Beranda Gaya Hidup Konsumsilah Gandum Agar Terhindar Dari Diabetes

Konsumsilah Gandum Agar Terhindar Dari Diabetes

284
0
BERBAGI

 

Pasti sudah banyak yang mengenal makanan yang satu ini, dan makanan ini adalah gandum. Gandum telah dikenal masyarakat luas sebagai makanan sehat dan wajib dikonsumsi setiap hari. Sejenis nasi putih, gandum dikenal juga dengan kandungan karbohidratnya, jadi bisa juga sebagai alternatif pengganti nasi putih gandum ini.

Tapi yang perlu anda ketahui gandum sendiri mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan, yaitu gandum bisa mencegah diabetes tipe 2.

Para peneliti telah menunjukkan hasilnya, mereka telah menguji 160.000 wanita, dan sebagian dari wanita tersebut telah mengkonsumsi dua sampai tiga porsi makanan yang telah terbuat dari gandum, dan mereka yang mengkonsumsi gandum memiliki 30 persen resiko diabetes lebih rendah.

Baca Juga: Atasilah Kanker Payudara Dengan Bunga Kenanga Hijau

Dan penelitian yang lainnya juga ada yang menyebutkan, jika mengkonsumsi nasi putih memiliki resiko diabetes sebesar 17 persen yang lebih tinggi. Dan bagi mereka yang mengkonsumsi nasi yang terbuat dari gandum memiliki resiko diabetes 11 persen lebih rendah. Dan berikut ulasan tentang gandum:

Sulit Dicerna

Makanan yang berasal dari bahan gandum, seperti roti gandum, nasi merah, nasi cokelat, dan juga oatmeal, merupakan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, karen a makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang lebih baik.

Hal tersebut menjadikan proses percernaan menjadi glukosa menjadi terasa lambat dan juga kadar gula dalam tubuh akan naik secara perlahan, sehingga membuat tubuh menjadi tidak merasa kaget.

Berbeda lagi dengan karbohidrat yang berasal dari bahan gandum tapi yang sudah diolah, misalnya nasi putih, roti putih, kue, dan juga donat. Karena makanan tersebut mudah dicerna oleh tubuh, dan hal itu membuat kadar gula darah bisa melonjak drastis setelah anda mengkonsumsinya.

Angka Diabetesi Kian Tinggi
Lebih dari 422 juta penduduk dunia menyandang diabetes. Di Indonesia sendiri, angka diabetesi melonjak cukup banyak, yakni dari 5,7% pada 2007 menjadi 6,9% pada 2013 (sekitar 9,1 juta orang).

Angka Diabetes Melonjak Tinggi

Penyakit diabetes sendiri disebabkan pleh kadar gula dalam darah yang cukup tinggi, akibat ganguan dari fungsi insulin. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang cukup kronis dan juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Macam-macam penyakit komplikasi dari diabetes diantaranya, infeksi kaki, yang bisa sampai amputassi, gagal ginjal, jantung, dan juga stroke.

Diabetes sendiri disurvei dari tahun 2014 merupakan penyakit yang berbahaya, dan bisa menyeabkan kematian, di indonesia sendiri angka kematian diabetes berada pada peringkat tertinggi ketiga, setelah jantung dan juga stroke.

Mulai sekarang lebih anda perhatikan lagi dalam mengkonsumsi makanan, usahakan untuk mengindari makanan yang berkabohidrat olahan, gantilah dengana makanan yang mengandung gandum, tunjuan untuk apa sih! agar terhindar dari diabetes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here