Beranda Pendidikan Grammar Bahasa Inggris Pada Part-1

Grammar Bahasa Inggris Pada Part-1

62
0
BERBAGI

Grammar Bahasa Inggris

Hallo pembaca setia,

Masih bersama Mr. Hart. Kali ini kita akan membahas mengenai “Grammar bahasa inggris”.


Grammar Bahasa Inggris


Grammar
Grammar adalah aturan dalam bahasa inggris

Pengertian Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah sebuah bahasa persatuan yang telah disepakati oleh dunia. Artinya, bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Jadi ketika kita pergi keluar negeri atau berhubungan dengan orang yang ada di luar negeri kita harus menggunakan bahasa inggris. Dan jika kita tidak dapat berbahasa inggris, maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang yang berasal atau sedang di luar negeri.

Dalam mempelajari bahasa inggris, kita akan mempelajari dan menekuni banyak hal. Hal tersebut seperti Grammar atau tata aturan bahasa inggris, mempelajari simbol dalam pronounciation, dan lain sebagainya. Kesemua ini penting, karena kesemua tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Pengertian Grammar

Grammar bahasa inggris adalah sebuah tatanan atau aturan bahasa yang dapat digunakan untuk mengelola kata ataupun kalimat supaya menjadi baik. Fungsi dari Grammar bahasa inggris adalah untuk dapat mempermudah dalam berkomunikasi ketika menggunakan bahasa inggris. Disamping itu grammar juga dapat sebagai pedoman untuk para pembelajar bahasa inggris supaya dapat mempernudah dalam proses pembelajarannya.

Bahasa tanpa sebuah aturan akan menjadi berantakan dan akan mudah tergerus jaman. Oleh karenanya kehadiran grammar ini akan mengatur komponen-komponen dalam bahasa inggris. Grammar sendiri memiliki banyak isi. Yang dimana isi dari grammar tersebut dapat penulis sampaikan seperti The Part of Speech, Tenses, Gerund, Modal, Tag Question, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pembuatan Kapal Kayu Sebagai Usaha Produksi.

Pembuatan Kapal Kayu Sebagai Usaha Produksi

The Part of Speech.

The Part of Speech adalah sebuah bagian-bagian yang paling dasar dalam mempelajari bahasa inggris. Bagian dari The Part of Speech ini dapat penulis sampaikan sebagai berikut :

(1) Noun.

Noun adalah kata benda yang didalamnya dapat digunakan untuk menunjuk atau menamai sesuatu. Noun sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu berdasarkan wujudnya, berdasarkan jumlahnya, dan berdasarkan penamaanya. Berikut penulis jelaskkan ketiga hal tersebut.

(a) Berdasarkan Wujudnya.

(a.1) Concrete Noun.

Concrete noun adalah sebuah kata benda yang dimana memiliki karakteristik berwujud dan dapat ditanggkap oleh panca indra. (Contoh : Handphone, Laktop, Book, Blanket, Walet, glass, class, towel, knife, plate, tree, motorcycle, clothes, dan lain sebagainya).

(a.2) Abstract Noun.

Abstract Noun adalah sebuah kata benda dalam bahasa inggris namun kehadirannya tidak dapat ditangkap atau dideteksi oleh panca indera. (Contoh : Music, Voice, Feeling, Happiness, Hate, Love, Like, Cute, Pretty, Amazing, Best, Most, Wonderful, dan lain sebagainya).

(b) Berdasarkan Jumlahnya.

(b.1) Countable Noun.

Countable Noun adalah sebuah kata benda yang dimana kata benda tersebut dapat dihitung serta dapat diawali dengan angka 1,2,3, dan sebagainya. Dalam  Countable Noun terdapat 2 macam yaitu Tunggsal dan Jamak. Noun Tunggal adalah kata yang dapat ditambahkan akhiran …-ing dibelakangnya. Sedangkan Noun Plural dapat dikategorikan sebagai regular (kata benda asli) dan irregular (kata benda yang dapat berubah). Contoh Noun Tunggal : glass, class, towel, knife, plate, tree, wife,  dan lain sebagainya. Sedangkan Contoh Noun Plural : trees, keys, stories, histories, men, women, mice, people, dan lain sebagainya.

(b.2) Uncountable Noun.

Uncountable Noun adalah sebuah kata benda yang dimana kata benda tersebut tidak dapat dihitung dan tidak dapat diawali dengan angka 1,2,3, dan sebagainya. (Contoh : sugar, water, sand, dust, star, dan lain sebagainya).

(c) Berdasarkan Penamaanya.

(c.1) Proper Noun.

Proper Noun adalah sebuah kata benda yang bersifat khusus dan diawali dengan huruf kapital namun tidak dapat diawali dengan huruf a,an and the. (Contoh : Yogyakarta, Soekarno, Mahkamah Agung, Gajah Mada, Damri, Universitas, dan lain sebagainya).

(c.2) Material Noun.

Material Noun adalah sebuah kata benda yang berasal bersumber dari alam. (Contoh : iron, gold, leaf, sand, water, lava, salt, silver, oil, stone, dan lain sebagainya).

(c.3) Common Noun.

Common Noun adalah sebuah kata benda yang memiliki sifat umum. (Contoh : Transportation, girl, boy, guy, state, country, city, dan lain sebagainya).

(c.4) Collective Noun.

Collective Noun adalah sebuah kata benda yang memiliki sifat kumpulan. (Contoh : Club, Team, Community, groub, organization, assotiation, commite, class, family, dan lain sebagainya).

(2) Preposition.

Preposition adalah adalah kata yang merangkaikan atau dikombinasihan bersama dengan noun sehingga membentuk noun phrase. Polanya adalah Preposition + Object of Preposition. Preposition ini sendiri memiliki 2 bentuk yaitu single word (1 kata)dan complex word (lebih dari 1 kata). Single word dapat berupa at, on, in, before, after dan sebagainya. Sedangkan Complex word dapat berupa Because of, used to, kind of, in front of, due to, take up, pick up, dan lain sebagainya.

(3) Interjection.

Interjection adalah sebuah kata yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan emosional seseorang (Showing Emotion). Ciri dari Interjection ini adalah selalu diakhiri dengan tanda baca seru (!). (Contoh : Brrr….!!!!, Heemm…!!!!, ssst……..!!!!!, ouchh…….!!!, dan lain sebaginya). Interjection ini pada umumnya tidak bisa dan tidak boleh digunakan pada forum resmi. Karena hal tersebut akan membuat ketidaknyamanan dalam forum dan juga dapat dianggap tidak menghargai forum. Jadi Interjection ini pada umumnya digunakan dalam hal santai atau ketika bergaul dengan teman.

 

Demikian pemaparan mengenai beberapa bagian dari The Part of Peech. Untuk pemaparan mengenai The Part of Peech lainnya yaitu Adjective, Verb, Pronoun, dan Adverb akan penulis paparkan pada “Part-2 dan selanjutnya“. Serta penulis akan memaparkan juga mengenai Bahasa Inggris lainnya dibagian “Part” selanjutnya.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bahasa inggris supaya dapat mengembangkan kemampuan berbahasa inggris.

Terimakasih,

Best Regards.


Mr. Hart.


 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here