Beranda Pendidikan Cara Menghemat Uang dengan Mudah sebagai Landasan Berinvestasi

Cara Menghemat Uang dengan Mudah sebagai Landasan Berinvestasi

BERBAGI

Menghemat uang РBerinvestasi adalah kegiatan untuk merencakana keuangan masa depan dengan harapan mendapatkan keuntungan (hasil). Namun, perlu dedikasi, dan konsistensi yang tinggi untuk mengupayakan menyisihkan uang secara periodik setiap bulannya. Agar pendapatanmu setiap bulan tidak habis untuk konsumsi saja, perlu adanya perencanaan pengeluaran keuangan. Sederhananya dengan menghemat uang  atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Simak tips menghemat uang dari abisnis ya.

menghemat uang
Cutting costs

Kurang Makan di Luar

Bagi para millenials tentu kegiatan nongkrong dan ngumpul bareng teman sudah menjadi budaya bahkan kebiasaan yang tidak pernah dilewatkan disaat waktu senggang. Namun bagi anda seorang yang mulai berinvestasi, perhatikan bahwak kegiatan tersebut tak seharusnya anda lakukan dengan sering.

To the point saja, kalau anda tinggal di surabaya? tentu pernah nongkrong di sturbuck? kebiasaan anak sekarang mah gitu. Dikit-dikit nongkrong di sturbuck. Harganya dimulai dari 35 ribuan bahkan 100 ribu keatas. Okelah, saya ambil tengah dengan harga 50 ribu.

Bila kebiasaan anda nongkrong disturbuck setiap 3 kali seminggu. coba kurangi selama 2 hari saja. Anda sudah ngirit berapa? yups 100 ribu. Bandingkan juga apabila anda makan di mall dengan harga 35 ribu (pajak + 4000 uang parkir) sekali makan. bila anda masak sendiri dirumah. Akankan lebih ngirit? Coba dari sekarang ubah pola hidup kamu agar lebih menghemat.

Bawa Bekal untuk Beraktivitas

Cara lain untuk menghemat uang yaitu dengan membawa bekal saat menjalankan rutinitas seperti bekerja, ataupun kuliah. Tak harus membawa bekal setiap hari, bisa 2 -3 kali dalam seminggu. Hal itu dapat mengurangi pengeluaran anda selama bekerja. Mengapa harus begitu? kalau anda membawa bekal tentu ada perasaan harus menghabiskan bekal tersebut.

Tapi kalau anda membeli di sekitaran kantor, pasti anda memilih milih makanan yang pada akhirnya akan menghabiskan uang lebih besar dibandingkan dengan memasak sendiri dirumah. Tak perlu murah yang terpenting sehat dan mengenyangkan.

Buat daftar sebelum Belanja

Menghemat uang untuk investasi

Agar pengeluaran belanjamu terkontrol dan terencana tentu harus mengatur denganc cara menbuat daftar. Daftar belanja sangat penting untuk mengontrol pengeluaran saat anda belanja.

Kalau nanti di tempat perbelanjaan ada barang yang menarik perhatian, dan barang tersebut tidak ada di daftar belanja. Anda perlu pikirkan! apakah barang tersebut sangat penting dan mendesak, bila tidak, usahakan jangan beli barang tersebut.

Belanja di Pusat Grosir

Setelah membuat daftar belanjaan, anda tetapkan dimana barang tersebut bisa anda temui. Bila anda belanja untuk kebutuhan selama seminggu, tentu barang yang dibutuhkan lebih banyak kan? contoh seperti bumbu dapur. Nah usahakan anda dapatkan barang tersebut di pasar atau pusat grosir.

Agar mendapatkan harga yang lebih murah dibandingan belanja di supermarket dengan pajar besar. Hal ini akan menghemat uang.

Jangan Memaksakan di Beli Produk Bermerk

Jangan terlalu bergaya dengan membeli produk yang bermerk. Bergayalah sesuai dengan dompet anda. Bagi anda seorang investor muda, jangan terlalu mengikuti gaya hidup yang terlalu mewah. Fokus pada perencanaan keuangan anda untuk masa depan.

Yang terpenting adalah fungsionalnya jangan terlalu berpaku pada merk yang bagus. Perhatikan bahan, bila menurutmu bagus dan bisa digunakan untuk jangka panjang, silahkan pilih itu.

Perhatikan Biaya Kartu

Setiap kartu yang anda gunakan seperti kartu atm,kartu kredit tentu memiliki uang administrasi yang perlu anda bayarkan secara rutin setiap bulan. Bahkan ada beberapa kartu yang bisa terkena biaya sekitar 35 ribu.

Perhatikan hal itu, bila dengan bayar 35 ribu kamu mendapatkan kartu dengan fitur yang lengkap dan memudahkan usahamu. Silahkan pilih kartu tersebut. Tapi kalau tidak terlalu dipakai, coba pakai kartu dnegan biaya ringan saja. toh sama saja.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Hindari kredit ataupun berhutang dalam bentuk apapun. namun bila sangat terpaksa apa boleh buat? Yang harus anda perhatikan yaitu batas pengembalian kreditmu tersebut.

Pastikan tidak lebih dari batas pengembalian agar tidak terkena pajak atau bunga yang berlipat, biasanya bunga yang dikenakan secara normal 0,5-5% namun bila terlambat, bisa terkena 6-10% atau 2 kali lipat dari bunga normal.

Bandingkan Harga Produk Mahal

Bila produk yang akan anda beli adalah produk mahal seperti kamera, laptop. anda perlu membandingkan harga produk antar toko. Tak perlu datang satu-satu ke toko.

Baca Juga: Perbedaan Menabung dan Investasi beserta Cara Merumuskan Investasi

Bisa membandingkan melalui marketplace seperti tokopedia, bukalapak. atau bila anda sedikit khawatir bisa cek katalog produk di website toko yang anda percayai.

Rawat Kendaraan

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal itu berlaku juga dengan kendaraan terutama pergantian oli motor. Jangan nunggu sampai rusak, tapi coba lakukan perawatan dengan rutin.

Hal yang paling krusial yaitu oli, karena oli adalah darah dalam mesin. Kalau oli sudah jelek, tentu akan ada pergesakan antar komponen dalam mesin yang akan berdampak pada kerusakan. Kalau sudah rusak biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan dengan biaya ganti oli.

Gunakan Alat Elektronik Seperlunya

Bila anda seorang mandiri yang tinggak di kota perantauan untuk bekerja. tentu harus memperhatikan segala aspek mulai dari keuangan hingga pengeluaran untuk biaya listrik. Perhatikan biaya listrik dengan cara mematikan alat elektronik apabila tidak diperlukan.

Terutama adalah dispenser, televisi, setrika, kulkas, ataupun AC. karena alat elektronik tersebut membutuhkan daya yang besar. coba saja bandingkan bila anda memperhatikan itu, apakah biaya listrik akan lebih murah?

Jangan Ikutan teman yang berfoya-foya

Lingkungan kota metropolitan terkenal komsumtif, untuk itu kamu harus pintar memilih teman untuk diajak jalan-jalan. Jangan menghindar tapi lebih memilih.

Kalau alokasi pengeluaranmu sebulan 1 juta, usahakan jangan sampai 1 juta. Karena hal itu akan membuat kebiasaan untuk bulan-bulan selanjutnya.