Beranda HIburan 5 Fakta Unik Dan Menarik Dari Dunia Kereta Api Di Indonesia

5 Fakta Unik Dan Menarik Dari Dunia Kereta Api Di Indonesia

90
0
BERBAGI

 

Kereta Api
sumber: indonesiaexpat.biz

Dunai Kereta Api – Disamping mobil dan motor, sebagian besar orang di Indonesia memilih kereta api sebagai sarana tranportasi utama mereka ketika bepergian. Selain nyaman, kereta api juga jadi salah satu transportasi termurah yang ramah bagi kantong siapapun.

Baca Juga: Perbedaan Di Era Millenial Indonesia

Di Indonesia sendiri, layanan transportasi kereta api dikelola oleh PT. KAI (Kereta Api Indonesia) yang notabene merupakan perusahan milik negara alias persero. Nah, berbicara mengenai kereta api, tahukah kamu jika dunia perkeretaapian Indonesia, menyimpan banyak sekali fakta-fakta unik dan menarik yang jarang diketahui.

Penasaran kira-kira fakta apa saja? Berikut ulasannya

1. Jarak tempuh kereta api terjauh

sumber: wanderlustvlog.com

Dunai Kereta Api – Sebagai sebuah alat transportasi komersial yang masif, tentunya kereta api sering digunakan oleh banyak orang untuk bepergian ke tempat jauh. Nah, di Indonesia, kereta dengan jarak tempuh terjauh, bukan datang dari kereta penumpang, melainkan dari kereta barang bermuatan semen.

Kereta yang dimaksud menempuh jarak 1000 km dari stasiun Nambo hingga stasiun Banyuwangi Baru, dengan total waktu yang ditempuh sekitar 24 jam alias seharian penuh. Di perjalanan selama dan sejauh itu, terdapat pergantian lokomotif sebanyak satu kali dan pergantian masinis sebanyak 6 kali.

2. Terowongan kereta api terpanjang

sumber: flickr.com

Sasaksaat menjadi terowongan kereta api terpanjang di Indonesia dengan panjang jalur sekitar 950 meter. Tak hanya panjang, terowongan ini juga terbilang sangat tua karena dibangun di masa kolonial Belanda sehingga usianya sudah sekitar satu abad lebih.

Terowongan ini sendiri terletak di desa Sumubandung, Cipatat, Bandung Barat dan masih digunakan sebagai jalur resmi untuk kereta rute Jakarta – Bandung, hingga sekarang. Apa yang menarik dari terowongan ini juga datang dari sejarahnya, dimana waktu pembangunannya sangatlah cepat yaitu setahun saja, terhitung dari tahun 1902 hingga 1903.

3. Fungsi palang pintu kereta api yang sebenarnya

sumber: kricom.id

Dunia Kereta Api – Orang pada umumnya akan berpikir jika palang pintu kereta api, digunakan sebagai penghalang agar kendaraan lain di jalanan tidak terkena kereta yang melaju. Ternyata, anggapan itu salah.

Tujuan awal sekaligus fungsi sebenarnya dari palang pintu kereta api adalah sebaliknya, yaitu untuk menjaga kereta api agar tidak terkena kendaraan lain yang ada di jalanan. Kenapa demikian? Sebab, kereta merupakan transportasi yang memiliki jalurnya sendiri, sehingga kereta tidak dapat menghindar ketika ada kendaraan atau gangguan didepannya.

4. Rel kereta api pertama di Indonesia

sumber: flickr.com

17 Juni 1984 menjadi tanggal dimana salah satu sejarah dunia perkeretaapian di Indonesia tercipta. Di waktu tersebut, perusahaan kereta api asal Belanda yaitu Nederlands Indische Spoorweg Maatschappi, melakukan pembangunan pertama rel kereta api di Indonesia.

Dengan pembangunan mencapai 26km, jalur atau rel kereta api pertama ini membentang dari desa Kemijen hingga desa Tanggungharjo. Setelah selesai, rel ini secara resmi bisa digunakan untuk dilalui kereta pada 10 Agustus 1867. Hingga kini, rel atau jalur tersebut masih digunakan dan seringkali dilewati oleh perjalanan kereta dari Semarang hingga Surakarta.

5. Semakin tinggi kelasnya, semakin cepat pula keretanya

sumber: pegipegi.com

Dunia Kereta Api – Seperti yang kita ketahui, kereta api di Indonesia memiliki beberapa pilihan kelas mulai dari ekonomi, bisnis dan eksekutif. Namun, tahukah kamu jika ternyata, tiap kelas yang disebutkan tadi memiliki kecepatan kereta yang berbeda-beda. Untuk kelas ekonomi, kecepatan yang ditetapkan tidak boleh lebih dari 70km/jam.

Sementara untuk kelas bisnis dibatasi di kecepatan 90km/jam saja. Yang terakhir yaitu eksekutif, hanya diperbolehkan untuk melaju dikecepatan maksimal 120km/jam. Dengan kata lain, semakin tinggi kelas kereta yang kita tumpangi, semakin cepat pula kecepatan kereta yang melaju.

Namun, belum diketahui secara pasti, apakah perbedaan ini berpengaruh terhadap durasi atau lama perjalanan di atas kereta.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai 5 fakta unik dan menarik dari dunia kereta api di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Komentar dengan facebook