Beranda Pendidikan Cara Mengingat Saldo Normal Akun Dalam Akuntansi Dengan Menggunakan Selebrasi Gol “Antoine...

Cara Mengingat Saldo Normal Akun Dalam Akuntansi Dengan Menggunakan Selebrasi Gol “Antoine Griezmann”

961
1
BERBAGI

Selebrasi Gol “Antoine Griezmann” untuk Mengingat Letak Saldo Normal Akun

Letak Saldo Normal Akun – Sebelum kita membahas letak saldo normal setiap akun, alangkah baiknya kita memahami apa yang dimaksud Akuntansi terlebih dahulu. Secara umum, akuntansi dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan  laporan untuk pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan. Secara khusus, Akuntansi merupakan suatu proses mengidentifikasi, mencatat, mengkalsifikasi, mringkas Bukti-bukti transaksi sampai menjadi laporan keuangan yang akan di gunakan oleh pemangku kepentingan untuk membuat keputusan.

Sebagai seseorang yang bergelut dalam dunia akuntansi hukumnya fardhu’ain atau wajib untuk hafal mengenai letak saldo normal setiap akun. Sangat fatal akibatnya jika, kita tidak hafal atau lupa tentang hal ini, karena ini merupakan modal dasar seseorang untuk terjun ke dalam rumitnya dunia akuntansi. Tak jarang , ada sebagian siswa/siswi Sekolah Menengah Atas jurusan IPS, atau Mahasiswa/Mahasiswi Akuntansi sendiri yang menjawab salah jika ditanya mengenai letak saldo normal suatu akun.

Oleh sebab itu, saya disini akan  memberikan 1 tips ampuh agar kalian tidak lupa tentang hal ini, yaitu dengan meningat gaya selebrasi gol dari pemain sepak bola asal Prancis yaitu Antoine Griezmann.

Bagaimana cara kita mengingat saldo normal akun nya ?. Jari yang dilipat merupakan kredit (Cr), sedangkan yang terbuka untuk Debit (Dr).

Jari Jempol untuk Aset

Kenapa Aset harus ada di jari jempol ?. Semakin besar asset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa dibilang Perusahaan yang sukses bisnisnya. Besar sangat identik dengan Jari jempol, yang merupakan jari terbesar dan tergemuk diantara 4 jari lainnya.

Jari Telunjuk untuk Liabilitas

Kenapa Liabilitas harus ada di jari telunjuk ?. Jari telunjuk biasanya digunakan untuk menunjuk seseorang atau benda yang jaraknya agak jauh. Oleh sebab itu, ketika melihat seseorang yang punya  utang kepada kita dari kejauhan, pastinya kita akan menunjuk orang tersebut sambil berkata “Hei, kamu yang utang padaku !”.

Jari Tengah untuk Ekuitas

Kenapa Ekuitas harus ada di jari tengah ?. Karena ekuitas bertugas untuk menyeimbangkan 2 akun  lainnya (Aset = Liabiltas + Ekuitas). Oleh karena itu sangat pas untu berada di posisi jarin tengah.

Jari manis untuk Pendapatan

Kenapa Pendapatan harus ada di jari manis ?. Pendapatan sangat di sukai semua orang. Hal-hal yang manis pun disukai semua orang,.Oleh sebab itu pendapatan sangat pas bila iibartkan jari manis. Atau, jika pendapatan di ibaratkan dengan sebuah kasih sayang seseorang. Tentunya bagi kedua insan yang lagi bersemi cintanya akan mengikrarkan janji setia mereka menggunakan jari manisnya.

Jari Kelingking untuk Beban

Kenapa beban  harus ada di jari kelingking ?. Karena setiap manusia yang ada di dunia pastinya lebih memilih untuk menanggung beban yang ringan daripada yang berat. Ringan sangat identik dengan jari kelingking yang ukurannya mungil dibandingkan dengan jari lainnya .

Jadi, ketika kalian lupa tentang letak saldo normal suatu akun, maka tirukan gaya selebrasi gol “Antoine Griezmann”, dijamin langsung ingat lagi.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

”Lupa itu baik, karena lupa bisa menyadarkan bahwa kita sudah melewati suatu hal yang penting bagi hidup kita”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here