Beranda Tidak Ada Ketegori Pengertian Gerakan Hubungan Manusia Dalam Organisasi

Pengertian Gerakan Hubungan Manusia Dalam Organisasi

454
1
BERBAGI

Gerakan Hubungan Manusia

Gerakan Hubungan Manusia (human relations movement) didasarka kepada pemikiran bahwa kontrol paling efektif berasal dari dalam individu pekerja, bukan dari kontrol ketat dan otoriter. Pemikiran ini mengakui dan mensponsori langsung tekanan-tekanan sosial demi memperlakukan pekerja dengan baik. Karya pertama mengenai psikologi industri dan seleksi personel tidak begitu diperhatikan karena manajemen ilmiah masih mendominasi. Namun, serangkaian penelitian yang dilakukan di perusahaan listrik Chicago, yang kemudian dikenal sebagai Hawthorne studies, mengubah semua itu.

Sejak tahun 1895 terjadi perseteruan antara penghasil gas dan peralatan penerangan listrik untuk menguasai pangsa pasar rumahan dan industri. Di tahun 1909, penerangan listrik menang, namun peralatan listrik yang makin efisien membutuhkan jumlah daya yang lebih kecil. Perusahaan-perusahaan listrik mulai berusaha untuk meyakinkan pengguna kalangan industri bahwa mereka memerlukan lebih banyak lampu untuk meningkatkan produktivitas. Ketika kampanye ini tidak berhasil, perusahaan-perusahaan tersebut mulai menggunakan eksperimen untuk membuktikan argumentasi mereka. Para manajer meragukan hasilnya, sehingga Komite Penerangan Industri (CIL) didirikan untuk melakukan eksperimen tersebut. Untuk meningkatkan kredibilitas eksperimen itu, Thomas Edison pun diangkat sebagai ketua kehormatan CIL. Di suatu eksperimen itu, yaitu instalasi Hawthorne dari Western Electric Company – sejumlah peristiwa menarik terjadi.

Baca juga : Penyebab Manajer Mengalami Kegagalan Dalam Perusahaan

Bagian terpenting eksperimen ini melibatkan empat kelompok eksperimental dan tiga kelompok kontrol. Kelima eksperimen ini menunjukkan pentingnya faktor selain penerangan dalam meningkatkan produktivitas. Untuk menyelidiki faktor-faktor ini lebih jauh, beragam eksperimen lain dilakukan. Hasil penelitian yang paling terkenal, yakni eksperimen Relay Assembly Test Room (RATR), menimbulkan kontroversi. Di bawah arahan dua orang profesor dari Harvard, Elton Mayo dan Fritz Roethlisberger, eksperimen RATR dilakukan selama hampir enam tahun (10 Mei 1927 sampai dengan 4 Mei 1933) yang dibagi menjadi 24 periode eksperimen terpisah. Begitu banyak faktor yang diubah dan begitu banyak faktor tidak terlihat yang tidak dikontrol oleh para peneliti, sehingga mereka pun bersilang pendapat tentang faktor-faktor yang benar-benar berpengaruh dalam meningkatkan kinerja secara umum selama eksperimen tersebut. Namun, mayoritas ahli sepakat dengan satu hal ; Uang bukan merupakan faktor penyebab peningkatan kerja. Faktor yang paling diyakini menyebabkan peningkatan kinerja adalah hubungan manusia. Para karyawan memberikan kinerja yang lebih baik ketika manajer memperlakukan mereka secara positif. Analisis ulang terakhir terhadap sebagian karyawan, dan sebagian analisis justru menyatakan bahwa uanglah faktor yang paling penting. Wawancara dengan seorang partisipan eksperimen tersebut menunjukkan bahwa para partisipan eksperimen tersebut akan mendapatkan tambahan upah lebih besar.

Data baru ini menunjukkan bahwa uang sangat berpengaruh pada eksperimen Hawthorne. Selain itu, produktivitas pekerja meningkat sebagian karena perasaan penting yang meningkat dan kebanggaan yang mereka rasakan karena dipilih dalam eksperimen tersebut. Kontribusi tidak terduga dari eksperimen ini adalah pemikiran ulang terhadap praktik studi lapangan. Para peneliti dan ahli menyadari bahwa peneliti dapat mempengaruhi hasil eksperimen jika terlibat terlalu dekat dengan subjek penelitian. Dalam metodologi penelitian, fenomena ini dikenal sebagai efek Hawthorne. Subjek penelitian menunjukkan perilaku yang berbeda karena peneliti pada eksperimen Hawthorne bersikap aktif.

Dari sudut pandang histroris, pertanyaan mengenai apakah eksperimen  ini sah secara akademis tidak begitu penting dibandingkan dengan fakta bahwa eksperimen ini menyebabkan meningkatnya dorongan untuk memandang pekerja sebagai lebih dari sekedar bentuk lain mesin produksi. Interpretasi yang menyatakan bahwa kinerja pekerja meningkat jika para manajer memperlakukan mereka secara positif pun memicu revolusi perlakuan terhadap pekerja untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Meski metodologinya cacat dan kesimpulannya tidak akurat, hasil eksperimen ini menjadi cikal bakal gerakan hubungan manusia. Pendekatan ini mempengaruhi teori dan praktik manajemen selama lebih dari seperempat abad dan keyakinan bahwa hubungan manusia merupakan pendekatan terbaik untuk meningkatkan produktivitas masih berlaku hingga sekarang.

1 KOMENTAR

  1. Hi,

    My name is Randy and I was looking at a few different sites online and came across your site abisnis.com. I must say – your website is very impressive. I found your website on the first page of the Search Engine.

    Have you noticed that 70 percent of visitors who leave your website will never return? In most cases, this means that 95 percent to 98 percent of your marketing efforts are going to waste, not to mention that you are losing more money in customer acquisition costs than you need to.

    As a business person, the time and money you put into your marketing efforts is extremely valuable. So why let it go to waste? Our users have seen staggering improvements in conversions with insane growths of 150 percent going upwards of 785 percent. Are you ready to unlock the highest conversion revenue from each of your website visitors?

    TalkWithLead is a widget which captures a website visitor’s Name, Email address and Phone Number and then calls you immediately, so that you can talk to the Lead exactly when they are live on your website — while they’re hot!

    Try the TalkWithLead Live Demo now to see exactly how it works. Visit: https://www.talkwithlead.com/Contents/LiveDemo.aspx

    When targeting leads, speed is essential – there is a 100x decrease in Leads when a Lead is contacted within 30 minutes vs being contacted within 5 minutes.

    If you would like to talk to me about this service, please give me a call. We do offer a 30 days free trial.

    Thanks and Best Regards,
    Randy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here