Beranda Gaya Hidup Hal Kecil Yang Pasti Membuat Orang Tua Kalian Tersenyum Bahagia

Hal Kecil Yang Pasti Membuat Orang Tua Kalian Tersenyum Bahagia

69
0
BERBAGI

Hal Kecil – Selamat datang di artikel Kinay semuanya. Selamat datang juga buat kalian yang lagi menikmati rindu yang semakin menggerutu untuk bisa bertemu. Sabar ya gaes, terkadang rindu memang harus menggunung agar pertemuan bisa bernaung. Mantul, mantap betul. Oke, di artikel kali ini, Kinay akan membahas sedikit tentang bagaimana cara kalian sebagai anak untuk membuat orang tua kalian bahagia. Tidak perlu melakukan hal besar untuk membuat mereka bahagia, cukup lakukan hal-hal kecil yang mungkin bagi diri kalian itu biasa saja.

Kebahagiaan orang tua pasti muncul ketika anaknya menjadi orang yang sukses dan dapat bermanfaat bagi orang lain, bahagia dengan orang lain, lalu menikah, atau yang lainnya. Semua hal-hal besar memang pasti membuat orang tua bahagia. Namun, ada sedikit hal-hal kecil yang mungkin kalian lupakan, kalian lewatkan, atau kalian sepelekan yang tanpa sadar bisa membuat senyum di wajah orang tua kalian.

Tujuan utama dari seorang anak adalah membuat orang tuanya bahagia. Jadi, bersyukurlah kalian yang masih memiliki orang tua. Kalian masih memiliki kesempatan untuk membuat mereka tersenyum bahagia. Disamping membuat bahagia, anak yang berbakti dan berbuat baik kepada orang tua akan diberikan keutamaan oleh Allah SWT, seperti yang ada dalam artikel ini. Lantas, ketika kalian masih belum melakukan hal yang besar untuk membuat mereka bahagia, maka lakukan hal-hal kecil yang setidaknya bisa membuat senyum indah di wajah mereka. Hal-hal kecil seperti apa? Yuk langsung kita bahas!!!.

Hal-hal Kecil Yang Bisa Membuat Orang Tua Bahagia (1)
Hal-hal Kecil Yang Bisa Membuat Orang Tua Bahagia (1)

Hal Kecil – Call Them (Telepon Mereka)

Buat kalian yang sudah memiliki rumah sendiri, berkerja di luar kota atau sedang bersekolah di luar kota, telepon lah sesekali orang tua kalian. Telepon-lah mereka dengan sengaja meskipun tidak ada kepentingan. Tanyakan bagaimana kabar mereka, berbincang-bincanglah tentang kegiatan mu hari ini, atau apa saja yang sedang terjadi di rumah hari ini. Tidak perlu lama dan tidak perlu setiap hari, yang terpenting rutin menelepon mereka.

Menelepon memang sudah sering dilakukan. Namun bagi orang tua yang sedang jauh dengan anaknya, hal ini bisa jadi momen bahagia karena sang anak memberikan perhatian layaknya pasangan pada mereka. Perhatian yang mungkin jarang mereka dapatkan, karena kalian tidak bisa setiap hari ada di rumah. Menelepon juga bisa digunakan sarana untuk menyalurkan rindu. Mendengar suara kita dari telepon saja akan membuat mereka tersenyum.

Jangan menunggu mereka yang menelepon kita. Justru kita lah yang harus menelepon mereka terlebih dahulu. Ini merupakan hal kecil dan kalian semua bisa melakukannya. Namun, pada kenyataannya kita yang sering melupakan mereka karena terlalu sibuk dengan urusan kita. Jika ada yang seperti ini, berubahlah dan segera telepon orang tua kalian.

Hal Kecil – Go Home (Pulanglah Sebentar)

Tetap untuk kalian yang jauh dari rumah. Sejauh apapun kalian berada, setinggi apapun ambisi yang kalian miliki, dan sebesar apapun gaji yang kalian terima saat ini, pulanglah karena masih ada orang tua yang ingin melihat wajah kalian di rumah. Bagi kalian yang sudah memiliki pekerjaan di luar kota carilah kesempatan untuk pulang ke rumah, minimal 1x dalam sebulan. Untuk kalian yang memiliki rumah sendiri, pulanglah minimal 1x dalam seminggu. Sedangkan untuk yang bersekolah di luar kota, pulanglah juga minimal 1x dalam sebulan.

Pulang ke rumah selama beberapa hari memang merupakan hal kecil. Namun bagi orang tua, yang kalian lakukan itu merupakan hal yang besar. Karena mereka tau kalian bukanlah anak kecil lagi. Kalian sudah dewasa dan memiliki tanggung jawab lainnya, tapi kalian masih rela menyempatkan waktu kalian untuk bertemu mereka di rumah. Pastinya, ini merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi semua orang tua.

Hal Kecil – Help Without Being Told (Membantu Tanpa Disuruh)

Tidak hanya bagi anak yang tinggalnya jauh dari orang tua saja, bagi kalian yang tinggal bersama orang tua juga dapat membahagiakan mereka dengan hal-hal kecil, seperti misalnya membantu pekerjaan rumah tanpa disuruh. Hal ini berlaku tidak hanya bagi anak perempuan saja ya gaes, tapi juga bagi anak lelaki. Bagi kalian anak perempuan dapat membantu melakukan pekerjaan rumah seperti meyapu, mencuci, ataupun memasak. Sedangkan bagi kalian anak lelaki dapat membantu pekerjaan rumah seperti berkebun (jika ada), mencuci kendaraan, dan hal lainnya. Orang tua akan sangat senang jika kalian melakukan hal tersebut tanpa disuruh. Mereka akan merasa bangga karena memiliki anak yang suka membantu.

Jika kalian suka membantu orang tua kalian tanpa disuruh, suatu saat kalian akan dipermudah dan diberi kelancaran dalam hal apapun. Karena dengan membantu orang tua tanpa disuruh, orang tua pasti akan senang. Bisa jadi ketika orang tua kalian senang mereka akan mengatkan hal yang baik-baik kepada kalian. Tau kan kalau setiap kata yang diucapkan orang tua (apalagi ibu) adalah doa bagi anaknya. Jadi jika orang tua kalian mengatakan hal yang baik kepada kalian, itu sama artinya mereka sedang mendoakan kalian.

Hal Kecil – Do It !!! Don’t Refuse (Pantang Menolak Tugas)

Selanjutnya adalah pantang menolak tugas. Yaps. Kita sebagai anak memang seharusnya mengerjakan apa yang disuruh oleh orang tua kita. Tidak benar jika kita mengeluh ketika diberi tugas oleh orang tua, bahkan berkata “ah” atau “duh” pun kita tidak boleh ketika disuruh orang tua.

Jika memang kalian sedang capek atau tidak bisa melakukan apa yang diminta orang tua kalian, sebaiknya berkatalah dengan sopan tanpa mengeluh. Atau kalian bisa meminta untuk menunda permintaan orang tua kalian beberapa jam lagi. Asal jangan sampai mengeluh bahkan menolak apa yang orang tua kalian perintahkan. Namun selagi kita masih bisa mengerjakannya, maka cepatlah lakukan apa yang orang tua kalian minta. Paling tidak kalian bisa membantu mereka walau dengan hal kecil.

Hal Kecil – Please, Eat at Home (Makanlah Di Rumah)

Bagi kalian yang suka ngemil atau membeli makanan diluar rumah, Kinay saranin kurangin dari sekarang yaa. Karena kita juga belum tau makanan itu bersih atau tidak. Tapi bukan maksud Kinay menjelek-jelekan makanan diluar loh ya. Selain itu, menurut Kinay makanan rumah lebih nikmat dan lebih bergizi daripada makanan luar. Itu kenapa Kinay menyuruh kalian untuk mengurangi membeli makan diluar.

Makanan yang kita beli diluar rumah memang kadang lebih nikmat dan nyaman daripada masakan rumah. Tapi tau kah kalian kalau sebenarnya masakan rumahlah yang akan kalian rindukan ketika kalian sedang jauh dari rumah. Itu karena masakan dirumah dibumbui dengan rasa kasih sayang seorang ibu untuk keluarganya. Ibu dengan susah payah menyediakan makanan untuk anak-anaknya, meskipun hanya dengan menu sederhana. Namun rasa kasih sayangnya yang akan membuat rasa masakan rumah jauh lebih nikmat dari masakan luar. Seorang ibu akan senang apabila anak-anaknya menyukai masakan yang ia buat. Apalagi sampai memuji masakan yang ia buat. Sepele bukan? Tapi itu dapat membahagiakan hati seorang ibu.

Hal Kecil – Don’t Speak in a High Tone (Jangan Berbicara dengan Nada Tinggi)

Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk berbicara dengan sopan, apalagi dengan orang yang lebih tua. Janganlah kita berbicara dengan nada tinggi, karena itu tidak sopan. Orang tua adalah orang yang lebih tua dari kita. Karena itu sudaha seharusnya kita berbicara dengan baik kepada orang tua. Janganlah berkata kasar, apalagi samapi membentak orang tua. Sungguh hal itu amat sangat tidak disukai dalam ajaran agama apapun. Apabila memang orang tua kita sudah tua dan sudah mengalami gangguan pendengaran karena faktor usia, kita harus sabar ketika berbicara dengan mereka. Jangan sampai kita membentak mereka, karena ditakutkan orang tua kita akan salah paham sehingga dapat menyakiti hatinya. Tetaplah bicara pelan dan baik apabila keadaan orang tua kita seperti itu.

Hal-hal Kecil Yang Bisa Membuat Orang Tua Bahagia (2)

Oke, mungkin itu saja sedikit tips membahagiakan orang tua dengan hal-hal kecil dari Kinay. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Ketika kamu kecil, orang tua mu adalah bapak dan ibu mu. Dan ketika kamu sudah dewasa, kamu lah orang tua bagi bapak dan ibu mu. Kinay – 2019”

Komentar dengan facebook