Selasa, Februari 19, 2019
Beranda Analog Booming

Analog Booming

89 views
0
0 Comments

Memiliki kamera dengan kualitas bagus dan canggih nampaknya sudah menjadi hal biasa saat ini. Saat ini, tarik kembali pada masa perkembangan kamera abad ke-20. Ya, analog. Kamera analog menjadi perbincangan ramai di Instagram saat ini. Banyak fotografer muda yang mulai menggandrungi kamera ini. Selain karena memiliki kesan vintage yang aesthetic, kamera ini juga merupakan sebuah tantangan untuk seorang fotografer.

Ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh, fotografer yang sudah master sekalipun belum tentu dapat menghasilkan foto yang sempurna ketika dihadapkan dengan kamera analog. Ini karena kamera analog tidak memiliki pengaturan hasil jepretan selengkap kamera saat ini. Hasil perolehan gambar sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan saat melakukan pemotretan.

Melihat hasilnya pun kita harus sabar, karena kamera ini masih menggunakan film. Salah-salah kita bisa rugi karena film kita terbakar. Ya, kita tidak bisa sembarang membuka tempat roll filmnya. Roll film ini harus digunakan sampai habis baru bisa kita lihat hasilnya dengan proses pencucian. Kita juga tidak boleh banyak berharap ketika kita masih menjadi seorang pemula. Hasil cucinya bisa jadi tidak sesuai harapan kita jika keadaan lingkungan tidak mendukung. Hasil cuci filmmya bisa menghasilkan foto yang terlalu terang atau gelap, bisa juga hitam seluruhnya karena kelalaian kita yang menyebabkan film terbakar.

Kamera analog tipe SLR juga memiliki berat yang hampir dua kali lipat berat kamera D-SLR yang berkembang saat ini. Jika kalian tertarik untuk mencoba menggunakan kamera jenis ini, kalian bisa mulai mencoba dengan kamera analog pocket yang ringan dan terjangkau. Hanya dengan Rp 200.000 saja kalian sudah bisa mendapatkan kamera pocket ini. Tapi sayangnya, kalian hanya bisa mendapat barang second hand karena kamera-kamera ini sudah tidak diproduksi dan dijual luas di pasaran.

Selamat mencoba.

Komentar dengan facebook
Changed status to publish
Add a Comment
Write your answer.