancara kerja sebenarnya tidak akan jauh-jauh dari dirimu sendiri.

Siapa kamu? Apa dan bagaimana kamu menyelesaikan pendidikanmu? Seperti apa kemampuan, kelebihan dan kelemahan yang kamu miliki? Dan semua tentang kamu, beserta jati dirimu.

Sayangnya saat ini masih banyak bertebaran pencari kerja yang bingung dan belum memahami dirinya sendiri sehingga pertanyaan-pertanyaan sederhana itu jadi terkesan rumit. Padahal, sebenarnya semua jawabannya tidak perlu repot dicari di luar sana, tetapi sudah tersedia di dalam dirimu sendiri. Walau sesekali, perlu juga kamu mendengar tentang pendapat orang-orang di sekitar mengenai dirimu.


Nah, itulah 3 hal penting yang wajib kamu ketahui ketika pertama kali mendapat panggilan interview kerja. Jadi bagaimana? Masih cemas? Ya sudah, let it flow dan selamat menjalani interview kerja besok.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.