Beranda Bisnis Sejarah Perkembangan Awal Bisnis di Amerika Serikat

Sejarah Perkembangan Awal Bisnis di Amerika Serikat

365
0
BERBAGI

BISNIS AMERIKA SAAT INI

Meskipun sistem ekonomi masih jauh dari sempurna, sistem ini menyediakan warga Amerika dengan standar hidup yang tinggi dibandingkan dengan orang-orang di negara lain di seluruh dunia. Standar hidup (standarf of living) adalah ukuran subjektif tentang seberapa baik individu atau suatu masyarakat, terutama dalam hal ingin mendapat kepuasan melalui barang dan jasa. Juga sistem ekonomi menawarkan solusi untuk banyak masalah yang mengganggu masyarakat dan memberikan kesempatan bagi orang-orang yang bersedia untuk bekerja dan untuk terus belajar. Agar mampu memahami lingkungan bisnis saat ini dan tantangan ke depan, akan membantu kalau memahami bagaimana usaha dikembangkan.

Perkembangan Awal Bisnis Amerika

Sistem bisnis Amerika berakar pada pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang dibawa para pemukim awal ke Amerika. Fokus utama pemukim pertama di dunia baru berkaitan dengan penyediaan kebutuhan dasar seperti : sandang, pangan, dan papan. Hampir semua keluarga tinggal di peternakan, dan seluruh keluarga bekerja dengan melakukan bisnis untuk bertahan hidup. Mereka menggunakan kelebihan uang mereka untuk perdagangan, terutama dengan barter, di antara mereka sendiri dan dengan kapal-kapal dagang Inggris yang disebut koloni. Barter adalah sistem pertukaran ketika barang atau jasa yang di perdagangkan di tukar secara langsung untuk barang atau jasa lain tanpa menggunakan uang. Karena perdagangan jenis ini meningkat, usaha-usaha kecil mulai muncul. Beberapa pemukim mampu menggunakan keterampilan mereka dan kelebihan waktu mereka untuk bekerja di bawah sistem produksi domestik. Sistem domestik (domestic system) adalah metode manufaktur di mana seorang pengusaha mendistribusikan bahan baku ke berbagai rumah yang anggota keluarga di dalamnya akan mengolahnya menjadi barang jadi. Pengusaha atau pedagang kemudian menawarkan barang untuk dijual.

Kemudian, pada 1789 seorang mekanik muda magang Inggris bernama Samuel Slater memutuskan untuk berlayar ke Amerika. Pada saat itu, hukum Inggris melarang ekspor mesin, teknologi, dan pekerja terampil. Untuk menyiasati hukum itu, Slater susah payah menghafal industri tekstil Inggris, dan meninggalkan Inggris dengan menyamar sebagai petani. Setahun kemudian, dia mendirikan sebuah pabrik tekstil di Pawtucket, Rhode Island, memintal kapas mentah mentah menjadi benang. Kecerdikan Slater membuat Amerika pertama kali menggunakan Sistem pabrik (factory system) manufaktur, yaitu semua bahan, mesin dan pekerja yang dibutuhkan untuk memproduksi produk yang dirakit di satu tempat. Lahirlah revolusi industri di Amerika. Sebuah teknik manufaktur disebut dengan spesialisasi digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Spesialisasi (specialization) adalah pemisahan proses manufaktur menjadi tugas yang berbeda dan penguasaan pekerjaan yang berbeda untuk individu yang berbeda.

Masa-masa dari tahun 1820 sampai dengan tahun 1900 adalah zaman keemasan penemuan dan inovasi dalam permesinan. Pada saat yang sama, sarana transportasi baru sangat memperluas pasar domestik untuk produk-produk Amerika. Tentu saja, banyak karakteristik sistem bisnis modern kita terbentuk selama periode ini.

Perkembangan Bisnis Pada Era 1900-an

Pertumbuhan industri dan kemakmuran terus berlanjut hingga abad ke-20. Perakitan otomotif bergerak Henry Ford, yang membawa pekerjaan untuk pekerja, menyempurnakan konsep spesialisasi dan membantu memacu produksi massal barang-barang dan konsumsi. Perubahan mendasar terjadi pada kepemilikan bisnis dan manajemen. tidak lagi bisnis terbesar yang dimiliki oleh perorangan, melainkan kepemilikan berada di tangan ribuan pemegang saham perusahaan yang bersedia untuk berinvestasi, tetapi tidak untuk mengoperasikan sebuah bisnis.

Roaring Twenties berakhir dengan kejatuhan mendadak pasar saham pada 1929 dan runtuhnya ekonomi. DepresiĀ  besar yang mengikuti pada 1930 adalah masa kesengsaraan dan penderitaan manusia. Orang-orang kehilangan keyakinan mereka dalam bisnis dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa keterlibatan pemerintah. Setelah Franklin D. Roosevelt menjadi presiden pada 1933, pemerintah federal menyusun sejumlah program untuk mendorong ekonomi bergerak lagi. Dalam pelaksanaan program ini, pemerintah terlibat secara mendalam dalam bisnis untuk pertama kalinya.

Memahami peristiwa besar yang membentuk Amerika Serikat selama sisa abad ke-20, membantu kita untuk mengingat kembali ekonomi seperti naik roller coaster, periode pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh periode pertumbuhan ekonomi negara terjadi selama periode 1940-2000 :

  • Perang dunia II, perang Korea, dan perang Vietnam
  • Pertumbuhan ekonomi yang cepat dan standar hidup yang lebih tinggi selama 1950-an dan 1960-an
  • Gerakan tanggung jawab sosial selama tahun 1960
  • Kekurangan minyak mentah dan tingginya harga untuk sebagian besar barang-barang di pertengahan 1970-an
  • Tingginya inflasi, tingginya suku bunga, dan berkurangnya keuntungan bisnis selama awal 1980-an
  • Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada 1990-an

Selama akhir abad ke-20, internet menjadi kekuatan utama dalam perekonomian, dengan perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan penyedia layanan internet mengambil keuntungan dari meningkatnya kebutuhan informasi. Bisnis elektronik (e-business) adalah usaha individu yang terorganisasi untuk memproduksi dan menjual melalui internet untuk keuntungan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sayangnya, pada akhir abad ke-20, sejumlah besar kegagalan bisnis dan nilai saham menurun adalah tanda-tanda awal bahwa masalah-masalah ekonomi yang lebih besar sedang berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here