Beranda Fashion dan Seni Cara Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

Cara Menghilangkan Plak dan Karang Pada Gigi

263
0
BERBAGI

Menghilangkan Plak dan karang gigi memang sangat susah dihilangkan, bahkan dengan sikat gigi saja tidak cukup untuk menyingkirkannya. Gigi memberikan kontribusi cukup besar terhadap penampilan. Adanya plak atau karang gigi membuat seseorang menjadi minder dan takut untuk berbicara dengan orang lain.

Pada dasarnya, rongga mulut merupakan tempat bersarang bakteri dan kuman. Plak atau Karang gigi terbentuk dari reaksi kimia sisa-sisa makanan dan bakteri. Sehingga, reaksi tersebut membentuk sebuah plak berwarna kuning yang menempel pada gigi. Apabila plak ini dibiarkan begitu saja, maka plak akan semakin mengeras dan lengket hingga menyebabkan karang.

Hasil gambar untuk cara menghilangkan karang dan plak gigi alami

Penyebab munculnya karang gigi disebabkan tidak mengosok gigi dengan benar,  kebiasaan makan makanan tertentu, tidak menggosok gigi setelah makan, dan membiarkan plak menempel pada gigi. Hal tersebut dapat mengakibatkan bau mulut tidak sedap, radang gusi, dan dapat juga menyebabkan iritasi pada gusi.

Baca Juga: Gigi Sensitif? Hindari 6 Makanan dan Minumam ini.

Karang gigi dapat dibersihkan dengan bahan alami, dan tentunya tidak memiliki efek samping dan mudah didapatkan.

Baking Soda

Hasil gambar untuk gambar baking soda

Menghilangkan Plak – Bahan ini biasa dikenal sodium bicarbonate yang digunakan sebagai bahan pengembang kue. Baking soda bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut. Untuk penggunaanya, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Kemudian oleskan bahan pada sikat gigi. kemudian sikatlah seperti biasanya. Setelah selesai,  berkumur dengan air hingga bersih. Cara ini hanya boleh dilakukan 1 kali dalam seminggu. Karena jika terlalu sering maka efeknya enamel gigi akan tipis dan rusak.

Lidah Buaya

Gambar terkait

Banyak ilmuan meneliti bahwa lendir dari daun ini dapat mengatasi radang gusi, mengilangkan plak dan juga karang gigi. Cara penggunaanya cukup mengoleskan lendir atau gelnya pada gigi dengan menggunakan tangan atau sikat gigi. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Kulit Jeruk

Hasil gambar untuk gambar kulit jeruk

Selain digunakan sebagai pewangi ruangan dan pengusir nyamuk, kulit jeruk juga ampuh dalam menghilangkan karang gigi. Kandungan limonene yang terdapat dalam kulit jeruk, dan vitamin C yang berperan sebagai antibakteri. Cara penggunaanya cukup mudah,  usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau dapat juga menggunakannya saat tidur malam. Keesokan `harinya berkumurlah dengan air hingga bersih.

Cuka Putih

Hasil gambar untuk gambar cuka putih

Bahan ini memiliki kandungan asam cukup tinggi yang bisa berperan dalam menghilangkan plak dan mencegah kerusakan enamel gigi. Cara penggunaanya, larutkan 1-2 sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air hangat kukuh. Kemudian tambahkan sedikit garam. Dan gunakan larutan ini berkumur-kumur sekali dalam sehari.

Biji Wijen

Gambar terkait

Biji wijen merupakan bahan tradisional yang sering diterapkan masyarakat untuk membersihkan plak dan karang gigi. Biji ini memiliki kandungan minyak yang berpotensi melawan bakteri streptococcus mutans penyebab terbentuknya plak gigi. Cara penggunaannya, cukup mengunyah biji wijen secukupnya. Pastikan untuk menguyah di bagian gigi yang berkarang. Kemudian ratakan dengan sikat gigi. Lalu berkumurlah dengan air bersih. Tetapi, hindari untuk menelannya ya :).

Makanan Pedas

Gambar terkait

Mengonsumsi makanan pedas dapat membantu mengurangi kerusakan gigi. Bahan seperti bawang memiliki vitamin (seperti vitamin B6, vitamin C, asam folat) yang dapat melawan bakteri dalam mulut. Akan tetapi, mengonsumsi makanan pedas yang mengandung asam berlebihan, hal ini tidak dianjurkan sebab bisa berisiko mengikis enamel pada gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here