Beranda Ekonomi Cara Membuat dan Eksistensi Siwil di Socah Bangkalan

Cara Membuat dan Eksistensi Siwil di Socah Bangkalan

163
0
BERBAGI
siwil socah
siwil socah dengan bumbu kacang

Madura merupakan sebuah pulau di Jawa Timur yang biasa disebut pulau garam. Secara geografis terbagi menjadi 4 kabupaten yaitu: Bangkalan, pamekasan, sumenep dan sampang. Dibangkalan sendiri ada banyak produk makanan khas unggulan (Eksistensi Siwil)

Salah satunya adalah siwil. Siwil merupakan makanan dengan bahan baku tepung tapioka dan udang, yang kemudian dipadukan dengan bumbu : garam, bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Kuliner yang satu ini menjadi makanan favorit masyarakat karena dikenal rasanya yang gurih, renyah, dan krispy membuat makanan yang akrab disebut siwil ini banyak dicari orang tak terkecuali mereka yang berasal dari luar daerah.

n baku tepung tapioka dan udang, yang kemudian dipadukan dengan bumbu : garam, bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Kuliner yang satu ini menjadi makanan favorit masyarakat karena dikenal rasanya yang gurih, renyah, dan krispy membuat makanan yang akrab disebut siwil ini banyak dicari orang tak terkecuali mereka yang berasal dari luar daerah.

penggorengan siwil

Siwil Bangkalan

Saya sempat mewawancarai Fita ( 35 Tahun). Katanya, untuk mendapat rasa khas, gurih serta lembutnya siwil ini, diusahakan minyaknya jangan panas dulu saat memasaknya.

Ada berbagai macam jenis siwil diberbagai daerah yang membedakan siwil socah dengan siwil-siwil didaerah lainnya. Siwil socah sendiri memiliki cita rasa yang khas tersendiri. Siwil sopcah warnanya agak pink, hal ini dikarenakan menggunakan campuran cabe merah, teksturnya lebih kenyal, dan bisa dilihat dengan bentuknya bulat.

Ini berbeda dengan siwil-siwil didaerah lain seperti kamal contohnya. Siwil yang ada dikamal bentuknya lebih lonjong dengan tekstur tidak terlalu kenyal, berbeda dengan siwil socah yang begitu kenyal. Siwil sangat cocok disantap dalam keadaan yang masih hangat dicocol dengan bumbu rujak. sambel cocol sendiri disana ada 2,yaitu : sambel petis dan kacang. Kita tinggal memilih sesuai selera.

Eksistensi Siwil – Siwil socah sudah ada sejak zaman dahulu, meski begitu siwil ini masih tidak kalah eksisnya dengan makanan modern yang lainnya. Hal ini dapat dilihat dengan masih mudahnya pedagang siwil diberbagai daerah selain Socah. Penggemarnya yang bervariasi tak hanya masyarakat sekitar saja, akan tetapi juga berasal dari mahasiswa-mahasiswa pendatang yang ada dibangkalan. Cita rasa yang khas dari siwil socah dan harganya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri.

Penikmat Siwil
para mahasiswa penikmat siwil
salah satu pedagang siwil
kegiatan wawancara mengenai siwil

Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan mahasiswa kampus lain. Karena berdasarkan wawancara Fita (35 Tahun), mengaku hampir setiap hari para pembeli siwil ini mayoritas adalah mahasiswa dan masyarakat daerah bangkalan kota.

Menurut tuturan dari informan, siwil socah menggunakan bahan campuran udang sebagai penambah kualitas rasa, sedangkan siwil didaerah lain biasanya menggunakan campuran ikan.


Eksistensi Siwil – Sekilas dari bentuknya siwil mirip dengan cireng, yakni makanan khas yang berasal dari jawa barat. Tetapi pada kenyataannya siwil dan cireng sangatlah berbeda. Jika dilihat dari bahan utamanya tepung tapioka yang dipadukan dengan bumbu lainnya dan mempunyai rasa gurih dan krispy karena dipadukan dengan bawang dan juga cabe merah yang membuat siwil semakin enak untuk dinikmati.

Pendapatan hasil dari penjualan siwil beragam, biasanya tergantung berdasarkan hari, karena mayoritas pembeli adalah mahasiswa, maka rata-rata laris pada hari senin-kamis. Biasanya perhari mampu menjual kisaran Rp. 700.000-800.000, pendapatan itu dilihat dari berapa banyak pengunjung yang datang. Sedangkan kalau sepi pembeli, biasanya hanya mendapat penghasilan sebesar Rp. 400.000-Rp. 700.000.

wawancara dengan informan Fita


Kalian pasti penasarankan dengan bumbunya makanan yang super lezat dan kenyal inii, hehee… berikut akan saya paparkan.

Berdasarkan hasil wawancara saya dengan pemilik usaha, bahan pembuatan siwil adalah sebagai berikut:

  • Tepung tapioka
  • Cabe merah
  • Garam
  • Bawang purtih
  • Masako

Proses Pembuatan

Aduk adonan tepung tapioka secara merata. Lalu siapkan udang sebagai bahan campuran, Giling udang sampai benar-benar halus, siapkan bumbu yang sudah saya sebutkan diatas tadi kemudian haluskan. Campurkan bumbu-bumbu bersama dengan air panas.

Nahh. itu dia cara pembuatan siwill.. Mudah bukannn

Setelah saya paparkan diatas, kalian bisa mencobanya sendiri dirumah dan gak harus jauh-jauh pergi kemadura. Ataupun kalau kalian sedang jalan-jalan disocah, jangan sampai ketinggalan untuk membeli makanan khas socah ini yaa…

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here