Beranda Gaya Hidup Dada Sering Sakit dan Sesak? Bukan Serangan Jantung, Bisa Jadi Karena Ini

Dada Sering Sakit dan Sesak? Bukan Serangan Jantung, Bisa Jadi Karena Ini

222
0
BERBAGI

dada sering sakit

dada sering sakit – Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang dan merupakan penyakit paling mematikan.

Tak heran jika banyak orang yang merasa selalu takut, jika salah satu tanda penyakit tersebut muncul pada diri mereka. Salah satu gejala penyakit jantung ialah sakit pada bagian dada.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Mencegah HIV

Ternyata, sakit pada bagian dada tidak selalu mengarah kepada penyakit jantung.

Dilansir dari aladokter.com, salah satu penyakit yang dapat menimbulkan sakit di bagian dada ialah kostokondritis.

dada sering sakit
dada sering sakit

Kostokondritis ialah peradangan yang terjadi di persendian kostokondral, tepatnya pada tulang rawan yang menjadi penghubung antara tulang rusuk dan tulang dada. Peradangan ini tentun menyebabkan rasa sakit pada bagian dada, baik di bagian dada sebelah kiri maupun kanan.

Kostokondritis umumnya menyerang orang dewasa yang berumur diatas 40 tahun.

Gejala umum yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah bagian dada terasa seperti ditusuk. Rasa sakit akan bertambah saat penderita batuk maupun bersin dan bahkan menarik napas panjang. Rasa nyeri biasanya akan reda saat penderita diam tak melakukan aktifitas, namun nyeri akan meningkat saat melalukan pergerakan.

Penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti, tapi biasanya disebabkan oleh cedera tulang dada, misal karena berolahraga secara berlebihan ataupun mengangkat beban berat, menderita batuk yang parah, infeksi yang disebabkan virus, bakteri ataupun jamur.

Kostokondritis umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari bahkan beberapa minggu tanpa memerlukan perlakukan khusus. Ada beberapa cara sederhana yang dapat mempercepat penyembuhan kostokondritis, yaitu dengan cara mengompres bagian dada yang terasa nyeri dengan air hangat, menghindari aktifitas yang berhubungan dengan dada, melakukan peregangan secukupnya, ataupun bisa dengan cara mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di toko-toko obat.

Bagaimana cara mencegah penyakit ini?

Memang benar kata pepatah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, untuk mencegah penyakit ini muncul ialah dengan cara berolahraga dengan rutin, namun tidak secara berlebihan. Makan makanan yang mengandung gizi yang seimbang, dan yang pasti istirahat yang cukup.

Namun, jika anda merasakan keluhan tersebut, ada baiknya segeralah konsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter akan melakukan diagnosa yang tepat guna dapat memberikan pengobatan yang memang dibutuhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here