Beranda Bisnis Empat Fungsi Manajemen Dasar Dalam Perusahaan

Empat Fungsi Manajemen Dasar Dalam Perusahaan

240
1
BERBAGI

4 Fungsi Manajemen

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas mengenai empat fungsi penting dalam manajemen. Jika kalian para calon manajer kalian harus mengetahui apa saja sih keempat fungsi manajemen tersebut. Oke langsung saja saya akan bahas keempat fungsi manajemen beserta penjelasannya :

1. Perencanaan

Perencanaan (Planing) adalah mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya. Dengan kata lain, perencanaan manajerial menentukan posisi organisasi di masa mendatang dan bagaimana cara mencapainya. Contoh perencanaan yang baik dilakukan oleh Time warner, Inc. Ketua pemasaran dari berbagai divisi Time Warner, Inc termasuk HBO, Time Inc., Turner Broadcasting, Warner Bros,. AOL, New Line Cinema, dan Time Warner Cable, mengadakan rapat setiap tiga minggu untuk membicarakan proyek-proyek yang akan dikerjakan dan bagaimana divisi-divisi yang ada dapat bekerja sama untuk menyukseskannya. Berkat perencanaan yang saksama, hampir setiap divisi terlibat dalam promosi film-film besar seperti The Golden Compass, Hairspray, dan trilogi The Lord of the Rings.

Baca Juga: Proses Pengambilan keputusan dalan Riset Pasar

2. Pengelolaan

Pengelolaan (Organizing) yaitu mencakup menentukan tugas, mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas dan mengalokasikan sumber daya di seluruh organisasi. Pengelolaan biasanya dilakukan setelah perencanaan dan mencerminkan bagaimana organisasi mencoba mewujudkan perencanaan. Belakangan ini, beragam perusahaan seperti IBM, Gereja Katolik, Motorola, dan FBI mengalami perubahan struktur organisasi guna mengakomodasi perubahan rencana. Di Avon, ketika penjualan menurun dan biaya produksi melonjak, CEO Andrea Jung baru-baru ini meringkas tujuh lapisan manajemen dan mengelola kembali perusahaan ke dalam struktur yang mampu menangani berbagai keputusan dan fungsi secara global untuk mencapai skala efisiensi lebih tinggi.

Baca Juga: Pengertian Pasar Keuangan dan Macam Macam Pasar Keuangan

3. Kepemimpinan

Kepemimpinan (Leading) berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. Kepemimpinan berarti menciptakan nilai-nilai dan budaya bersama, mengomunikasikan tujuan-tujuan kepada karyawan di seluruh organisasi dan menyuntikkan semangat untuk memperlihatikan kinerja tertinggi kepada karyawan. Kepemimpinan mencakup proses memotivasi seluruh departemen dan divisi, di samping para individu yang bekerja secara langsung dengan para manajer. Di era yang sarat dengan ketidakpastian, kompetisi global, dan meningkatnya keberagaman tenaga kerja, kemampuan untuk membentuk budaya, mengomunikasikan tujuan, dan memotivasi karyawan sangat di perlukan bagi keberhasilan bisnis. Kita tidak mesti menjadi manajer puncak yang terkenal untuk menjadi pemimpin andal. Tanpa kita ketahui, banyak manajer di organisasi-organisasi besar maupun kecil di seluruh dunia memberikan kepemimpinan kuat dalam departemen, tim, organisasi nonprofit dan organisasi kecil. Sebagai contoh, Cara Kakuda adalah seorang manajer umum wilayah Hawaii di Nextel Partners, divisi pasar pedesaan dari Nextel Communications. Kakuda memperoleh pekerjaan tersebut berkat kemampuannya memotivasi dan menginspirasi para karyawan.

4. Pengendalian

Pengendalian (Controlling) berarti memonitor aktivitas karyawan menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya, dan membuat koreksi jika diperlukan. Para manajer harus memastikan bahwa organisasi mereka bergerak menuju tujuan-tujuannya. Berbagai trend pemberdayaan dan kepercayaan karyawan telah mendorong banyak perusahaan untuk lebih mengutamakan pelatihan karyawan untuk memonitor dan mengoreksi diri mereka  sendiri daripada pengendalian atas-bawah. Teknologi informasi membantu para manajer untuk mengendalikan organisasi sesuai kebutuhan tanpa pembatasan ketat dari atas ke bawah. Perusahaan-perusahaan seperti Cisco Systems dan Oracle menggunakan internet dan teknologi informasi lainnya untuk mengoordinasikan dan memonitor hampir semua aspek operasi yang memungkinkan para manajer memiliki rekaman kinerja tanpa mengendalikan para karyawan secara otoriter dalam kesehariannya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here