Beranda Ekonomi Definisi dan Jenis-jenis Sistem Ekonomi Terpimpin

Definisi dan Jenis-jenis Sistem Ekonomi Terpimpin

2970
0
BERBAGI

Ekonomi Terpimpin

Setelah pada pertemuan sebelumnya kita membahas mengenai Ekonomi Campuran sekarang kita melihat sekilas pada sistem ekonomi lain yang disebut ekonomi terpimpin. Ekonomi terpimpin (command economy) adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memutuskan produk (barang dan jasa) apa yang di produksi, serta siapa yang memiliki dan mengendalikan faktor-faktor utama produksi. Jawaban atas keempat pertanyaan dasarr ekonomi ditentukan, setidaknya sampai tingkat tertentu, melalui perencanaan pemerintah terpusat. Ada dua jenis sistem ekonomi terpimpin yaitu Sosialisme dan Komunisme.

Sosialisme

Dalam ekonomi sosialis, industri kunci dimiliki dan dikendalikan oleh pemerintah. Industri tersebut biasanya meliputi transportasi, utilitas, komunikasi, perbankan, dan industri yang memproduksi bahan-bahan penting seperti baja. Tanah, bangunan dan bahan baku juga menjadi milik negara dalam ekonomi sosialis. Bergantung pada negaranya, kepemilikan pribadi usaha kecil diperbolehkan sampai berbagai tingkat. Biasanya, orang dapat memilih pekerjaan mereka sendiri, meskipun banyak bekerja di industri milik negara.

Apa yang harus diproduksi dan bagaimana memproduksinya ditentukan sesuai dengan tujuan nasional, yang didasarkan pada proyeksi kebutuhan dan ketersediaan sumber daya. Distribusi barang dan jas “Siapa mendapat apa?” juga dikendalikan oleh negara sampai pada pengendalian pajak, sewa, dan upah. Tujuan dianut negara-negara sosialis di antaranya adalah pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan, dan distribusi layanan sosial seperti perawatan kesehatan bagi semua yang membutuhkannya.  Kelemahan sosialisme meliputi peningkatan perpajakan dan hilangnya insentif serta motivasi baik untuk individu dan pemilik usaha.

Baca Juga: Definisi dan Bagian-bagian Siklus Bisnis Dalam Perekonomian

Saat ini, banyak negara yang tekah diberi label sebagai negara sosialis secara tradisional, termasuk Prancis, Swedia, dan India, mengalami transisi ke ekonomi pasar bebas. Saat ini, banyak negara yang pernah dianggap sebagai negara komunis disebut sebagai negara-negara sosialis. Contoh negara-negara bekas komunis yang sering disebut sebagai sosialis atau bahkan kapitalis termasuk sebagian besar negara-negara yang dulunya bagian dari Serikat Republik Sosialis, Soviet, Cina, dan Vietnam.

Komunisme

Jika Adam Smith adalah pendiri kapitalisme, Karl Marx adalah pendiri komunisme. Dalam tulisan-tulisannya selama pertengahan abad ke-19, Marx membantu masyarakat tanpa kelas yang penduduknya memiliki sumber daya ekonomi bersama. Semua pekerja kemudian akan memberikan kontribusi kepada masyarakat komunis ini sesuai dengan kemampuan mereka dan akan menerima manfaat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sejak pecahnya Uni Soviet dan reformasi ekonomi di Cina dan sebagian besar negara-negara Eropa Timur, sisa contoh terbaik komunisme adalah Korea Utara dan Kuba. Saat ini, ekonomi yang disebut komunis tampaknya berjuang keras mempraktikkan jenis sosialisme yang terkendali. Penekanannya adalah pada produksi barang yang dibutuhkan pemerintah bukan pada produk yang dibutuhkan konsumen, sehingga terjadi kekurangan barang-barang konsumsi. Pekerja memiliki sedikit pilihan pekerjaan, namun keahlian khusus atau bakat tampaknya dihargai dengan hak-hak istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here