Beranda Gaya Hidup Gigi Sensitif dan Sering Ngilu? Coba Hindari 6 Makanan dan Minuman ini!

Gigi Sensitif dan Sering Ngilu? Coba Hindari 6 Makanan dan Minuman ini!

340
1
BERBAGI

Hampir semua  orang pasti mengalami yang namanya gigi sensitif. Akibatnya, rasa tak nyaman akan selalu muncul disaat makan makanan tertentu. Mau makan yang dingin-dingin salah, mau makan yang panas-panas juga salah, pokoknya jadi serba salah deh.

Walaupun menimbulkan rasa yang tak enak, tetap saja masih banyak penderita gigi sensitif malas untuk pergi ke dokter gigi untuk sekedar memeriksakan keadaannya dan melakukan perawatan yang benar.

Memang benar rasa ngilu pada gigi sensitif akan hilang dengan sendirinya, namun tentu saja jika tanpa dibantu dengan perawatan yang tepat, rasa ngilu bisa saja datang kembali.

Gigi Sensitif dan Sering Ngilu
Sumber: fimela.com

Selain diharuskan untuk rutin periksa ke dokter gigi, penderita gigi sensitif harusnya juga mengetahui makanan dan minuman yang pantang dan harus dihindari agar rasa ngilu tak kambuh lagi. Dilansir dari everydayhealth.com, setidaknya ada 6 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh para penderita gigi sensitif.

Soda

Begitu banyak produk minuman bersoda yang dapat kita temukan di pasaran. Walaupun banyak orang yang menyukai jenis minuman ini, tapi ada baiknya kamu menghindari untuk mengonsumsinya jika tak ingin rasa ngilu di gigi kambuh lagi.

Hal ini dikarenakan soda terbuat gula dan bahan, yang mana kedua bahan ini yang bisa menimbulkan rasa ngilu pada saraf gigi. Hal tersebut dikemukakan oleh John Grbic, seorang profesor dari Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Colombia.

Es Krim

Makanan dingin memang merupakan momok utama bagi penderita gigi sensitif. Apalagi makanan dingin yang memiliki rasa manis, tentu saja malah akan membuat gigi menjadi semakin sensitif.

Baca Juga: Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan

Nah, es krim adalah makanan dengan kriteria tersebut. Bagi penderita sensitif sebaiknya mulai intens untuk menghindari makanan satu ini, karena menurut dokter gigi Jordan Taylor, gigi pada penderita gigi sensitif mengalami kekurangan lapisan enamel, yang mana lapisan tersebut berfungsi sebagai lapisan pelindung gigi.

Karena kurangnya lapisan pelindung, tentu gigi akan rentan terhadap suhu dingin yang ditimbulkan oleh es krim yang dapat memperparah rasa ngilu.

Kopi

Sama halnya dengan dingin, gigi sensitif juga tidak boleh terpapar oleh makanan atau minuman panas. Maka dari itu, Taylor juga menyarankan untuk meminum kopi dalam keadaan yang tak terlalu panas dan juga tidak boleh menggunakan gulua, melainkan diganti dengan susu sebagai pemanisnya.

Menurutnya, susu memiliki fungsi tak hanya sebagai pemanis tapi juga dapat menurunkan suhu panas dari kopi, sehingga apabila dikonsumsi tidak akan mengakibatkan rasa ngilu di gigi.

Permen

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti menyukai rasa manis dari permen. Namun sayangnya, bagi penderita gigi sensitif sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi permen, terutama permen kapas.

Seperti yang kita ketahui, permen kapas mengandung gula yang cukup tinggi, dan tentunya gula dapat dengan mudah menempel pada gigi dan dapat merusak gigi sehingga makin memperparah gigi sensitif.

Buah asam

Buah dengan rasa asam juga dapat merusak lapisan enamel gigi. Walaupun diakali dengan membuatnya menjadi jus, tetap saja tidak mengurangi dampak yang akan ditimbulkannya. Maka dari itu, sebaiknya berhenti mengonsumsi buah-buah dengan rasa yang asam.

Tomat

Walaupun sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C, nyatanya tomat juga mengandung kadar keasaman yang tinggi, tentu saja hal tersebut tidaklah baik bagi penderita gigi sensitif. Begitupun dengan saus tomat yang beredar di pasaran.

Kadar asam yang tinggi ini tentunya dapat merusak lapisan enamel pada gigi yang malah dapat memperparah gigi sensitif.

Demikianlah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh para penderita gigi sensitif. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya para penderita gigi sensitif juga bisa menggunakan pasta gigi yang memang didesain khusu untuk para penderita gigi sensitif. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan gigi ke dokter gigi.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here