Beranda Bisnis Fungsi Marketing Plan untuk Perusahaan yang Maju

Fungsi Marketing Plan untuk Perusahaan yang Maju

572
0
BERBAGI

fungsi marketing plan

fungsi marketing plan – Perusahaan yang kecil maupun besar tentu perlu adanya perencanaan yang sangat matang, apalagi bila pemilik dari perusahaan menginginkan perkembangan terhadap usahanya perlu adanya sebuah pencataan. oleh karena itu harus ada perencanaan marketing yang matang mulai dari strategi hingga penetapan harga serta pangsa pasar yang akan ditarget. Marketing plan jelas snangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan manapun karena berfungsi sebagai berikut:

Pegangan bagi semua pelaku marketing di suatu perusahaan

Tanpa marketing plan, setiap orang akan membuat aksi-aksi tersendiri yang tidak terkoordinasi dan akan banyak duplikasi gerakan atau benturan antar unit terkait.

Hampir sama dengan bisnis plan yang mana akan memaparkan berbagai strategi, begitupun dalam marketing plan juga memaparkan berbagai strategi yang berkenaan dengan penggunaan pemasaran yang akan digunakan oleh perusahaan, biasanya untuk tiap produk memiliki perencanaan yang berbeda pula karena tentu pangsa pasarnya berbeda pula

Pendisiplinan Keuangan

Tanpa marketing plan, komitmen keuangan tidak akanterarah dan cenderung situasional, akhirnya pemakaian dana tidak terkendali dan kerugian tidak terelakkan.

Proses evaluasi kinerja

Dengan fungsi marketing plan perusahaan dapat dievaluasi dengan parameter yang tetap dan berkesinambungan. Maksudnya, dalam perencanaan awal tentu seorang marketer sudah merencanakan target, pangsa pasar, segmentasi yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan.

nah apabila suatu saat hasil dari pemasaran yang dilakukan dirasa tidak sama dengan perencanaan awal, maka tentu harus dilakukan evaluasi yang berlanjut.

Baca JugaProses Riset Pemasaran

Proses identifikasi perubahan

Sejarah menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun terjadi perubahan baik secara ekonomis maupun politis dalam suatu negara bahkan di dunia, serta terjadi perubahan pola-pola kompetisi dari berbagai perusahaan yang ada.

sehingga perubahan ini sangat perlu diamati dari waktu ke waktu dan diperhitungkan dalam MP sebagai parameter dalam membuat keputusan.

Alat Belajar

Marketing Plan dapat berfungsi sebagai alat belajar bagi seluruh jajaran di dalam perusahaan, dari tingkat pimpinan sampai pelaku langsung pemasaran dan membina cara berpikir yang sistematik seawal mungkin dan berkesinambungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here